KKM IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Terlengkap

KKM IPS Kelas 7

KKM IPS Kelas 7 – Kegiatan pembeajaran di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama kembali diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diajarkan selama satu semester.

Dalam pelajaran tersebut terdapat beberapa ketentuan, Seperti materi, standar kompetensi, indikator, dan tujuan pembelajaran. Selain itu, ada juga ketentuan KKM IPS Kelas 7. Dengan adanya ketentuan tersebut, maka siswa diuji pada kemampuan berpikir kritis, analitis, dan memecahkan masalah. Penilaian ini juga membantu guru untuk mengevaluasi metode pembelajaran yang telah diterapkan dan membuat perbaikan dalam mengajar di masa yang akan datang.

Dalam KKM IPS kelas 7 tahun ini, ada beberapa materi yang menjadi fokus penilaian, antara lain, pemahaman tentang hak asasi manusia, integrasi ASEAN, Sejarah Republik Indonesia, dan konsep dasar geografi. Diharapkan, hasil dari penilaian ini dapat menjadi tolak ukur bagi para siswa dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di masa yang akan datang.

Meski sudah terdapat ketentuannya, masih banyak sekolah, guru, dan siswa yang belum mengetahui KKM IPS Kelas 7 SMP di tahun ini. Nah, di artikel ini, stkipmktb.ac.id akan mencoba mengulas dan memberikan informasi tersebut. Bagi teman-teman yang penasaran dengan pembahasan di atas bisa simak ulasan di bawah ini.

Pengertian KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Pengertian KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

KKM atau Ketuntasan Kriteria Minimal merupakan standar yang digunakan oleh pihak sekolah atau guru untuk menentukan nilai minimal yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap mata pelajaran dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu semester atau satu tahun pelajaran. Dalam mata pelajaran IPS kelas 7, penentuan Kriterian Ketuntasan Minimal sangat penting guna menentukan apakah siswa telah memahami materi pelajaran tersebut atau belum. Nilai KKM yang diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 ini berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Namun, umumnya, nilai KKM yang harus dicapai oleh siswa adalah 70.

Dalam menentukan Kriterian Ketuntasan Minimal kelas 7 IPS, para guru biasanya menggunakan TIK (Teknik Instrumen Kontrol) untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Teknik tersebut dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti ujian harian, tugas rumah, quiz online, hingga ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Setelah mengumpulkan seluruh hasil TIK yang telah dilakukan, guru dapat menentukan apakah KKM telah terpenuhi atau tidak. Namun, tentu saja, TIK bukan satu-satunya cara untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPS kelas 7. Guru juga dapat melihat partisipasi siswa dalam diskusi kelas dan ujian lisan sebagai bahan pertimbangan dalam menilai kemampuan siswa.

Materi pelajaran IPS kelas 7 meliputi studi mengenai peradaban manusia di dunia dan Indonesia, pemerintahan, geografi dan ekonomi. Oleh sebab itu, sebagai persiapan dalam menghadapi TIK, siswa sepatutnya memahami dengan baik setiap bab pelajaran yang telah diajarkan oleh guru. Tidak jarang siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi pelajaran tersebut, sehingga banyak yang mencari solusi seperti les privat atau belajar bersama teman-teman. Meski di luar sekolah terdapat banyak cara untuk memahami materi pelajaran, namun Siswa sebaiknya memilih solusi yang tepat dan tidak menimbulkan masalah yang lebih besar, seperti memilih guru yang berkualitas atau mengatur waktu belajar dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan lain.

Pentingnya memiliki KKM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 adalah untuk memastikan bahwa siswa telah memahami pelajaran dan tidak membiarkan mereka terus menerus gagal dalam menyerap konsep yang dijelaskan dalam mata pelajaran tersebut. KKM juga membantu para guru untuk memperbaiki kualitas proses belajar mengajar, sehingga siswa bisa meraih hasil yang maksimal dalam memahami materi pelajaran. Meskipun memiliki KKM yang tinggi sama sekali bukan jaminan bagi siswa untuk mendapatkan nilai yang baik, namun sedikitnya KKM ini dapat menjadi patokan bagi siswa dalam belajar dengan fokus dan konsisten.

