Insureka1

Desain Rumah Pojok Trapesium Modern & Unik Type 36, 45, 60

desain rumah pojok trapesium

Desain Rumah Pojok Rrapesium – menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki hunian yang berbeda dari yang lainnya. Dengan bentuk yang unik dan tampilan yang futuristik, rumah pojok trapesium memberikan nuansa modern dan fresh di tengah-tengah keberadaan rumah-rumah pada umumnya. Salah satu inovator dalam desain rumah pojok trapesium adalah Arsitek Kurniawan Purwa. Ia berhasil menciptakan sebuah rumah pojok trapesium yang sangat menarik dan menginspirasi di kawasan Jakarta Selatan.

Rumah pojok trapesium yang dirancang oleh Arsitek Kurniawan Purwa ini memiliki ciri khas yang sangat kuat. Dalam desainnya, Purwa ingin memberikan penampilan yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Ia ingin menjadikan rumah sebagai karya seni yang indah dan nyaman untuk ditinggali. Dengan konsep yang sangat unik dan visual yang estetik, rumah pojok trapesium ini menjadi salah satu desain rumah yang paling diminati oleh banyak orang.

Salah satu keunggulan dari desain rumah pojok trapesium adalah penggunaan ruang yang lebih maksimal. Dengan bentuknya yang unik dan tidak terbatas oleh aturan yang baku, Arsitek Kurniawan Purwa berhasil menciptakan sebuah rumah yang sangat fungsional. Rumah ini memiliki area yang luas dan pada bagian belakang pun memiliki desain dinding taman yang keren. Hal ini membuat rumah ini sangat cocok untuk keluarga yang membutuhkan ruang yang lebih luas dan nyaman.

Secara khusus, rumah pojok trapesium ini memiliki banyak keunggulan dan kelebihan jika dibandingkan dengan rumah-rumah pada umumnya. Dimana desain rumah trapesium lebih efektif dalam memanfaatkan ruang yang tersedia. Dengan area yang lebih besar dan bentuk yang fleksibel, ruangan di dalam rumah dapat dirancang dengan lebih baik. Nah, bagi Anda yang ingin membuat rumah pojok trapesium berikut ulasan lengkapnya.

Desain Rumah Pojok Trapesium

desain rumah pojok trapesium

Konsep Desain Rumah Pojok Trapesium dikenal dengan bentuk yang tidak lazim. Desain ini sangat cocok untuk rumah yang kondisinya berupa lahan dengan bentuk yang serba pojok atau berlesung pipit. Arsitek memutuskan menggunakan bentuk trapesium agar lebih optimal dan eye-catching. Dalam desain ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai konsep desain rumah pojok trapesium:

Insureka

Kelebihan Desain Rumah Pojok Trapesium

Salah satu kelebihan rumah trapesium ialah memanfaatkan lahan secara maksimal. Karena bentuk trapesium yang menyesuaikan dengan bentuk lahan yang melengkung, maka ruang yang dibentuk pun lebih bervariasi dan unik. Desain ini juga dapat mengoptimalkan pencahayaan alami. Pada bagian pinggir rumah, terdapat banyak sekali jendela yang memungkinkan banyaknya cahaya alami yang masuk ke dalam rumah, sehingga menghemat penggunaan listrik pada siang hari. Selain itu, ruangan pada desain trapesium juga dapat memberikan kesan lapang meski memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Kekurangan Desain Rumah Pojok Trapesium

Walaupun memiliki kelebihan dalam penataan ruang, desain rumah pojok trapesium juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah penempatan ruangan yang sulit, terutama untuk ruangan yang ada di sisi bawah trapesium. Selain itu, desain ini juga memerlukan konstruksi yang khusus dan mahal. Hal ini dikarenakan rumah trapesium memiliki atap dan struktur yang berbeda dengan model rumah konvensional. Pemilik rumah yang ingin menerapkan desain ini perlu memperhatikan biaya konstruksi dan material yang dibutuhkan.

Biaya Desain Rumah Pojok Trapesium

biaya rumah pojok trapesium

Biaya pembuatan desain rumah pojok trapesium bervariasi, tergantung pada kebutuhan pemilik rumah dan ukuran lahan. Namun, secara umum, untuk ukuran lahan 60 meter persegi dengan bangunan seluas 120 meter persegi, biaya pembuatan rumah trapesium berkisar antara Rp. 300 juta hingga Rp. 500 juta. Biaya ini sudah termasuk konstruksi, material, dan interior rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai Konsep Desain Rumah Pojok Trapesium beserta biayanya. Dalam membangun sebuah rumah, perlu memperhatikan konsep desain yang cocok dengan lahan yang dimiliki dan budget yang tersedia. Dengan desain rumah pojok trapesium, rumah Anda menjadi unik, tampak elegan, dan nyaman untuk ditinggali.

Tipe-Tipe Rumah Pojok Trapesium

Rumah pojok trapesium merupakan salah satu desain rumah yang menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Desain ini memiliki ciri khas yang unik dan mempermudah dalam penggunaan tanah yang berbentuk trapesium. Berikut ini adalah tipe-tipe rumah pojok trapesium yang bisa dijadikan referensi:

1. Tipe 36/72

type 36

Tipe 36/72 adalah salah satu tipe rumah pojok trapesium yang cukup populer di kalangan masyarakat. Dengan luas tanah yang cukup kecil, tipe rumah ini memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, dapur dan carport. Harga untuk tipe rumah ini berkisar antara 500 juta hingga 1 milyar rupiah tergantung lokasi serta desain yang diinginkan.

2. Tipe 45/90

type 45

Tipe 45/90 adalah tipe rumah pojok trapesium yang lebih luas daripada tipe 36/72. Tipe rumah ini lebih cocok untuk keluarga yang memiliki anggota yang lebih banyak. Tipe rumah ini terdiri dari tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang tamu, dapur dan carport. Harga untuk tipe rumah ini berkisar antara 1-2 miliar rupiah tergantung lokasi serta desain yang diinginkan.

3. Tipe 60/120

type 60

Tipe 60/120 adalah yang terluas dari semua tipe rumah pojok trapesium. Tipe ini cocok untuk keluarga besar atau untuk mereka yang ingin memiliki rumah dengan banyak ruangan. Tipe rumah ini terdiri dari empat kamar tidur, tiga kamar mandi, ruang tamu, dapur, garasi dan taman. Harga untuk tipe rumah ini berkisar antara 2-3 miliar rupiah tergantung lokasi serta desain yang diinginkan.

Dari beberapa tipe rumah pojok trapesium yang telah disebutkan di atas, setiap tipe rumah memiliki harga yang bervariasi tergantung dari lokasi serta desain rumah yang diinginkan. Pemilik rumah juga dapat memodifikasi desain rumah sesuai keinginan dan kebutuhan mereka dengan konsultasi dengan arsitek atau desainer rumah.

Fungsi Ruangan dalam Rumah Pojok Trapesium

Rumah pojok trapesium menjadi salah satu desain rumah yang populer di era modern seperti sekarang. Salah satu kelebihan desain rumah ini adalah mampu memberikan kesan modern dan kekinian bagi pemiliknya. Selain itu, desain rumah pojok trapesium juga memiliki fungsi ruangan yang unik dan berbeda dengan rumah pada umumnya.

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah pojok trapesium, penting untuk memahami fungsi ruangan yang ada pada rumah tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi ruangan dalam desain rumah pojok trapesium:

Ruang Tamu

ruang tamu

Ruangan ini biasanya menjadi area yang pertama kali dilihat oleh tamu yang datang ke rumah. Fungsi ruang tamu pada desain rumah pojok trapesium adalah sebagai tempat untuk menerima tamu atau sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Untuk desain interior ruang tamu, pemilik dapat memilih furniture modern seperti sofa minimalis, toko serbaguna, atau meja sudut yang sesuai dengan tema dekorasi yang diinginkan.

Ruang Makan

ruang makan

Ruang makan pada desain rumah pojok trapesium biasanya terletak di sisi yang lebih panjang dari trapesium. Fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat untuk makan bersama keluarga atau tempat untuk mengadakan acara makan bersama teman-teman. Desain interior dari ruang makan bisa dipilih dengan furniture modern atau gaya minimalis yang simpel.

Kamar Tidur

kamar tidur

Kamar tidur pada desain rumah pojok trapesium dapat ditempatkan pada area yang lebih kecil dari ruang tamu atau sebelah ruang makan. Fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat untuk beristirahat dan menghabiskan waktu luang di rumah. Meski ukurannya seringkali terbatas, pemilik rumah masih dapat mengatur desain interior kamar tidur dengan cerdas agar terasa nyaman dan fungsional.

Ruangan Keluarga

ruang keluarga

Ruangan keluarga pada desain rumah pojok trapesium dapat ditempatkan di antara ruang tamu dan ruang makan. Fungsi ruangan ini adalah sebagai area untuk berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas seperti menonton TV, bermain game, atau membaca buku. Pemilihan furniture dan dekorasi pada ruangan ini harus dipertimbangkan dengan baik agar terlihat nyaman dan harmonis.

Kamar Mandi

kamar mandi

Kamar mandi pada desain rumah pojok trapesium umumnya diposisikan di belakang ruang makan atau ruang keluarga. Fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat membersihkan diri dan melakukan kegiatan mandi. Meski ukurannya seringkali terbatas, pemilik rumah masih dapat memilih furnitur yang tepat dan dekorasi yang menarik agar kamar mandi terlihat luas dan nyaman.

Dengan memahami fungsi ruangan pada desain rumah pojok trapesium, pemilik rumah dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan membuat rumah tersebut terlihat lebih fungsional. Tentunya, pemilihan furniture dan dekorasi harus selaras dengan tema rumah agar terlihat lebih modern dan kekinian.

Cara Menata Ruangan dalam Rumah Pojok Trapesium

cara menata ruangan

Rumah pojok trapesium adalah salah satu bentuk rumah yang berbeda dari model rumah pada umumnya. Bentuknya yang unik membuat rumah ini dianggap sebagai salah satu pilihan yang menarik ketika hendak membangun rumah. Namun, memang tidak mudah dalam menata ruangan dalam rumah ini karena setiap sisi dan sudut pada rumah pojok trapesium memiliki perbedaan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar ruangan dalam rumah pojok trapesium dapat terlihat teratur dan enak dipandang.

1. Pilih Warna Cat yang Serasi

Memilih warna cat yang tepat adalah langkah awal yang penting dalam menata ruangan dalam rumah pojok trapesium. Gunakan warna yang netral dan serasi. Hal ini akan membuat ruang pada rumah tersebut terlihat lebih lapang dan nyaman.

2. Gunakan Lemari yang Sesuai

Pilih lemari yang sesuai dengan ukuran dan model rumah poisok trapesium. Anda dapat memesan lemari dengan custom size agar sesuai dengan sudut pada rumah. Hal ini juga dapat memaksimalkan ruang dan meminimalisir tumpukan barang yang tidak teratur.

3. Pilih Furniture Minimalis

Pilih furniture yang ukurannya sesuai dengan ukuran ruang dalam pojok trapesium dengan model minimalis. Hindari penggunaan furniture barang yang besar dan banyak dekorasi agar ruangan tidak terasa sempit dan terlihat teratur.

4. Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Manfaatkan setiap sudut ruangan dengan memasang rak dinding atau pot tanaman kecil agar tampilan ruangan terlihat fresh, sesuai warna cat juga dan meminimalisir ruang yang kosong tidak terpakai.

5. Pilih Jenis Penerangan yang Tepat

Pilih jenis penerangan yang tepat untuk rumah trapesium. Sesuaikan pencahayaan dengan ukuran balok dan kemiringan sudut rumah. Gunakan lampu yang pas di setiap sudut sehingga ruangan rumah terlihat lebih lapang dan nyaman.Isilah ruang sekitar dengan warna cahaya yang lembut dan hangat, termasuk lampu-lampu parafe-hefe dengan intensitas cahaya yang rendah. Untuk ruang yang terlihat lebih lapang, gunakan lampu kubar sebagai pencahayaan utama.

6. Pilih Penataan Ruangan Simetris

Penataan ruangan menjadi penting pada rumah dengan bentuk trapesium. Penataan simetris dapat membuat ruangan rumah lebih tenang dan nyaman dipandang. Idealnya, letakkan perabotan besar pada setiap sudut untuk mengisi bagian kamar. Sementara itu, bagian sisi rumah diisi dengan perabotan yang ukurannya lebih kecil, misalnya lampu meja, tanaman hias, dan barang-barang kecil lainnya.

7. Menata Ruangan Agar Lebih Terbuka

Untuk membuat pojok rumah terasa lebih terbuka, cobalah untuk menempatkan beberapa furnitur di sudut ruangan yang sama dari setiap sisi rumah. Letakkan furnitur ini di bagian dalam dan tertutup pada kursi atau meja. Cobalah untuk memilih furnitur dengan model yang simpel dan tipis dan letakkan furnitur tersebut pada bagian dalam rumah sehingga tidak akan menutupi sudut-sudut pada rumah. Wall decoration seperti gambar, lukisan atau cermin besar bisa dipasangkan di dinding untuk memunculkan kesan ruang yang lebih terbuka. Jangan lupa, atur skala penempatan dengan jarak yang sesuai sehingga ruangan terlihat lebih balance.

Kesimpulan

Dengan kreativitas dan perencanaan yang baik, rumah dengan bentuk trapesium dapat terlihat indah dan unik. Pilihlah desain dan gaya yang sesuai dengan kepribadian Anda. Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin merancang rumah pojok trapesium dengan kreativitas dan inovasi.

Dalam kesimpulannya, desain rumah pojok trapesium merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki hunian unik dengan karakteristik yang berbeda dari rumah pada umumnya. Dengan mengaplikasikan desain ini, rumah Anda akan memiliki tampilan yang menarik. Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti ukuran lahan, anggaran, serta keterampilan konstruksi untuk mewujudkan desain ini dengan sempurna.

Desain rumah pojok trapesium memungkinkan Anda untuk memaksimalkan fungsi ruangan dan memberikan tampilan yang elegan pada eksterior rumah. Jangan lupa pula mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan dalam menerapkan desain ini, seperti memilih material yang berkualitas dan memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan alami.

Terakhir, pastikan Anda menyusun rencana desain dengan matang, memilih arsitek atau kontraktor yang handal, serta memperhatikan detail-detail kecil agar rumah pojok trapesium Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki rumah yang indah dan nyaman untuk ditinggali.

Demikian informasi mengenai desain rumah pojok trapesium yang dapat stkipmktb sampaikan semoga informasi diatas bisa memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi Anda yang ingin membangun rumah impan kalian.

Bagikan:

Insureka1