DekorumaShopee

Cara Menghitung Genteng Metal Atap Limas, 100% Akurat

Cara Menghitung Genteng Metal Atap Limas

Cara Menghitung Genteng Metal Atap Limas – Cara menghitung genteng metal atap limas merupakan langkah yang penting dalam pemasangan atap di sebuah bangunan. Atap adalah komponen utama yang harus dijadikan prioritas dalam membangun sebuah rumah.

Memilih jenis atap yang tepat, menghitung kebutuhan atap, dan memasangnya dengan benar akan memastikan keamanan dan kenyamanan di dalam rumah. Genteng metal atap limas adalah salah satu jenis atap yang sedang populer.

Tidak hanya tahan lama dan mudah dipasang, tetapi genteng metal salah satu genteng terbaik termurah, lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Menghitung genteng metal atap limas bukanlah hal yang sulit, namun banyak orang yang masih kesulitan menghitungnya.

Oleh karena itu, para pembangun rumah dan pemilik rumah harus mengetahui cara menghitung genteng metal atap limas dengan benar untuk memastikan atap terpasang dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Berikut stkipmktb.ac.id telah merangkum Cara Menghitung Genteng Metal Atap Limas.

Pengenalan Genteng Metal Atap Limas

Pengenalan Genteng Metal Atap Limas

Genteng metal adalah salah satu jenis atap yang terbuat dari bahan logam, seperti baja ringan, aluminium, atau baja galvanis. Genteng metal atap limas sendiri merupakan salah satu jenis genteng yang sering digunakan untuk bangunan atap rumah, dengan bentuk atap yang menjulang ke atas seperti limasan tradisional.

TenzoLiving

Genteng metal atap limas memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan atap lainnya. Pertama-tama adalah ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, termasuk hujan deras, angin kencang, dan sinar UV. Selain itu, genteng metal atap limas juga lebih ringan daripada genteng keramik atau genteng beton, sehingga tidak membutuhkan struktur atap yang terlalu kuat.

Persiapan Sebelum Memasang Genteng

Jika Anda ingin memasang genteng metal atap limas, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum memasang genteng metal atap limas serta harga yang perlu disiapkan. Sehingga, Anda dapat memperkirakan anggaran yang diperlukan.

1. Ukur Luas Atap

Ukur Luas Atap

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memasang genteng metal atap limas adalah mengukur luas atap. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui berapa banyak genteng yang dibutuhkan, serta perkiraan biaya yang harus disiapkan. Anda dapat menggunakan penggaris atau tali untuk mengukur luas atap. Pastikan hasil pengukuran akurat agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan bahan saat memasang genteng.

2. Hitung Jumlah Genteng yang Dibutuhkan

Berdasarkan ukuran atap yang sudah diukur, Anda dapat menghitung jumlah genteng yang dibutuhkan untuk memasang genteng metal atap limas. Namun, ketahuilah bahwa jumlah genteng yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung dari jenis genteng yang digunakan serta pemakaian aksesoris seperti talang air dan pengaman sambungan genteng. Berikut rumus menentukan Jumlah Genteng.

Jumlah Genteng Metal = Luas Total Atap / (Ukuran Genteng * Kemampuan Penutupan)

Contoh :

Jumlah Genteng Metal = 44 meter persegi / (0,5 meter persegi/genteng * 2 genteng/meter persegi) Jumlah Genteng Metal = 44 meter persegi / (1 genteng/meter persegi) Jumlah Genteng Metal = 44 genteng

Jadi, Anda membutuhkan sekitar 44 genteng metal untuk menutupi atap limas.

3. Tentukan Ukuran Genteng

Setelah mengetahui jumlah genteng yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran genteng yang akan digunakan. Genteng metal atap limas memiliki berbagai ukuran, mulai dari 1,2 meter hingga 1,8 meter. Sebaiknya, pilih ukuran yang sesuai dengan ukuran atap Anda agar memudahkan saat memasang genteng dan menghindari kelebihan atau kekurangan bahan.

4. Pilih Jenis Genteng Metal Atap Limas

Ada beberapa jenis genteng metal atap limas yang tersedia di pasaran, seperti genteng zincalume, genteng galvalume, dan genteng metal pasir. Pilih jenis genteng yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Genteng zincalume dan galvalume memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi dan tahan lama, sedangkan genteng metal pasir memiliki tampilan yang lebih mirip dengan genteng keramik.

5. Siapkan Peralatan

Sebelum memasang genteng, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti gunting, bor, obeng, dan sejenisnya. Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri, seperti helm, kacamata, sarung tangan, dan sepatu khusus agar terhindar dari cedera saat memasang genteng.

6. Tentukan Anggaran yang Diperlukan

Jika Anda sudah melakukan semua persiapan di atas, maka yang terakhir adalah menentukan anggaran yang diperlukan untuk memasang genteng metal atap limas. Harga genteng metal atap limas bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran genteng yang dibeli. Namun, kemungkinan harga yang disiapkan berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per meter persegi. Selain itu, pastikan Anda juga menambahkan anggaran untuk aksesoris pendukung seperti talang air dan pengaman sambungan genteng.

Tahap Pemasangan Genteng Metal

Tahap Pemasangan Genteng Metal

Cara menghitung genteng metal atap limas telah kita bahas sebelumnya, namun tahap selanjutnya adalah pemasangan genteng tersebut. Pemasangan genteng metal atap limas memiliki beberapa tahap. Tahap ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati agar genteng terpasang dengan kuat dan kokoh. Sehingga genteng tidak mudah terlepas dan tahan lama dalam penggunaannya.

1. Penentuan Ukuran Batang

Penentuan ukuran batang ini merupakan tahap awal yang penting sebelum melakukan pemasangan genteng. Pengukuran ukuran batang harus disesuaikan dengan ukuran atap untuk memastikan kekuatan rangka atap. Setelah ukuran batang diputuskan, langkah selanjutnya adalah pelurusan rangka atap.

2. Pelurusan Rangka Atap

Pelurusan rangka atap harus dihitung dan dilakukan dengan teliti agar tidak menyebabkan kecacatan pada saat pemasangan nantinya. Dalam pelurusan rangka atap harus menggunakan alat yang tepat agar tenggum terlihat rata dan lurusat sebelum melakukan pemasangan genteng.

3. Pemasangan Papan Penutup Samping

Pada tahap ini, papan penutup samping harus dipasang pada rangka atap sebagai pengaman atap. Pemasangan papan penutup samping harus rapi dan kuat agar bisa menahanatap saat ada angin kencang atau badai.

4. Pasang Rak Genteng

Pasngan Rak Genteng merupakan langkah selanjutnya dalam pemasangan genteng. Rak genteng harus dipasang pada rangka atap dengan jarak yang tepat antara satu dengan yang lainnya.

5. Pemasangan Genteng Metal Atap Limas

Pada tahap ini, genteng metal atap limas harus dipasang dengan hati-hati dan teliti supaya tidak bergerak pada celah pada saat posisi sedang duduk atau berdiri. Pemasangan genteng harus rapi dan dirangkaikan dengan satu sama lainnya agar tidak terjadi goresan atau keretakan ketika digunakan dalam jangka waktu lama.

6. Pemasangan Turap dan Seles

Pemasangan turap dan seles sangatlah penting karena mampu menopang berat genteng, hujan dan segala cuaca yang mungkin terjadi. Turap dan seles harus dipasang kuat dan terpasang dengan rapi sehingga tidak mudah bergeser dan aman dari bahaya pencurian.

7. Penutupan Atap

Penutupan atap merupakan tahap akhir dari pemasangan genteng metal atap limas. Setelah semua genteng terpasang dan dirangkaikan dengan baik, Seles selanjutnya tutupi karat atau rak besi pada genteng sehingga terlihat rapi, aman dan enak dipandang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cara menghitung genteng metal atap limas dapat dilakukan secara mudah dan efektif dengan menggunakan rumus yang sudah terbukti. Anda hanya perlu mengukur luas atap, menentukan lebar lembaran genteng yang digunakan, dan menghitung jumlah keping genteng yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan untuk memperhitungkan kebutuhan aksesoris seperti palang, angin, dan juga perihal biaya yang diperlukan.

Meskipun genteng metal atap limas masih memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan genteng atap pada umumnya, tapi kelebihan yang diberikan jauh lebih banyak. Genteng metal atap limas memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap cuaca ekstrem, dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah, dan juga tampilannya lebih modern dan elegan. Menggunakan genteng metal atap limas juga dapat meningkatkan nilai estetika dan nilai jual dari properti Anda.

Secara keseluruhan, cara menghitung genteng metal atap limas merupakan langkah awal yang penting dalam proses pemasangan atap dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah secara tepat dan cermat untuk mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggunakan genteng metal atap limas.

Bagikan:

DekorumaShopee