Tujuan Penetapan KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Tujuan Penetapan KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Tujuan penetapan KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 adalah untuk memastikan bahwa anak didik memiliki kemampuan atau pengetahuan minimal pada mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, penetapan KKM pada IPS Kelas 7 bertujuan sebagai berikut

  • Menjamin semua siswa memperoleh pengetahuan minimal atau dasar mengenai Materi IPS Kelas 7
  • Memberikan panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran serta mengevaluasi pemahaman siswa terhadap Materi IPS Kelas 7
  • Memotivasi siswa dan guru untuk bekerja lebih keras dalam mencapai nilai yang baik pada Batas KKM
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan siswa dalam menghadapi tes akhir semester atau ujian akhir tahun
  • Mendorong setiap siswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri di bidang IPS

Bagi siswa yang mampu mencapai atau melebihi Batas KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7, tentu saja akan menjadi lebih percaya diri dan memiliki motivasi untuk belajar lebih lanjut. Sedangkan bagi siswa yang belum mampu mencapai KKM, mereka harus terus belajar dan bekerja lebih keras untuk mencapai Batas KKM agar tidak tertinggal dari teman-teman sekelasnya.

Secara lebih rinci, Ketuntasan Kriteria Minimal pada IPS Kelas 7 meliputi beberapa aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa, seperti: memahami konsep-konsep dasar geografi, sejarah, dan ekonomi, mengenal dan memahami keragaman masyarakat dan budaya di Indonesia, serta memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan memahami tujuan penetapan KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 serta pentingnya Ketuntasan Kriteria Minimal tersebut, diharapkan setiap siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan minimal pada mata pelajaran IPS Kelas 7 sehingga mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lain serta memiliki dasar yang kuat untuk menghadapi materi IPS Kelas yang lebih sulit pada jenjang pendidikan selanjutnya.

Strategi Pencapaian KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kelas 7 di sekolah menengah pertama. IPS memiliki tujuan utama untuk memperkenalkan kepada siswa mengenai permasalahan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di masyarakat. Sebagai mata pelajaran wajib, IPS memiliki indikator penilaian hasil belajar siswa yang harus dipenuhi, salah satunya adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Strategi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7 dapat dilakukan dengan beberapa cara.

1. Menerapkan Pembelajaran yang Aktif dan Kreatif

Pertama, penerapan pembelajaran yang aktif dan kreatif. Pembelajaran yang aktif dan kreatif dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa. Hal ini tentunya dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa untuk mencapai KKM pada mata pelajaran IPS. Strategi pembelajaran yang aktif dan kreatif dapat diwujudkan dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti Aktorik Teaching, Problem Based Learning, dan lain sebagainya.

2. Menyajikan Materi dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

Kedua, penyajian materi dengan bahasa yang mudah dipahami. IPS merupakan mata pelajaran yang memiliki konsep-konsep kompleks dan rumit. Oleh karena itu, penyajian materi dengan bahasa yang mudah dipahami dapat memudahkan siswa untuk memahami materi dan mencapai KKM pada mata pelajaran IPS. Selain itu, penyajian materi yang mudah dipahami juga dapat meminimalisir kejenuhan dan kebosanan siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

3. Memberikan Latihan Soal yang Beragam dan Bertingkat

Ketiga, memberikan latihan soal yang beragam dan bertingkat. Latihan soal dapat membantu siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan dan mengasah kemampuan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu, penyusunan latihan soal harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Latihan soal yang diberikan harus beragam dan bertingkat, mulai dari soal yang mudah hingga yang sulit. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa telah memahami konsep yang diajarkan dan siap untuk menghadapi ujian tertulis.

Demikianlah beberapa strategi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7 yang dapat dilakukan oleh para guru. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan efektif, diharapkan siswa akan dapat meraih KKM pada mata pelajaran IPS dengan mudah dan sukses.

Penilaian dan Evaluasi terhadap Pencapaian KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Mata pelajaran IPS sangat penting untuk dipelajari oleh siswa kelas 7. Pada kelas 7, siswa akan mempelajari tentang negara, pemerintahan, dan ekonomi. Untuk mengetahui apakah siswa telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran IPS kelas 7, perlu dilakukan penilaian dan evaluasi secara berkala.

Penilaian dan evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan mencapai KKM. Dalam penilaian, guru akan memberikan nilai kepada siswa setelah mengikuti tes, tugas, ulangan, dan diskusi di kelas. Sedangkan evaluasi digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa maupun guru mengenai proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Nilai yang diperoleh siswa dalam penilaian akan menjadi acuan bagi guru dalam memberikan bimbingan dan arahan selanjutnya. Misalnya, jika seorang siswa mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran IPS, guru bisa memberikan tindakan koreksi agar siswa lebih memahami materi tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika seorang siswa mendapatkan nilai yang tinggi, guru bisa memberikan penghargaan agar siswa lebih termotivasi untuk belajar dengan lebih baik lagi.

