DekorumaShopee

Desain Rumah 2 Lantai Dengan Rooftop: Biaya & Keuntungan

desain rumah 2 lantai dengan rooftop

Desain Rumah 2 Lantai Dengan Rooftop – sedang menjadi tren di kalangan masyarakat urban akhir-akhir ini. Bentuk dan gaya rumah yang satu ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya karena menampilkan kemewahan dan kelas yang tinggi. Dengan adanya rooftop, di mana Anda bisa menikmati pemandangan langit dan kota di atas rumah, tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Banyaknya permintaan untuk rumah dengan model 2 lantai dan rooftop menjadi tantangan bagi para arsitek dan desainer untuk menciptakan model yang bisa memenuhi kebutuhan dan selera konsumen. Namun, salah satu desain rumah 2 lantai dengan rooftop yang kini menjadi tren adalah dengan menggunakan gaya minimalis dengan sentuhan modern. Gaya minimalis yang sederhana namun elegan membuat desain ini sangat populer di kalangan kaum urban.

Rumah 2 lantai dengan rooftop memiliki banyak kelebihan dibandingkan rumah dengan desain rumah tanpa genteng . Salah satunya adalah efisiensi ruang. Dengan memanfaatkan lahan yang ada secara maksimal, desain ini dapat mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada rumah tradisional, rumah 2 lantai dengan rooftop tetap bisa menampung ruangan tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, ruang makan, serta rooftop yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas.

Selain itu, desain rumah 2 lantai dengan rooftop juga memberikan kenyamanan dan privasi yang lebih baik bagi penghuni. Dengan memiliki rooftop yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai atau beraktivitas, penghuni rumah juga dapat menikmati keindahan lingkungan sekitar tanpa perlu khawatir diintip tetangga. Nah, berikut adalah sedikit informasi mengenai desain rumah 2 lantai dengan rooftop yang akan kami sampaikan.

Keuntungan Memiliki Rooftop pada Desain Rumah 2 Lantai

keuntungan atap rooftop

Jika Anda sedang membangun rumah dengan dua lantai dan mempertimbangkan untuk menambahkan rooftop, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki rooftop pada desain rumah 2 lantai:

TenzoLiving

1. Area Outdoor Yang Multifungsi

Saat memiliki rooftop pada desain rumah 2 lantai, Anda memiliki area outdoor yang multifungsi. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga atau teman, bahkan bisa menjadi tempat untuk mengadakan pesta kecil-kecilan.

2. Tampilan Estetik Yang Menarik

Dengan adanya rooftop pada desain rumah 2 lantai, maka akan menambah nilai estetik pada rumah Anda. Rooftop memberikan tampilan yang elegan dan modern pada rumah Anda. Dengan menambahkan beberapa tanaman dan pencahayaan yang tepat, rooftop bisa menjadi daya tarik secara visual pada desain rumah Anda.

3. Pemakaian Energi Yang Efisien

Rooftop bisa menjadi tempat yang tepat dan efisien untuk memasang panel surya atau sistem pendingin ruangan. Dengan ini, maka Anda akan bisa menghemat penggunaan energi pada rumah Anda. Dengan rooftop, Anda bisa menempatkan panel surya dan sistem pendingin ruangan dengan posisi yang tepat tanpa harus mengganggu tampilan rumah Anda. Selain itu, dengan menempatkan sistem pendingin di atas rumah, Anda juga bisa menjaga iritasi suara dan menghindari kebisingan.

4. Nilai Tambah Pada Properti Anda

Dengan adanya rooftop, maka rumah Anda akan lebih memiliki daya tarik untuk dijual ataupun sebagai objek investasi. Bagi mereka yang mencari hunian dengan tambahan nilai estetik dan kemudahan dalam penggunaan energi, rooftop menjadi nilai plus dalam memilih properti. Jadi, selain menambah keindahan dan efisiensi rumah Anda, rooftop juga bisa menjadi investasi pada properti Anda.

