DekorumaShopee

7 Cara Ampuh Menutup Dinding Jelek, Bikin Dinding Estetik

Cara Menutup Dinding Jelek

Cara Menutup Dinding Jelek – Siapa yang tidak ingin memiliki rumah dengan tampilan bangunan yang indah dan menarik? Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang cantik dan nyaman untuk ditempati.

Namun, seringkali dinding rumah yang berdekatan dengan jalan raya atau lingkungan yang tidak terlalu bagus, membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik. Keberadaan dinding yang jelek bisa membuat rumah terlihat kumuh dan tidak sedap dipandang, tentunya hal ini tidak ingin dialami oleh siapapun.

Dinding yang retak, berjamur, atau memiliki warna yang tidak sesuai dapat mengganggu estetika ruangan dan mengurangi kenyamanan hunian. Namun, jangan khawatir! Terdapat beberapa cara ampuh untuk menutup dinding jelek dan memberikan sentuhan mempercantik interior rumah Anda.

Untuk Anda yang merasakan hal yang sama, ada beberapa cara menutup dinding jelek yang bisa dilakukan dengan mudah dan cukup hemat. Dengan begitu, tampilan rumah pun bisa menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati. Bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak ulasan stkipmktb.ac.id berikut ini.

Menutup Dinding Jelek dengan Cat

Menutup Dinding Jelek dengan Cat

Dinding yang jelek memang menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Mereka dapat merusak tampilan rumah atau kantor Anda. Sebenarnya, cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecat cat pada dinding. Perbaikan semacam ini dapat diterapkan pada dinding yang retak, rusak, bergelombang, dan bahkan dinding yang telah dicat sebelumnya. Namun, sebelum melakukan mulai mengecat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

TenzoLiving
  • Pertama, bersihkan dinding dari debu dan kotoran yang menempel di permukaan dinding. Pastikan tidak ada sisa-sisa lem lama atau cat sebelumnya agar cat baru dapat diterapkan secara merata. Jika perlu, segera perbaiki atau isi bagian retak atau berlubang dengan semen atau plester agar dinding tidak bergelombang atau berlubang. Pastikan bahwa plesteran tersebut telah mengering sepenuhnya sebelum mengecat.
  • Kedua, pilih cat yang tepat dan berkualitas baik. Ada beberapa jenis cat untuk menutup dinding yang jelek seperti cat tembok, cat genteng, cat kayu, dll. Pastikan Anda memilih cat yang dirancang khusus untuk dinding interior dan eksterior. Cat yang baik juga memiliki kemampuan menutup noda dan lubang dengan sempurna. Dalam memilih cat, pertimbangkan juga gaya dan warna yang sesuai sehingga dapat meningkatkan tampilan ruangan.
  • Ketiga, lakukan persiapan sebelum mulai mengecat dinding. Gunakan spidol atau pensil untuk menandai sudut dan garis tepi dinding agar tetap rapi dan teratur. Pastikan Anda telah membungkus seluruh permukaan dinding, seperti kaca, furniture, stop kontak, atau peralatan rumah tangga lainnya yang mungkin terkena percikan cat. Sebaiknya, gunakan kain atau terpal plastik agar dinding tidak menjadi kotor.
  • Keempat, mulai mengecat dengan benar. Pilih kuas atau rol cat yang tepat. Jangan lupa untuk mencampurkan cat terlebih dahulu dengan baik sebelum mulai mengecat. Oleskan cat secara merata dan jangan terlalu banyak pada satu titik. Jika Anda ingin mengecat dinding dengan warna yang lebih intens, lakukan pengaplikasian cat terlebih dahulu dan tunggu hingga kering. Setelah itu, oleskan layer cat kedua pada dinding. Usahakan mengaplikasikan cat dalam satu arah dan lakukan secara perlahan.

Menggunakan Wallpaper untuk Menyembunyikan Dinding Jelek

Menggunakan Wallpaper untuk Menyembunyikan Dinding Jelek

Salah satu cara yang efektif untuk menyembunyikan dinding jelek adalah dengan menggunakan wallpaper. Wallpaper dapat memberikan perubahan yang signifikan pada suatu ruangan, membuatnya terlihat lebih cantik dan menarik perhatian. Selain itu, menggunakan wallpaper juga sangat praktis dan mudah dilakukan.

Sebelum memutuskan untuk memasang wallpaper, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan dinding sudah bersih dan rata, sehingga wallpaper dapat menempel dengan baik. Jika dinding memiliki retakan atau lubang, sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu sebelum dipasangi wallpaper. Kedua, tentukan motif atau desain yang sesuai dengan selera dan konsep ruangan. Ada banyak pilihan motif dan warna wallpaper yang bisa dipilih, mulai dari pola bunga hingga abstrak.

