DekorumaShopee

Desain Rumah Tanpa Sekat: Konsep, Ide & Keuntungan

desain rumah tanpa sekat

Desain Rumah Tanpa Sekat – Menjadi tren baru dalam arsitektur modern. Konsep desain ini menunjukkan ruang yang lebih luas dan terbuka, tanpa adanya pembatas fisik yang terlihat. Jika dahulu ruang hunian dibuat dengan banyak sekat dan partisi, kini konsep ini menekankan pada kemudahan pergerakan dalam suatu ruangan.

Seperti halnya desain rumah tanpa plafon, untuk desain rumah tanpa sekat seolah memberikan kebebasan pada penghuni rumah. Sebagai contohnya, ruang tamu, dapur, dan ruang makan yang dahulu dibatasi oleh dinding sekarang menjadi terbuka dan menjadi satu kesatuan. Desain rumah tanpa sekat juga mempertimbangkan penggunaan cahaya alami sebagai penerangan utama dengan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Kendati mungkin terkesan lebih luas dan bebas, namun rumah tanpa sekat juga membutuhkan strategi khusus dalam penataan layout ruangan dan anak-anak tangga yang sekaligus menopang ruangan. Tujuan utama dari rumah tanpa sekat adalah menciptakan keseimbangan dan kesinambungan antara fungsi, pengguna, dan lingkungan.

Dalam hal ini, pemilihan material- material juga menjadi kunci dalam menghasilkan kualitas desain yang baik dan cocok dengan kebutuhan penghuni rumah. Material-material natural sering dipilih, seperti kayu, batu, dan bahan organik lainnya. Kelebihan dari bahan-bahan ini adalah mereduksi tingkat polusi dari bahan kimia dan juga selaras dengan konsep lingkungan yang ramah. Dan berikut adalah keuntungan desain rumah tanpa sekat.

Keuntungan dari Rumah Tanpa Sekat

keuntungan rumah tanpa sekat

Desain rumah tanpa sekat telah menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini menghilangkan dinding sebagai pembatas antar ruangan. Sebagai gantinya, menggunakan furniture atau perabotan untuk memisahkan ruangan satu dengan yang lainnya. Konsep ini terasa lebih terbuka dan lebih luas dibandingkan dengan dengan rumah dengan sekat tradisional. Tidak hanya itu, rumah tanpa sekat memberikan banyak keuntungan lainnya.

TenzoLiving

1. Meningkatkan nilai jual rumah

Menurut para ahli di bidang properti, rumah tanpa sekat dapat meningkatkan nilai jual rumah. Konsep ini memberikan kesan modern dan memberikan ruang yang lebih terbuka, sehingga memungkinkan aliran cahaya yang lebih maksimal.

2. Lebih banyak ruang terbuka

Dengan menghilangkan sekat antar ruangan, sebuah rumah menjadi terlihat lebih luas dan lebih terbuka. Rumah tanpa sekat membuat penghuni rumah dapat lebih bebas bergerak dari satu ruangan ke ruangan yang lain tanpa adanya batas dinding.

3. Memberikan sirkulasi udara yang lebih baik

Rumah tanpa sekat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Aliran udara dapat berjalan secara bebas dari satu ruangan ke ruangan yang lain, sehingga udara dalam ruangan tidak akan terasa pengap.

4. Memberikan kesan yang lebih modern

Rumah dengan desain tanpa sekat memberikan kesan modern yang terlihat lebih menarik bagi banyak orang. Konsep ini terlihat elegan dan lebih terbuka dibandingkan dengan rumah dengan sekat tradisional.

5. Mengurangi biaya pengadaan material

Tidak adanya sekat di rumah berarti tidak perlu membayar biaya untuk membuat atau membeli material pembuatan dinding atau sekat. Selain itu, konsep ini juga menghemat biaya kerja dan tenaga kerja.

Dalam kesimpulannya, rumah dengan desain tanpa sekat memberikan banyak keuntungan bagi pemilik rumah. Hal ini membawa keuntungan finansial dan dapat meningkatkan nilai jual rumah. Selain itu, rumah tanpa sekat juga memberikan kesan yang lebih modern dan terlihat elegan. Pemilik rumah tidak lagi merasakan adanya batasan antar ruangan dan dapat merasa lebih bebas dalam bergerak.