Biaya Pembangunan Rooftop Pada Desain Rumah 2 Lantai

biaya membuat atap rooftop

Tentu saja, keuntungan memiliki rooftop pada desain rumah 2 lantai juga harus dilihat berdasarkan biaya pembangunan rooftop tersebut. Berikut adalah tabel perkiraan biaya pembangunan rooftop untuk rumah 2 lantai:

Jenis MaterialBiaya Per Meter Persegi
Baja RinganRp150.000 – Rp300.000
Kaca LaminasiRp2.000.000 – Rp4.000.000
Paving BlockRp200.000 – Rp350.000
Lantai KayuRp300.000 – Rp600.000
Tatakan Roofing TalangRp100.000 – Rp200.000

Biaya di atas adalah perkiraan biaya pembangunan rooftop untuk rumah 2 lantai dan bisa berbeda-beda tergantung jenis material yang Anda pilih serta daerah tempat Anda tinggal. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli atau pihak pembangunan untuk memperkirakan biaya pembangunan rooftop pada rumah 2 lantai Anda.

Dengan memiliki rooftop pada desain rumah 2 lantai, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti area outdoor multifungsi, tampilan estetik yang menarik, pemakaian energi yang efisien, dan nilai tambah pada properti Anda. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan biaya pembangunan rooftop tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Ide-Ide Untuk Desain Rooftop Anda

ide atap rooftop

Desain rooftop bisa membuat rumah Anda berbeda dari yang lain dan menjadi titik fokus di lingkungan sekitar. Namun, sebelum memulai pembangunan rooftop, catatlah ide-ide Anda terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut adalah beberapa ide dan catatan yang dapat membantu Anda dalam proses desain rooftop:

  • Gunakan Bahan yang Tahan Cuaca

    Saat memilih material untuk rooftop, pastikan mereka dapat bertahan dalam cuaca ekstrem seperti hujan deras maupun sinar matahari yang terik. Material yang cocok untuk rooftop meliputi kayu, keramik, granit, dan beton.

  • Pilih Fungsi Rooftop yang Sesuai

    Rooftop bisa berfungsi sebagai area bersantai, tempat bertaman, hingga tempat makan dan mengundang tamu. Pertimbangkanlah fungsi rooftop yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan keluarga.

  • Buatlah Akses yang Mudah

    Untuk memaksimalkan penggunaan rooftop, buatlah akses yang mudah dan praktis. Anda bisa menyediakan tangga atau lift kecil agar mudah diakses oleh keluarga dan tamu.

  • Pikirkan Pencahayaan

    Rooftop yang terang dan cerah akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Pertimbangkanlah penggunaan lampu-lampu cantik atau sinar-cahaya yang lembut untuk memberikan kesan yang berbeda pada rooftop Anda.

  • Berikan Sentuhan Pribadi

    Rooftop dapat menjadi tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri. Tambahkanlah dekorasi atau furnitur yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan kursi gantung, bunga-bunga cantik, hingga berbagai aksesoris lainnya.

Cara Menentukan Konsep Untuk Rooftop Rumah 2 Lantai

cara menentukan atap rooftop

Memiliki rooftop pada rumah dua lantai bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman Anda. Namun, sebelum mulai merancang rooftop rumah Anda, tentukan konsep dan gaya terlebih dahulu agar lebih mudah dalam menentukan tata letak dan dekorasinya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menentukan konsep dan gaya rooftop rumah Anda.

1. Tentukan Fungsi Rooftop Rumah Anda

Langkah pertama dalam menentukan konsep dan gaya rooftop rumah Anda adalah dengan menentukan fungsi dari rooftop tersebut. Apakah rooftop hanya akan dijadikan sebagai tempat relaksasi, taman yang indah, ruang makan ataupun tempat berkumpul dengan teman dan keluarga? Menentukan fungsi rooftop sangat penting karena dapat mempengaruhi desain, konsep, dan gaya rooftop Anda nantinya.

2. Tetapkan Konsep Rooftop Rumah Anda

Setelah menentukan fungsi rooftop, selanjutnya adalah menentukan konsep. Tentukan konsep rooftop rumah Anda sesuai dengan selera Anda. Ada banyak pilihan konsep rooftop, misalnya konsep taman klasik, minimalis, atau modern. Jika Anda ingin memiliki rooftop yang memberikan suasana santai dan menyenangkan, pilihlah konsep yang dapat menciptakan suasana tersebut.