  • Bersihkan dinding dari debu dan kotoran
  • Ukur lebar dinding dan potong wallpaper sesuai dengan ukuran tersebut, tambahkan beberapa sentimeter untuk kelebihan
  • Olesi dinding dengan lem wallpaper
  • Tempelkan wallpaper pada dinding dan ratakan dengan menggosoknya menggunakan kain lembut atau spatula khusus wallpaper
  • Langsung dilakukan pada kepingan wallpaper selanjutnya hingga seluruh dinding tertutupi
  • Potong kertas wallpaper lebih pada bagian atas dan bawah jika terjadi kelebihan pada wallpaper
  • Selesaikan pekerjaan pada lipatan, seperti di pojok dan di jendela, dengan hati-hati dan teliti.

Menutup Dinding Jelek dengan Panel Kayu

Menutup Dinding Jelek dengan Panel Kayu

Apakah Anda merasa bosan dengan dinding yang terlihat biasa dan tidak memiliki karakter? Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menutup dinding tersebut dengan panel kayu. Dengan memilih panel kayu yang tepat, Anda akan mendapatkan dinding yang terlihat lebih hidup dan elegan

Sebelum memilih panel kayu yang akan digunakan untuk menutup dinding jelek, perhatikan juga harga dari panel kayu. Berikut ini adalah tabel harga panel kayu yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih panel kayu:

Perlu diingat, harga panel kayu dapat berbeda-beda tergantung jenis kayu yang digunakan serta ukuran panel kayu yang Anda butuhkan. Sebaiknya, lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang paling sesuai dengan budget Anda.

Menggunakan panel kayu untuk menutup dinding jelek memiliki banyak keuntungan. Sebagai contoh:

  1. Memberikan kesan hangat dan nyaman
    Panel kayu memiliki warna alami yang memberikan kesan hangat dan nyaman di dalam rumah Anda. Selain itu, panel kayu juga dapat menyerap suara sehingga ruangan terasa lebih tenang.
  2. Lebih awet dan tahan lama
    Kayu memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca, sehingga panel kayu juga tahan lama dan awet. Anda tidak perlu khawatir panel kayu Anda akan rusak dalam waktu yang singkat.
  3. Lebih mudah dalam perawatan
    Panel kayu mudah dalam perawatannya. Anda hanya perlu membersihkannya secara berkala dengan kain lembut agar panel kayu tetap terlihat bersih dan terawat.
  4. Tampilan yang elegan dan klasik
    Menggunakan panel kayu memberikan tampilan yang elegan dan klasik di dalam rumah Anda. Warna kayu yang alami memberikan kesan yang berbeda dan membuat rumah Anda terlihat lebih hidup.

Menciptakan Mosaic Wall dari Pecahan Keramik

Menciptakan Mosaic Wall dari Pecahan Keramik

Jika Anda bosan melihat dinding rumah yang memiliki tampilan yang sama selama bertahun-tahun, pertimbangkanlah untuk menciptakan dinding mozaik menggunakan pecahan keramik. Selain tampilannya yang cantik, membuat dinding mozaik ini dapat membantu mengubah suasana di dalam ruangan tersebut. Bagi Anda yang suka berkarya dan berkreasi, cara ini dapat digunakan sebagai kesempatan untuk menampilkan keahlian Anda dalam seni mozaik.

  • Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya. Beberapa bahan yang bisa Anda persiapkan adalah pecahan keramik, lem tembak, spatula, gunting, kertas pasir, dan sealer. Selain itu, pastikan Anda memilih jenis keramik yang memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi, agar dapat memberikan tampilan yang menarik.
  • Jika Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dinding yang akan diberi mozaik. Pastikan dinding tersebut sudah bersih dan rata agar hasilnya maksimal. Setelah itu, gambarlah motif yang ingin dibuat pada dinding tersebut. Anda juga bisa mencoba membuat desain yang tidak terlalu rumit terlebih dahulu, agar lebih mudah dalam proses pembuatannya.
  • Setelah menyiapkan motifnya, langkah berikutnya adalah memotong keramik menjadi bentuk-bentuk kecil menggunakan gunting atau cutter. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan saat memotong keramik agar tidak terjadi luka. Selain itu, pastikan keramik yang sudah dipotong memiliki ukuran yang sama, agar tampilan mozaik menjadi lebih rapi dan indah.
  • Selanjutnya, Anda bisa menuangkan lem tembak pada spatula dan menempelkan pecahan keramik ke dinding sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Jika ada keramik yang rusak atau tidak terpasang dengan sempurna, Anda bisa menggunakan kertas pasir untuk menghaluskannya. Setelah semua keramik sudah ditempelkan dengan rapi, biarkan lem tembak mengering selama beberapa jam, atau mengikuti petunjuk pada kemasan lem tembak yang Anda gunakan.
  • Setelah lem tembak mengering, Anda bisa memberikan sealer pada mozaik agar tahan air dan terhindar dari kerusakan. Selain itu, sealer juga dapat memberikan efek mengkilap pada mozaik, sehingga tampilannya semakin cantik.