Desain Rumah Tanpa Sekat

desain rumah tanpa sekat 1

Konsep desain rumah tanpa sekat saat ini semakin meroket karena memberikan tampilan modern dan minimalist kepada ruang hunian. Rumah tanpa sekat ini mengedepankan integrasi ruangan sehingga memberikan kesan luas dan nyaman. Desain tanpa sekat ini juga sangat cocok untuk hunian yang ukurannya tak terlalu besar.

Ruangan rumah tanpa sekat pun punya banyak kelebihan, antara lain memungkinkan cahaya masuk ke seluruh ruangan dengan mudah sehingga membuat hunian terasa lebih terang dan segar. Tidak hanya itu, ide rumah tanpa sekat juga memudahkan pemilik rumah untuk berinteraksi dengan keluarga karena menghilangkan semua partisi ruangan. Karena masih tergolong baru, Anda harus tahu dulu berapa harga rumah tanpa sekat.

Desain rumah tanpa sekat minimalis mempunyai harga relatif lebih terjangkau. Harganya berkisar antara Rp 2 juta – 4 juta per meter persegi. Sementara rumah tanpa sekat yang dibangun di atas lahan yang lebih luas dan mewah seperti villa dan rumah klasik biasanya dihargai mulai dari Rp 3 juta – 8 juta per meter persegi.

Sementara, rumah tanpa sekat modern saat ini menjadi idola bagi mereka yang memiliki hunian mewah dan bergaya futuristik. Agar bisa mewujudkan rumah tanpa sekat, selain budget tentunya harus dipikirkan tata ruang sehingga seluruh ruangan terkesan menyatu, meski terlihat beda fungsi.

Dalam desain rumah tanpa sekat modern, umumnya ruang keluarga, ruang makan dan dapur diorganisasikan dalam satu ruang yang luas dan terbuka. Sehingga tak heran, desain rumah tanpa sekat jenis ini memiliki harga paling mahal dalam tabel di atas. Biaya pembangunannya mencapai Rp 5 juta – 10 juta per meter persegi.

Aspek Fungsional dalam Desain Rumah Tanpa Sekat

aspek fungsioanl

Desain rumah tanpa sekat semakin populer di masyarakat saat ini. Konsep desain ini memungkinkan ruangan-ruangan dalam rumah terhubung tanpa dinding atau sekat. Sebagai hasilnya, membuat rumah terlihat lebih luas dan terbuka. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas aspek fungsional dalam desain rumah tanpa sekat.

1. Fungsionalitas Ruang

Fungsionalitas ruang merupakan aspek utama dari desain rumah tanpa sekat. Dalam desain ini, ruangan tidak hanya berfungsi sebagai tempat tidur atau tempat makan saja, tetapi ruangan juga dapat digunakan untuk yang lain seperti ruangan keluarga dan ruang tamu yang terintegrasi menjadi satu. Dengan begitu, maka rumah terlihat lebih luas dan ramah.

Perlu diingat bahwa, meskipun ruangan digabungkan, tetap ada batas-batas yang jelas. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan karpet atau peralatan lainnya sebagai pembatas area antara ruangan. Memiliki pembatas area yang jelas bisa membantu mengatur fungsionalitas ruang agar tetap fungsional.

2. Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting dalam desain rumah tanpa sekat. Karena tidak ada sekat, artinya kita bisa memanfaatkan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Memberikan akses yang lebih untuk cahaya alami memungkinkan kita untuk menghemat energi dan menambah vibe positif pada rumah.

Namun,faktor ini juga tidak boleh diabaikan. Sebab, pencahayaan yang salah dapat membuat rumah terlihat terlalu terang atau bahkan terlalu gelap. Oleh sebab itu, mempertimbangkan jenis pencahayaan dan kekuatan cahaya yang diperlukan sangat penting. Penggunaan komponen cermin juga bisa membantu memperbaiki pencahayaan di dalam rumah.

3. Konsep Warna

Konsep warna dari desain rumah tanpa sekat sangat penting untuk diperhatikan. Salahsatu contoh warna yang cocok digunakan pada desain rumah tanpa sekat adalah cat putih, abu-abu, biru, hijau, dan warna-warna netral lainnya. Sebuah ruangan memiliki warna yang serasi, dapat menciptakan kesan yang luas dan udara segar di rumah kita.