Selain itu, evaluasi dapat membantu guru dalam menilai efektivitas pengajaran. Evaluasi memberikan informasi mengenai apakah metode pengajaran yang digunakan efektif atau tidak. Jika siswa belum mencapai KKM, guru dapat mencari metode pengajaran yang lebih efektif agar siswa bisa lebih mudah memahami materi tersebut.

Table Price:

Jenis PenilaianBerat NilaiKomponen Penilaian
Ulangan Harian40%Tes tertulis tentang materi yang telah dipelajari
Tugas30%Tugas individu atau kelompok yang diberikan oleh guru
Partisipasi Aktif20%Peran serta siswa dalam diskusi dan kegiatan kelas
Prestasi Non-Akademik10%Prestasi siswa di luar kelas seperti kejuaraan olahraga dan seni

Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada kelas 7 berisi materi yang cukup kompleks, seperti sejarah, geografi, dan ekonomi. Bagi siswa, meraih nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS kelas 7 merupakan sebuah tantangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa faktor tersebut.

1. Faktor Internal

Siswa memiliki faktor internal yang mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7, seperti kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Selain itu, motivasi dan minat terhadap ilmu sosial juga merupakan faktor penting.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal seperti lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan kualitas guru juga mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Lingkungan belajar yang kondusif dan metode pembelajaran yang efektif dapat membantu siswa memahami materi dengan baik. Guru yang berkualitas dapat memberikan bimbingan dan motivasi yang diperlukan bagi siswa.

3. Faktor Sosial-Ekonomi

Faktor sosial-ekonomi seperti tingkat pendidikan orang tua dan kondisi keuangan keluarga dapat mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Siswa yang berasal dari keluarga dengan keuangan yang stabil dan orang tua yang berpendidikan tinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7.

4. Faktor Psikologis

Faktor psikologis seperti kepercayaan diri dan stress dapat mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi cenderung lebih mudah memahami dan menyerap materi pelajaran dengan baik. Siswa yang mengalami tingkat stress yang tinggi, seperti akibat tuntutan keluarga atau tekanan teman sekelas, dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan kemampuan belajar.

5. Faktor Kurikulum dan Evaluasi

Kurikulum dan evaluasi yang tidak sesuai dapat mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Kurikulum yang terlalu padat atau tidak relevan dengan kebutuhan siswa dapat menyulitkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Evaluasi yang tidak menilai secara objektif kemampuan siswa juga dapat mempengaruhi pencapaian KKM.

Dari berbagai faktor yang mempengaruhi pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7, siswa dapat mengatasi beberapa faktor tersebut dengan mengoptimalkan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis serta meningkatkan motivasi dan minat terhadap ilmu sosial. Selain itu, siswa dapat memilih lingkungan belajar yang kondusif, mengikuti metode pembelajaran yang efektif, dan belajar dengan guru yang berkualitas. Keluarga dapat memberikan dukungan finansial dan non-finansial, serta membantu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan siswa. Dengan mengatasi berbagai faktor tersebut, siswa dapat meraih KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7 dengan lebih mudah.

Penanganan Siswa yang Belum Mencapai KKM pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Melihat banyaknya siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7, tentu menjadi perhatian bagi pihak sekolah. Karena pada dasarnya, mencapai KKM itu harus menjadi target utama dari siswa. Namun terkadang, ada beberapa faktor yang membuat siswa sulit mencapai KKM tersebut.

1. Peran Pengajar

Salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian KKM siswa pada mata pelajaran IPS kelas 7 adalah peran dari pengajar. Akan sangat penting bagi pengajar untuk memahami bagaimana cara mengajarkan materi secara efektif dan efisien sehingga siswa dapat memahami dan mengerti materi tersebut dengan baik. Pengajar juga harus mempunyai kesabaran serta ketelatenan dalam memberikan pengajaran agar siswa dapat menyerap materi dengan maksimal.

2. Kesulitan Materi

Mata pelajaran IPS pada kelas 7 sendiri mempunyai materi yang cukup banyak dan kompleks. Ada beberapa siswa yang merasa sulit memahami materi tersebut, sehingga sulit mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu adanya cara yang tepat untuk membantu siswa dalam memahami konsep materi tersebut.

3. Kurangnya Keaktifan Siswa

Selain peran pengajar, siswa juga harus mempunyai keaktifan dalam pembelajaran. Siswa yang pasif dalam belajar akan kesulitan dalam memahami materi. Oleh karena itu, pengajar perlu membantu siswa agar lebih aktif dan mudah memahami konsep materi yang diajarkan. Salah satunya adalah dengan membuat suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif belajar.