Menutup Dinding Jelek dengan Tanaman Hias

Menutup Dinding Jelek dengan Tanaman Hias

Memiliki ruangan dengan dinding yang jelek tentu akan membuat suasana ruangan menjadi tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi yang dapat dilakukan untuk menutup dinding jelek yaitu dengan menggunakan tanaman hias. Tanaman hias di samping dapat memberikan nuansa alami pada ruangan, juga dapat menjadi penutup dinding jelek yang cantik. Berikut beberapa pilihan tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk menutup dinding jelek.

1. Monstera

Tanaman hias Monstera merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat dan memiliki daun yang lebar dan indah. Keindahan tanah hias yang satu ini dapat membuat ruangan menjadi lebih segar dan menyegarkan mata. Untuk menutup dinding jelek dengan Monstera, Anda dapat meletakkannya di atas rak atau menggantungnya di dinding.

2. Kaktus

Selain Monstera, kaktus juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menutup dinding jelek. Kaktus dikenal memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda dan memiliki karakteristik yang tahan lama dan mudah dirawat. Anda dapat meletakkan kaktus pada keranjang gantung atau di tanah pot. Namun, pastikan untuk memilih kaktus yang sesuai dengan iklim dan kondisi tempat tinggal Anda.

3. Philodendron

Tanaman hias Philodendron memiliki daun yang indah dan tumbuh dengan cepat. Philodendron juga dapat mengatasi polutan udara di dalam ruangan seperti formaldehida, xylene, dan toluena. Untuk menutup dinding jelek menggunakan Philodendron, Anda dapat menempatkan tanaman ini di atas meja atau ditaruh di sudut ruangan.

4. Alocasia

Seperti Monstera, Alocasia merupakan tanaman hias yang memiliki daun besar dan dapat mempercantik ruangan. Alocasia juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman. Anda dapat menempatkan Alocasia di dalam pot besar dan memilih pot berbentuk unik untuk menambah kesan menarik pada ruangan.

5. Bromelia

Bromelia memiliki bentuk yang unik dan berwarna cerah sehingga cocok dijadikan hiasan pada ruangan. Tanaman ini juga dapat bertahan lama dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Anda dapat menempatkan pot Bromelia di atas meja ataupun di dinding yang kosong sehingga dapat menutupi dinding jelek.

Menghiasi Dinding dengan Koleksi Seni

Menghiasi Dinding dengan Koleksi Seni

Memiliki dinding jelek di rumah memang membuat suasana rumah terasa tidak nyaman dan membosankan. Namun, jangan khawatir karena ada solusi untuk menyulap dinding jelek menjadi lebih hidup dan menarik. Salah satunya adalah dengan menghiasi dinding dengan koleksi seni. Bagi sebagian orang, mungkin tidak menyadari betapa besar pengaruh lukisan, poster, atau dekorasi lainnya pada suasana ruangan. Koleksi seni bisa menjadi unsur yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai estetika dari sebuah rumah.

1. Lukisan Kanvas

Lukisan kanvas yang besar dapat menjadi fokal point atau titik pusat ruangan. Pilihan warna dan tema lukisan dapat disesuaikan dengan tema dekorasi rumah. Lukisan kanvas juga dapat menjadi media yang sangat baik untuk mengekspresikan sisi artistik dan kepribadian kamu.

2. Poster

Poster dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghiasi dinding dengan tema yang tidak terlalu serius. Pilihan poster pun cukup variatif, mulai dari poster film, poster musik, hingga poster motivasi. Pilihan poster yang tepat dapat meningkatkan energi positif ruangan.

3. Patung

Patung memiliki kondisi dan karakteristik yang berbeda-beda. Penempatan patung yang tepat dapat menciptakan nuansa yang berbeda dalam sebuah ruangan. Kamu dapat memilih patung dengan ukuran yang besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan ruangan. Patung juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan yang ingin memberikan kesan elegan dan mewah.

4. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghadirkan unsur estetika dengan sentuhan kearifan lokal. Beberapa kerajinan tangan seperti tas rajut, hiasan dinding, dan miniatur bisa menjadi pilihan untuk mempercantik dinding rumah. Kerajinan tangan juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan karya seni lain.

Menciptakan Illusi dengan Permainan Cahaya untuk Menyembunyikan Dinding Jelek

Menciptakan Illusi dengan Permainan Cahaya untuk Menyembunyikan Dinding Jelek

Ketika memiliki dinding dalam rumah yang tidak rapi atau dengan sisi yang tidak menarik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar dapat terlihat lebih baik. Salah satu cara adalah dengan menciptakan ilusi melalui permainan cahaya yang bisa menyembunyikan dinding jelek. Memasang lampu-lampu dengan menitikberatkan pada efek yang dihasilkan bisa sangat membantu dalam mengubah kamar yang tidak bersemangat menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa cara menciptakan ilusi melalui permainan cahaya agar kamu bisa menyembunyikan dinding jelek di rumahmi.

1. Lampu sorot

Lampu sorot bisa digunakan untuk menyoroti atau menonjolkan suatu kenampakan atau fitur tertentu dalam ruangan. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan cahaya yang berfokus pada bagian lain dalam ruangan agar dinding yang jelek menjadi kurang mencolok. Lampu sorot juga bisa digunakan untuk memunculkan bayangan pada dinding, sehingga memberikan kesan visual yang menarik.

2. Penerangan Strip

Penerangan strip adalah pilihan populer untuk membuat ilusi cahaya yang menakjubkan dalam ruangan. Kamu bisa memilih warna lampu yang berbeda-beda, serta menempatkannya pada berbagai sudut yang berbeda pada ruangan. Langit-langit atau bagian belakang meja malam juga menjadi tempat yang ideal untuk memasang penerangan strip.

3. Cahaya Neon

Cahaya neon sering digunakan untuk membuat tampilan yang kreatif pada rumah atau bisnis. Kamu bisa memilih kata-kata atau karakter yang unik sebagai jalur cahaya neon pada dinding. Penerangan neon pada dinding bisa menjadi perpaduan yang bagus dengan dinding yang memang sudah memiliki warna terang atau kontras.

4. Lampu Gantung

Jika kamu ingin cara yang lebih elegan atau formal dalam menciptakan permainan cahaya, pilihlah lampu gantung dengan bentuk dan gaya yang menarik. Lampu gantung sering menjadi fokus ruangan sehingga akan membantu mengalihkan perhatian dari dinding yang jelek.

5. Lampu Dinding

Lampu dinding adalah pilihan yang bagus untuk menambahkan efek biji-bijian pada dinding. Ada banyak jenis dan gaya lampu dinding yang dapat dipasang di ruangan mau pun di luar ruangan agar membantu memberikan ilusi seperti ruangan yang lebih luas. Kamu hanya perlu memastikan bahwa lampu tersebut tidak menjadi fokus utama sehingga perhatian tetap pada dinding yang menarik.

6. Lampu Meja

Lampu meja atau lampu bisa sangat membantu dalam menciptakan permainan cahaya dan bayangan di ruanganmu. Kamu bisa memilih untuk memasang lampu meja di sekitar sofa atau di sudut ruangan utama. Jika kamu memiliki meja kerja di ruangan, pasangkan lampu meja untuk bisa menyoroti bagian tertentu.

7. Lampu Tidur

Lampu tidur adalah pilihan yang bagus untuk memberikan nilai tambah pada dinding di kamar tidur. Kamu bisa memilih dari berbagai jenis lampu tidur, mulai dari yang lebih kecil dan diskret hingga yang lebih besar dan lebih mencolok. Jangan ragu untuk mengganti lampu tidur yang membosankan dengan yang lebih menyenangkan dan bersinar, sehingga dinding dalam kamar tidur mu terlihat lebih menarik.

8. Pemanfaatan Jendela

Jendela bisa menjadi sumber cahaya alami yang memainkan peran penting dalam menciptakan permainan cahaya dan bayangan di ruangan. Kamu bisa memasang gorden dengan warna terang atau bermain dengan tekstur kain sehingga semakin banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam ruangan. Kamu juga bisa memasang galeri atau hiasan pada jendela yang bisa meningkatkan fokus pada jendela dan mengalihkan perhatian dari dinding yang kurang menarik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah kita bahas bersama mengenai berbagai cara untuk menutup dinding jelek yang ada di rumah kita. Memang akan sangat merepotkan menutup dinding rumah yang jelek, untuk itu penting untuk di perhatikan untuk merawat tembok agar tidak menjadi jelek, menjaga agar acian tidak retak rambut, atau retak parah yang akan membuat mengeluarkan biaya untuk merenovasinya.

Dengan menutup dinding jelek, tentu akan memberikan hasil yang memuaskan dan meningkatkan nilai estetik dari ruangan. Namun, perlu diingat bahwa selain aspek visual, dinding juga dapat berfungsi sebagai pengatur suhu dan kebisingan dalam ruangan. Oleh karena itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam memilih opsi untuk menutup dinding.

Terakhir, semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam menemukan cara terbaik untuk menutup dinding jelek di rumah Anda. Selamat mencoba dan selamat berdekorasi!

Bagikan:

DekorumaShopee