Warna juga dapat digunakan untuk mengatur fungsionalitas ruangan dalam desain rumah tanpa sekat. Kita dapat dengan mudah membedakan area dengan menggunakan warna yang berbeda di sisi lainnya. Semua warna dapat berpadu dan menciptakan kesan yang indah dan menarik.

4. Biaya

Secara umum, biaya yang diperlukan untuk desain rumah tanpa sekat tergantung pada luas ruang yang ada pada rumah. Biayanya dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk biaya renovasi atau konstruksi, pemilihan desainer, hingga bahan yang akan digunakan. Menurut pengalaman, membangun rumah dengan desain seperti ini selayaknya membangun rumah biasa.

Meskipun biaya tergantung pada banyak faktor, tetapi dalam jangka panjang, desain rumah tanpa sekat dapat memberikan banyak manfaat. Selain itu, tampilan yang lebih modern dan fleksibilitas dapat menjadi faktor menarik lainnya bagi penghuni rumah. Sehingga, mempertimbangkan biaya untuk membuat desain rumah tanpa sekat adalah keputusan yang tepat.

Dalam kesimpulan, rumah tanpa sekat memberikan penghuni rumah kebebasan dan fleksibilitas untuk menjalankan semua aktivitas dalam ruangan yang lebih luas dan keseimbangan cahaya yang lebih efisien. Memasukan beberapa faktor di atas ke dalam desain akan membantu Anda menciptakan rumah dengan luar biasa. Jika Anda ingin merenovasi rumah dengan desain seperti ini maka perlu untuk menghubungi arsit yang berpengalaman untuk membantu merencanakan rumah tetap fungsional, unik, dan indah.

Rancang Rumah Tanpa Sekat dengan Harga Terjangkau

rancangan rumah tanpa sekat

Merancang rumah tanpa sekat dengan harga terjangkau sekarang juga bisa dilakukan, meski terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Disamping harga bahan bangunan yang harus diperhatikan, desain rumah ini harus dijalankan dengan metode konstruksi yang tepat agar menghasilkan rumah yang berkualitas tinggi.

Berikut adalah tabel harga estimasi rumah tanpa sekat dengan luas bangunan 100 m² :

Jenis BahanHarga Estimasi (Rp)
Beton Bertulang100.000.000
Bata Ringan75.000.000
Baja Ringan90.000.000

Biaya tersebut hanya estimasi dan belum termasuk biaya tenaga kerja, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan tukang atau arsitek untuk memperoleh biaya total.

Tips Memilih Desain Rumah Tanpa Sekat

tips memilih rumah

Memilih rumah tanpa sekat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan membutuhkan ketelitian. Tips memilih rumah tanpa sekat adalah mempertimbangkan stabilitas struktur, quality material, kepraktisan, dan keamanan. Pastikan rumah tanpa sekat yang Anda pilih sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Untuk itu, konsultasikan dengan profesional dalam memilih desain yang tepat untuk rumah Anda.

Kesimpulan

Demikianlah 8 kesan modern dan minimalis pada rumah tanpa sekat. Pastikan Anda memperhatikan detail-detail tersebut agar menghasilkan rumah tanpa sekat yang sesuai dengan keinginan. Jangan lupa sesuaikan juga kelas desain dengan budget yang dimiliki. Dengan melakukan perencanaan yang matang, rumah tanpa sekat Anda akan terlihat indah dan nyaman untuk dihuni.


Dalam kesimpulan, rumah tanpa sekat bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki privasi sekaligus ruangan yang terasa luas dan terbuka. Dalam desain ini, penempatan furnitur dan pencahayaan juga sangat penting untuk menciptakan tampilan yang harmonis dan estetik. Selain itu, menggunakan material yang tepat seperti kaca atau kayu dapat memberikan nuansa yang berbeda pada rumah tanpa sekat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa desain ini juga harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kerahasiaan penghuni rumah. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, desain rumah tanpa sekat dapat menjadi pilihan yang menarik untuk Anda coba terapkan di rumah. Itulah informasi mengenai desain rumah tanpa sekat yang dapat stkipmktb sampaikan, semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam mendesain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Bagikan:

DekorumaShopee