4. Mempertimbangkan Kelebihan Siswa

Siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami materi. Ada yang mudah, ada juga yang sulit. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap kelebihan siswa yang dapat membantu proses belajar mengajar, seperti contoh pengenalan materi yang lebih singkat dan mudah dipahami, memberikan contoh-contoh yang lebih dekat dengan mereka atau memberikan tugas yang lebih bermakna dan sesuai dengan minat mereka.

5. Pendekatan Edukasi

Pendekatan edukasi juga menjadi salah satu solusi yang tepat untuk membantu siswa mencapai KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Dalam pendekatan edukasi, siswa akan lebih aktif dalam belajar karena pengajar akan mengubah metode pembelajaran yang sifatnya hanya memaksa mengingat menjadi pembelajaran yang lebih aktif dan kreatif. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih memahami dan menguasai konsep materi.

6. Menyediakan Layanan Les Privat

Selain cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, menyediakan layanan les privat juga menjadi solusi alternatif bagi siswa yang kesulitan mencapai KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Les privat memungkinkan siswa dapat belajar secara intensif dengan orang yang mempunyai kompetensi yang lebih baik dalam mengajar materi IPS. Namun, tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan apabila memilih metode pembelajaran ini, sehingga pihak sekolah perlu mempertimbangkan dengan baik mengenai harga les privat yang akan diberikan.

Dalam penanganan siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7, tentu saja tidak ada satu cara yang mutlak. Semua cara dari peran pengajar, hingga mengikuti les privat memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, dituntutnya adanya kreativitas dalam memberikan cara pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mencapai target KKM tersebut.

Sarana dan Prasarana Sebagai Pendukung KKM IPS Kelas 7

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang terdiri dari sejumlah bidang studi seperti geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Menjadi penting bahkan menjadi syarat bagi siswa untuk naik kelas, yakni mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada IPS kelas 7. KKM IPS kelas 7 biasanya dapat dicapai dengan adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

1. Buku Teks

Pada dasarnya, buku teks adalah sarana yang paling utama dalam pencapaian KKM IPS kelas 7. Ada sejumlah judul buku IPS kelas 7 yang dapat dijadikan panduan dalam belajar, terutama bagi siswa yang bersekolah di sekolah swasta. Namun, bagi siswa dari sekolah negeri, tidak semua sekolah mampu menyediakan buku teks yang memadai, sehingga siswa harus dapat memaksimalkan penggunaan buku teks yang tersedia.

2. Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana terpenting dalam meningkatkan pemahaman siswa akan materi IPS kelas 7. Beberapa sekolah negeri maupun swasta menyediakan media pembelajaran berupa CD-ROM maupun DVD yang dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah. Sementara itu, beberapa sekolah lainnya lebih mengedepankan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman siswa atas materi IPS yang diajarkan.

3. Tutor Privat

Bagi siswa yang mengalami kesulitan, mungkin cara terbaik untuk mencapai KKM IPS kelas 7 adalah dengan mengikuti bimbingan oleh tutor privat. Bimbingan ini tentunya membutuhkan biaya tambahan, namun dapat menjadi langkah yang tepat bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam belajar IPS kelas 7.

4. Kelas Tambahan

Beberapa sekolah juga menyelenggarakan kelas tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam mencapai KKM IPS kelas 7. Kelas tambahan ini biasanya dilaksanakan setelah jam sekolah selesai, sehingga siswa dapat memaksimalkan waktunya dalam belajar dan memahami materi yang diajarkan secara lebih mudah.

5. Seminar dan Workshop

Salah satu sarana penting lainnya dalam mencapai KKM IPS kelas 7 adalah dengan mengikuti seminar dan workshop. Dalam acara ini, akan ada sejumlah narasumber dan presenter yang menjelaskan secara detail materi yang harus dikuasai oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah menyerap dan memahami materi yang diajarkan.

6. Konseling dan Bimbingan

Konseling dan bimbingan merupakan sarana yang penting, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPS kelas 7. Dalam sesi ini, akan ada seorang konselor atau guru yang akan memberikan saran dan arahan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan belajarnya. Konseling ini biasanya dilakukan secara individual atau kelompok kecil agar siswa dapat merasa lebih nyaman berbicara dan berbagi pengalaman.

7. Kegiatan Ekstrakurikuler

Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa dapat belajar IPS kelas 7 dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu siswa mencapai KKM IPS kelas 7 adalah menjadi anggota klub sejarah atau klub geografi, atau bahkan mengikuti kompetisi dalam bidang studi IPS. Dengan cara ini, siswa dapat lebih meningkatkan pemahamannya atas materi IPS yang telah diajarkan di kelas.

Peran Guru Sebagai Pendorong Pencapaian KKM IPS Kelas 7

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dibagi menjadi beberapa sub-mata pelajaran seperti Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan lain-lain. IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa kelas 7 karena materinya mempelajari tentang lingkungan, sejarah, dan kebudayaan. Untuk itu, para guru harus memainkan peran penting dalam meningkatkan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS kelas 7. Berikut ini adalah beberapa peran guru yang dapat meningkatkan pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7:

1. Menyiapkan Materi Pembelajaran dengan Baik

Peran pertama guru dalam meningkatkan pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7 adalah menyiapkan materi pembelajaran dengan baik. Seorang guru yang baik harus mempersiapkan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Dalam penyusunan materi pembelajaran, diperlukan penjelasan yang jelas dan lengkap sehingga siswa bisa memahami sisi konseptual dari materi yang disampaikan.

2. Menyampaikan Materi dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

Peran kedua guru adalah menyampaikan materi pembelajaran IPS kelas 7 dengan bahasa yang mudah dipahami. Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan bahasa siswa sehingga mereka mudah untuk memahami maksud dan tujuan dari materi pembelajaran. Jangan terlalu rumit, karena membuat siswa sulit dalam memahami materi pembelajaran.

3. Menggunakan Metode Pengajaran yang Tepat

Peran ketiga guru adalah menggunakan metode pengajaran yang tepat. Metode pengajaran yang digunakan tergantung pada materi pembelajaran yang disampaikan, gaya belajar siswa, dan strategi yang efektif. Beberapa metode pengajaran yang umum digunakan oleh para guru seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, maupun simulasi. Metode pengajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.

4. Memantau Pembelajaran Siswa dengan Baik

Peran keempat guru adalah memantau pembelajaran siswa dengan baik. Guru harus mampu mengobservasi kemampuan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran, sehingga bisa menemukan metode pengajaran yang tepat bagi siswa. Selain itu, dengan memantau pembelajaran siswa, guru dapat melihat kemajuan dan kesulitan siswa dalam belajar.

5. Memberikan Tugas yang Relevan dan Tepat Sasaran

Peran kelima guru adalah memberikan tugas yang relevan dan tepat sasaran. Tugas yang diberikan harus relevan dengan materi pembelajaran yang sedang diikutinya. Dalam memberikan tugas, guru harus bisa menentukan kriteria penilaian yang tepat, sehingga siswa bisa memahami tujuan dan hasil yang diharapkan dari pemberian tugas tersebut.

6. Mendorong Siswa untuk Belajar Mandiri

Peran keenam guru adalah mendorong siswa untuk belajar mandiri. Guru harus mengajarkan siswa untuk belajar mandiri, sehingga mereka bisa belajar di luar kelas. Belajar mandiri juga dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan dan keterampilan yang telah dipelajari di kelas.

7. Membuat Siswa Aktif dalam Pembelajaran

Peran ketujuh guru adalah membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Guru harus membuat suasana kelas yang menyenangkan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi secara aktif dengan guru maupun dengan teman-temannya.

8. Melibatkan Orang Tua dalam Pembelajaran

Peran kedelapan guru adalah melibatkan orang tua dalam pembelajaran. Orang tua dapat dijadikan mitra kerja dalam mendukung proses belajar siswa yang sedang berlangsung di kelas. Guru bisa memberikan masukan dan saran kepada orang tua tentang strategi terbaik untuk membantu proses belajar siswa di rumah. Selain itu, dengan melibatkan orang tua, maka guru bisa memantau sejauh mana kemajuan siswa di luar kelas.

Dengan melakukan peran-peran tersebut, guru akan mampu meningkatkan pencapaian KKM pada mata pelajaran IPS kelas 7. Hal ini dapat membantu siswa untuk mencapai pemahaman yang lebih baik pada materi IPS yang disampaikan. Oleh karena itu, para guru perlu memainkan peran penting dalam proses pembelajaran siswa.

Akhir Kata


Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa KKM IPS kelas 7 merupakan tolak ukur yang penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam belajar IPS. Dengan adanya KKM, para guru dapat melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa dan memberikan bimbingan serta pembelajaran yang lebih intensif kepada siswa yang belum mencapai KKM.

Demikian ulasan dari stkipmktb.ac.id mengenai KKM IPS Kelas 7 beserta strategi pencapaiannya. Semoga dengan adanya ulasan di atas, bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses belajar mengajar di sekolah.

Bagikan: