Desain Rumah Bahan Kalsiboard Terbaru: Keuntungan & Kerugian

Feris Cahyono

desain rumah bahan kalsiboard

Desain Rumah Bahan Kalsiboard – Desain rumah merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik rumah. Rumah adalah tempat yang sangat strategis bagi seseorang, di mana mereka beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk merancang dan membangun rumah yang sesuai dengan kebutuhan mereka, agar mereka dapat merasa nyaman dan senang tinggal di dalamnya.

Tidak hanya desain rumah kayu saja, namun rumah dengan bahan dasar kalsiboard juga cukup populer saat ini. Kalsiboard adalah bahan bangunan yang terbuat dari serat atau kertas yang dikombinasikan dengan semen dan bahan-bahan kimia lainnya. Kalsiboard biasanya digunakan sebagai bahan dinding dan atap rumah, dapat dipesan dalam berbagai ketebalan dan ukuran yang berbeda, serta mudah untuk dipasang di rumah.

Jika Anda belum tahu apa itu desain rumah bahan kalsiboard, maka Anda perlu tahu bahwa desain rumah ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah biaya yang lebih terjangkau daripada bahan bangunan lainnya. Selain itu, desain rumah bahan kalsiboard juga tahan terhadap api, anti air, dan terlihat lebih elegan dari bahan bangunan lainnya.

Adapun kelebihan lain dari desain rumah bahan kalsiboard adalah kekuatannya yang cukup tinggi. Bahan ini sangat kuat dan tahan lama, juga sangat mudah untuk dipasang. Dengan kelebihan ini, Anda bisa membangun rumah dengan biaya yang lebih murah dan lebih cepat dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Dan berikut informasi mengenai Desain rumah bahan kalsiborad terbaru saat ini.

Pilihan Warna Kalsiboard Untuk Rumah Modern

pilihan warna

Kalsiboard adalah bahan bangunan yang sangat populer di Indonesia. Tak hanya itu, kalsiboard juga sangat multifungsi dan memiliki kelebihan seperti tahan terhadap air, tahan banting, dan mudah untuk dipasang. Oleh karena itu, banyak orang memilih kalsiboard sebagai bahan pembuatan dinding dan plafon rumah mereka. Terdapat banyak pilihan warna kalsiboard yang dapat menjadi pilihan untuk rumah modern, di bawah ini ada beberapa pilihan warna kalsiboard untuk rumah modern beserta tabel harga yang dapat menjadi referensi untuk Anda:

Kalsiboard putih adalah warna yang sangat klasik dan sederhana. Warna ini sangat cocok digunakan untuk membuat desain rumah minimalis modern dan memberikan kesan bersih dan terang. Namun, warna putih juga mudah kotor dan jadi tidak cocok jika lingkungan sekitar Anda terkena debu atau memiliki anak kecil yang suka mencoret-coret pada dinding.

Sementara itu, kalsiboard cream lebih hangat dan memberikan kesan yang nyaman serta menenangkan. Warna ini cocok digunakan pada ruangan tamu atau kamar tidur, sehingga menciptakan suasana yang santai dan memberikan rasa nyaman bagi penghuninya.

Kalsiboard abu-abu bisa dikatakan cocok untuk semua jenis ruangan, baik itu kamar tidur, ruang tamu, maupun kamar mandi. Warna abu-abu mampu menciptakan kesan yang elegan dan modern pada rumah Anda. Selain itu, kalsiboard warna abu-abu juga mudah untuk dicocokan dengan furniture warna apa pun.

Jika Anda ingin terlihat cerah dan menyenangkan, kalsiboard dengan warna kuning pasti akan menjadi pilihan yang tepat. Warna ini akan menambah keceriaan pada ruangan dan cocok digunakan pada ruang keluarga atau kamar anak.

Selain itu, warna hijau daun juga cocok untuk rumah minimalis modern. Sesuai dengan namanya, warna hijau daun memberikan kesan natural dan sejuk sehingga cocok digunakan pada ruang belakang atau depan rumah yang memiliki view taman.

Warna biru adalah pilihan yang tepat untuk menciptakan kedamaian dan ketenangan. Warna ini mudah dipadukan dengan warna apa pun dan cocok digunakan pada ruang keluarga atau kamar tidur. Pilihlah warna birunya yang sedikit muda atau terang agar tidak terkesan monoton.