3. Pilih Gaya Arsitektur Yang Sesuai

Setelah menentukan konsep rooftop rumah Anda, selanjutnya adalah menentukan gaya arsitektur. Apakah rumah Anda memiliki gaya arsitektur minimalis, modern, tradisional atau lainnya? Penting untuk memilih gaya arsitektur yang konsisten dengan rumah Anda agar rooftop terlihat selaras dengan bangunan rumah. Gaya arsitektur rooftop juga dapat memengaruhi konsep dekorasi rooftop Anda nantinya.

4. Buat Rancangan Rooftop Anda

Setelah menentukan konsep dan gaya arsitektur rooftop, Anda dapat mulai membuat rancangan rooftop Anda. Buat sketsa atau gambaran rancangan rooftop Anda agar lebih mudah saat akan merealisasikannya nantinya. Anda juga dapat menggunakan jasa arsitek atau desainer interior jika membutuhkan bantuan dalam membuat rancangan rooftop Anda.

5. Hitung Anggaran Untuk Rooftop Anda

Setelah membuat rancangan rooftop, tentukan anggaran. Hitung biaya yang dibutuhkan untuk membangun rooftop tersebut agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Biaya pembuatan rooftop tentunya dipengaruhi oleh konsep, bahan, dan ukuran rooftop itu sendiri. Dengan menentukan anggaran, Anda dapat memilih bahan yang lebih efektif dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Dengan menentukan konsep dan gaya rooftop, Anda akan lebih mudah dalam menentukan dekorasi dan tata letak rooftop rumah Anda. Selain itu, dengan membuat rancangan yang matang dan menentukan anggaran yang tepat, Anda dapat memiliki rooftop rumah yang sesuai impian Anda. Rooftop rumah yang indah dan nyaman pasti akan memberikan kesan yang berbeda dan membuat keluarga Anda memiliki waktu yang menyenangkan saat berkumpul di rooftop rumah tersebut.

Memilih Bahan dan Warna Yang Cocok Untuk Rooftop Rumah

Jika Anda berencana membangun rumah dengan rooftop, pilihan bahan dan warna rooftop menjadi penting untuk memastikan tampilannya cocok dengan gaya rumah Anda. Di pasar, ada banyak bahan dengan warna yang berbeda-beda yang bisa dipilih untuk rooftop rumah Anda. Sebelum memilih, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti daya tahan, biaya, efek cuaca, dan banyak lagi. Lalu, bahan dan warna rooftop apa yang paling cocok untuk rumah 2 lantai Anda? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Genteng Keramik

genteng keramik 1

Genteng keramik adalah bahan populer untuk rooftop. Genteng ini tahan lama dan awet, membuatnya cocok untuk digunakan pada rooftop. Genteng keramik tersedia dalam berbagai warna dan pola, sehingga mudah untuk dipadankan dengan jenis atap lainnya pada rumah Anda. Harga genteng keramik dapat bervariasi, tergantung pada kualitasnya.

2. Genteng Beton

genteng beton 1

Selain genteng keramik, genteng beton juga merupakan pilihan yang populer untuk rooftop. Genteng ini terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan lainnya. Genteng beton memiliki bentuk dan warna yang sama dengan genteng keramik, tetapi harga yang lebih terjangkau. Genteng beton juga tahan cuaca dan dapat bertahan hingga puluhan tahun.

3. Metal Tile

metal

Jika Anda ingin rooftop yang tahan lama dan kuat, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan metal tile. Material ini terbuat dari logam seperti aluminium atau baja, yang membuatnya sangat tahan lama dan awet. Metal tile juga ringan dan mudah dipasang. Warna metal tile juga bervariasi, sehingga mudah disesuaikan dengan desain rumah Anda. Harga metal tile biasanya cukup mahal dibandingkan dengan genteng keramik atau beton.

4. Atap Rangka Baja Ringan

rangka baja

Jika Anda ingin desain rooftop yang unik, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan atap rangka baja ringan. Material ini memiliki banyak keuntungan seperti mudah dipasang, tahan lama, efisien biaya, dan tampilan yang modern. Pilihan warna atap rangka baja ringan juga sangat bervariasi. Namun, perlu diingat bahwa pada cuaca panas, atap rangka baja ringan dapat terasa sangat panas.

5. Warna Rooftop

warna rooftop

Pemilihan warna rooftop dapat memberikan pengaruh besar pada tampilan keseluruhan rumah. Pilihlah warna yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda memiliki desain klasik, pilihlah warna rooftop seperti cokelat atau merah bata. Namun, jika rumah Anda memiliki tampilan modern, pilihlah warna seperti abu-abu atau hitam. Pilihan warna rooftop yang tepat juga dapat meningkatkan penampilan rumah dan nilai jualnya.

Itulah beberapa pilihan bahan dan warna rooftop yang dapat Anda pertimbangkan untuk rumah 2 lantai Anda. Perlu diingat bahwa pilihan yang tepat akan membuat rooftop lebih tahan lama dan cocok dengan gaya rumah. Selain itu, sebelum memilih, pastikan untuk mempertimbangkan faktor seperti daya tahan dan efek cuaca material tersebut. Semoga informasi ini dapat membantu!

Fungsi Rooftop Pada Desain Rumah 2 Lantai

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai dengan rooftop, Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya memaksimalkan ruang dan fungsi tetap bermanfaat. Rooftop atau atap gedung biasanya terbuka dan sering tidak terawat, tetapi sebenarnya bisa jadi area yang sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati suasana luar. Sebelum membangun atau merenovasi atap rumah Anda, perlu dipertimbangkan baik-baik bagaimana memaksimalkan ruang dan fungsi rooftop dengan tepat.

1. Buat Taman Atap

buuat taman

Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan ruang dan fungsi rooftop adalah dengan membuat taman atap. Taman atap memberikan estetika yang indah, tetapi juga dapat membantu mengurangi biaya energi rumah dengan menyediakan isolasi tambahan. Taman atap dapat dibuat dengan bunga dan pot tanaman, yang membuatnya mudah dirawat dan cocok untuk semua orang.

2. Buat Sebuah Ruang Makan di Rooftop

buat tempat makan

Rooftop juga dapat digunakan sebagai ruang makan terbuka dengan pemandangan luar yang menakjubkan. Tambahkan meja dan kursi yang nyaman untuk menciptakan ruang tamu yang sempurna untuk makan bersama keluarga dan teman. Pastikan Anda juga menambahkan aksen tambahan seperti payung, lampu hias, dan pencahayaan, yang akan menambah kesan estetika pada rooftop rumah Anda.

3. Buat Ruang Santai

tempat santai

Anda juga dapat menciptakan ruang santai dan santai di rooftop, untuk bersantai sambil menikmati pemandangan kota atau pemandangan laut. Tambahkan sofa yang nyaman, meja samping, dan aksesori interior tambahan seperti dekorasi dinding dan bantal lembut yang akan membuat rooftop rumah Anda menjadi tempat favorit untuk bersantai.

4. Buat Kolam Renang Kecil

kolam renang

Tentunya rooftop yang memiliki pemandangan yang indah akan lebih sempurna lagi jika dilengkapi dengan kolam renang kecil. Anda dapat membuat kolam renang kecil di rooftop rumah Anda, yang perlu disediakan adalah sumber air yang cukup dan sistem filterisasi yang tepat. Kolam kecil ini bisa jadi destinasi favorit untuk bersantai dan berendam di atas rooftop rumah Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, desain rumah 2 lantai dengan rooftop merupakan sebuah pilihan tepat untuk mereka yang ingin menikmati pemandangan indah di lingkungan sekitar rumah mereka. Tidak hanya itu, desain ini juga memberikan ruang tambahan yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau rekreasi.

Namun, sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan desain ini, perlu dipertimbangkan beberapa hal seperti budget, kebutuhan ruang, dan juga lokasi rumah. Pastikan bahwa desain rumah 2 lantai dengan rooftop sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Dalam memilih desain ini, Anda juga perlu memilih arsitek atau kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya. Jangan ragu untuk berbicara atau berkonsultasi dengan mereka untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dengan desain yang sesuai dan pemilihan yang tepat, rumah dengan desain 2 lantai dan rooftop dapat memberikan kenyamanan dan keindahan yang tak terhingga untuk Anda dan keluarga. Nah, sobat stkipmktb mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan panduan yang bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:

DekorumaShopee