Kalsiboard merah adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin menciptakan kesan hangat dan energik pada ruangan. Warna merah cocok dipakai dipadukan dengan warna netral seperti putih atau abu-abu.

Terakhir, kalsiboard coklat adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin menciptakan kesan yang lebih mewah dan eksklusif pada ruangan. Warna coklat cocok digunakan pada ruang keluarga atau ruang tamu dan sangat mudah dipadukan dengan warna apa pun.

Itulah beberapa pilihan warna kalsiboard untuk desain rumah modern. Semoga bermanfaat!

Cara Instalasi Kalsiboard di Rumah

instalasi kalsiboard

Kalsiboard adalah bahan bangunan modern yang terbuat dari campuran bahan semen dan serat kayu yang sudah terkenal di Indonesia. Bahan ini banyak digunakan sebagai pengganti bahan bangunan konvensional seperti bata, kayu, dan lain-lain. Kalsiboard memiliki keunggulan lebih praktis dan mudah dipasang, membuat bahan ini lebih unggul di mata para pengguna.

Jika Anda ingin menggunakan kalsiboard untuk rumah impian Anda, ikuti panduan instalasi berikut ini:

Persiapan Instalasi

Sebelum memulai pemasangan kalsiboard, pastikan peralatan dan bahan yang akan digunakan sudah tersedia. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan saat pemasangan:

  • Hand saw : Untuk pemotongan kalsiboard
  • Screwdriver : Untuk memasang baut dan sekrup pada kalsiboard
  • Drill : Untuk melubangi dinding dan pintu kalsiboard
  • Kalsiboard : Material utama yang akan diinstalasi
  • Baut dan Sekrup : Untuk memasang kalsiboard
  • Baut dekoratif : Untuk memberikan tampilan indah pada instalasi kalsiboard

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemasangan kalsiboard. Sebaiknya baca dan ikuti petunjuk yang tersedia pada paket kalsiboard.

Pelaksanaan Instalasi

Jika semua peralatan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasang kalsiboard pada dinding yang diinginkan. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan:

1. Persiapan dinding

Pastikan dinding yang akan dipasangkan kalsiboard sudah bersih dan kering dari benda-benda yang menggangu. Selanjutnya, pasang rangka dengan jarak kira-kira 40-60 cm dari satu rangka ke rangka lainnya dengan bantuan alat lain seperti level, meteran, dan lain-lain.

2. Pemotongan kalsiboard

Kemudian, sesuaikan ukuran kalsiboard dengan dinding yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ukur kalsiboard yang akan dipasang dan potong menggunakan mesin potong laminating atau gunting.

3. Pemasangan kalsiboard

Tempelkan kalsiboard pada rangka dengan bantuan baut dan sekrup sesuai dengan jarak pada rangka yang sudah ditentukan sebelumnya. Berikan jarak ke tepi dinding sekitar 1-2 cm agar bisa dipasang finishing. Pemasangan kalsiboard di dinding bisa diintegrasikan dengan ikatan penahan kapur dalam kegiatan pengecatan.

4. Finishing

Setelah semua kalsiboard terpasang, lakukan pengecekan dan perbaikan bila ada bagian yang kurang rapi. Selanjutnya, bagi Anda yang ingin memberikan tampilan estetik pada interior, tambahkan aksesoris atau penghias sesuai dengan selera.

Harga Kalsiboard per Meter

harga kalsiboard

Berikut adalah tabel harga kalsiboard per meter yang diambil dari toko bahan bangunan terpercaya:

Nama BahanUkuran (cm)Harga (Rp)
Kalsiboard120 x 240275.000
Kalsiboard150 x 240330.000
Kalsiboard200 x 240440.000

Dalam memilih kalsiboard, pastikan bahwa kalsiboard yang Anda beli berkualitas bagus demi hasil akhir yang lebih memuaskan.

Dengan mengikuti panduan instalasi yang tepat dan bahan yang berkualitas, kalsiboard akan menjadi pilihan yang lebih nyaman dan efektif bagi Anda dalam menciptakan sebuah rumah yang kokoh dan tahan lama.

Cara Memilih Jenis Kalsiboard Untuk Desain Rumah Minimalis

desain rumah bahan kalsiboard

Kalsiboard telah menjadi bahan pilihan yang populer dalam desain interior dan eksterior rumah, terutama dalam desain rumah minimalis yang sedang trend. Material ini sangat mudah diaplikasikan dan memberikan hasil yang memuaskan. Namun, sebelum memilih jenis kalsiboard yang tepat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Simaklah penjelasan berikut untuk memilih jenis kalsiboard yang tepat untuk desain rumah minimalis Anda.

1. Pertimbangkan ketebalan kalsiboard

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih kalsiboard adalah ketebalannya. Semakin tebal kalsiboard, maka kekuatannya juga semakin besar. Di samping itu, ketebalan kalsiboard juga akan mempengaruhi harga produk. Secara umum, ketebalan kalsiboard yang paling umum dipilih untuk desain rumah minimalis adalah 9 mm, 12 mm, dan 15 mm.

2. Pilih kalsiboard dengan kualitas yang baik

Kelebihan lain dari kalsiboard adalah sifat anti rayap, tahan terhadap kelembapan, mudah dipasang, dan mudah dibersihkan. Oleh karena itu, untuk memastikan produk kalsiboard yang Anda pilih berkualitas baik, pastikan Anda memilih merek terpercaya dengan reputasi yang baik di pasaran. Dapatkan informasi mengenai merek kalsiboard yang terkenal dan produknya, sehingga Anda bisa memilih kualitas kalsiboard yang sesuai dengan kebutuhan desain rumah minimalis Anda.

3. Pilih warna dan tekstur yang sesuai

Salah satu nilai estetika dari kalsiboard yang sangat diminati adalah tampilan warna dan teksturnya. Pilihlah warna dan tekstur kalsiboard yang sesuai dengan tema desain rumah minimalis yang Anda inginkan. Pastikan juga kalsiboard yang Anda pilih mudah dipadukan dengan elemen dekorasi lainnya seperti furniture, perabotan rumah dan lain sebagainya.

4. Pertimbangkan harga kalsiboard

Sebelum membeli kalsiboard, pastikan budget yang tersedia untuk membeli tidak melebihi dana yang telah Anda tetapkan. Harga kalsiboard bervariasi tergantung pada ketebalan dan mereknya. Berikut adalah tabel harga kalsiboard untuk desain rumah minimalis:

5. Hitung total kebutuhan kalsiboard

Sebelum membeli kalsiboard, hitunglah total kebutuhan yang dibutuhkan untuk diaplikasikan pada interior atau eksterior rumah sesuai dengan desain minimalis yang diinginkan. Pastikan jumlah yang dihitung mencakup potongan yang dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan agar meminimalisir kelebihan atau kekurangan material kalsiboard.

6. Perhatikan Pemasangan Kalsiboard

Perhatikan cara pemasangan kalsiboard agar hasilnya lebih memuaskan. Pastikan pemasangan kalsiboard dilakukan oleh tenaga kerja professional dan ahli dalam instalasi kalsiboard. Dalam hal ini, pastikan semua proses pemasangan diawasi dengan baik hingga selesai.

Mempertimbangkan beberapa hal di atas sebelum memilih jenis kalsiboard yang tepat adalah pilihan yang sangat penting. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan hasil desain rumah minimalis yang memuaskan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Tentu saja, hal ini tergantung pada luas bangunan yang akan dibangun. Semakin besar rumah, semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan, baik menggunakan material kalsiboard maupun material konvensional. Namun, dengan menggunakan bahan kalsiboard, bisa dipastikan biaya yang harus dikeluarkan akan lebih terjangkau.

Jika Anda ingin membangun sebuah rumah, Anda bisa mengambil opsi menggunakan kalsiboard sebagai bahan bangunan. Selain meminimalisir biaya, material ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan rumah. Karena itu, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai biaya investasi when to membuat rumah dengan bahan kalsiboard.

Keuntungan Menggunakan Kalsiboard dalam Desain Rumah

keuntungan menggunakan kalsiboard

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan kalsiboard dalam pembangunan rumah:

1. Biaya yang lebih murah

Kalsiboard lebih murah daripada material bangunan lainnya seperti kayu atau batu. Dengan menggunakan kalsiboard, biaya pembangunan dapat ditekan sehingga lebih efisien.

2. Pemasangan yang mudah

Kalsiboard sangat mudah dipasang karena ukurannya yang ringan dan mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kalsiboard juga dapat dipasang dengan lebih cepat daripada material bangunan lainnya.

3. Tidak mudah terbakar

Kalsiboard menggunakan bahan kimia yang melindungi dari kebakaran. Hal ini membuat kalsiboard lebih tahan terhadap api daripada material bangunan lainnya.

4. Tidak berbau

Kalsiboard tidak memiliki bau yang tidak sedap seperti halnya kayu yang kadang bau pengap. Hal ini membuat kalsiboard lebih nyaman untuk digunakan dalam desain rumah.

5. Tidak mudah lapuk atau rusak

Kalsiboard lebih awet dan tahan lama dibandingkan material bangunan lainnya. Kalsiboard tahan terhadap cuaca yang ekstrem dan tidak mudah lapuk atau rusak.

6. Senyap

Bahan kalsiboard sangat efektif dalam menyerap suara sehingga membuat rumah lebih nyaman dan tenang.

7. Dapat dicat atau dihias

Kalsiboard memiliki permukaan yang halus dan rata sehingga mudah untuk dihias atau dicat sesuai dengan selera.

8. Material yang ramah lingkungan

Kalsiboard dibuat dari campuran bahan organik dan bahan kimia yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

Kerugian Menggunakan Kalsiboard dalam Desain Rumah

desain rumah bahan kalsiboard

Berikut adalah beberapa kerugian ketika kita menggunakan Kalsiboard sebagai bahan dasar membangun sebuah rumah:

1. Tidak tahan benturan

Kalsiboard rentan terhadap benturan yang kuat. Hal ini membuat kalsiboard tidak cocok digunakan untuk bagian rumah yang rentan terhadap hal tersebut.

2. Rentan terhadap bocor

Kalsiboard memiliki daya serap air yang lebih rendah dibandingkan bahan bangunan lainnya. Hal ini membuat kalsiboard rentan terhadap bocor jika terkena air dalam waktu yang lama.

3. Kualitas yang berbeda-beda

Kualitas kalsiboard dapat bervariasi tergantung dari produsen atau vendor yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan vendor yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan kualitas yang baik.

4. Tidak tahan terhadap panas atau dingin yang ekstrem

Kalsiboard dapat merambatkan suhu panas ataupun dingin ke dalam ruangan. Sehingga harus ada perhitungan yang tepat saat menggunakan bahan ini.

5. Tidak tahan goresan

Kalsiboard memiliki kelemahan yaitu sangat mudah tergores. Sehingga harus diberikan penanganan yang lebih ekstra saat pengecatan pada dinding kalsiboard.

Dalam memilih bahan untuk desain rumah, kita harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari masing-masing bahan. Kalsiboard bisa menjadi pilihan bahan yang tepat jika mempertimbangkan budget dan kelebihan dari kalsiboard. Dalam memilih kalsiboard, pastikan untuk memilih vendor yang baik dengan kualitas yang terpercaya sehingga dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi dalam masa mendatang.

Kesimpulan

Dari ulasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa desain rumah dengan bahan kalsiboard merupakan pilihan yang tepat untuk menghasilkan rumah yang cantik dan modern dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, bahan kalsiboard juga memiliki banyak keunggulan seperti tahan air dan tahan api, sehingga membuat rumah lebih aman dan nyaman bagi penghuninya.

Dalam memilih bahan kalsiboard untuk desain rumah, sebaiknya diperhatikan juga faktor keamanan dan kualitas dari bahan tersebut. Pastikan pilihan bahan yang digunakan telah memenuhi standar kualitas yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Dengan menggunakan bahan kalsiboard, kita dapat merancang rumah idaman dengan berbagai jenis desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Tak hanya itu, namun juga dapat menekan biaya dan meraih hasil yang memuaskan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan desain rumah dengan bahan kalsiboard sebagai alternatif untuk membangun rumah impian. Selain terlihat modern dan indah, juga nyaman dan aman untuk ditinggali. Mungkin hanya ini yang bisa stkipmktb sampaikan mengenai desain rumah bahan kalsiboard. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah dengan bahan dasar kalsiboard.

Bagikan: