DekorumaShopee

6 Cara Komplain Shopee Express: Lewat Call Center & Live Chat

Cara Komplain Shopee Express

Cara Komplain Shopee Express – Shopee Express, salah satu jasa pengiriman dari Shopee dimana kembali menuai kritik dari konsumennya. Banyak konsumen yang merasa kecewa dengan layanan tersebut, baik dari segi kecepatan pengiriman, keakuratan alamat, hingga kondisi barang yang rusak atau hilang.

Beberapa di antaranya mengeluhkan bahwa pengiriman paket mereka mengalami keterlambatan yang cukup signifikan, bahkan hingga selama seminggu lebih. Sementara itu, ada pula yang mengalami kendala dalam mengatur jadwal pengiriman karena kurir Shopee Express seringkali tidak memberikan konfirmasi mengenai waktu pengirimannya.

Tak hanya itu, beberapa konsumen juga mengeluhkan bahwa barang yang mereka terima dalam kondisi rusak atau bahkan hilang. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat merugikan bagi konsumen yang telah mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut. Namun itu bukan sebuah masalah karena terdapat cara komplain Shopee Express dapat dilakukan.

Meski telah mendapat banyak keluhan, pihak Shopee masih belum memberikan solusi yang memuaskan bagi konsumen yang merasa dirugikan oleh layanan Shopee Express ini. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat Shopee menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang seharusnya mampu memberikan layanan pengiriman berkualitas kepada konsumennya.

Mengenal Layanan Shopee Express

Shopee Express adalah salah satu layanan pengiriman yang dimiliki oleh Shopee, toko online terbesar di Indonesia bahkan tidak hanya itu saja kalian bisa menikmati beberapa layanan lain. Salah satu diantaranya pinjam uang di Shopee atau lebih dikenal dengan Shopee Pinjam, nantinya setiap pengguna bisa mengajukan dengan mudah.

TenzoLiving

Layanan ini dihadirkan untuk mempermudah beberapa hal yang sering ditemukan saat berbelanja online, diantaranya adalah keterlambatan pengiriman, kerusakan produk saat pengiriman, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan layanan Shopee Express, pembeli tidak perlu khawatir lagi dengan beberapa masalah yang sering terjadi saat belanja online.

Layanan Shopee Express beroperasi dari hari Senin hingga Minggu, dengan waktu pengiriman di antara pukul 08:00-21:00 WIB. Selain itu, Shopee Express memberikan layanan pengiriman dengan jangkauan yang sangat luas meliputi seluruh wilayah di Indonesia. Dengan demikian, para pembeli dapat mengirimkan atau membeli barang dari seluruh Indonesia dengan mudah dan cepat tanpa perlu khawatir tentang biaya pengiriman yang mahal.

Agar lebih jelas, berikut adalah tabel harga pengiriman Shopee Express:

BeratBerat DimensiHarga
1 kg19 x 11 x 6 cmRp6.900
2 kg27 x 19 x 8 cmRp8.900
5 kg35 x 25 x 15 cmRp10.900
10 kg45 x 32 x 20 cmRp15.900
15 kg50 x 40 x 25 cmRp23.900

Alasan Mengapa Bisa Terjadi Ketidaknyamanan

Alasan Mengapa Bisa Terjadi Ketidaknyamanan

Dengan biaya yang terjangkau dan waktu pengiriman yang relatif cepat, Shopee Express menjadi pilihan yang nyaman bagi para pembeli online. Namun, terkadang terdapat ketidaknyamanan yang dialami pada saat menggunakan layanan pengiriman ini. Apa saja alasan mengapa bisa terjadi ketidaknyamanan saat menggunakan Shopee Express? Berikut adalah penjelasannya:

1. Terjadi Gangguan Sistem

Satu alasan yang membuat Shopee Express bermasalah adalah adanya gangguan sistem yang terjadi pada setiap perusahaan. Apabila sistem bermasalah maka akan mempengaruhi dalam pengiriman barang bahkan bisa menyebabkan keterlambatan pengiriman barang. Kendala ini juga bisa menyebabkan terjadinya kesalahan sistem pada saat pengiriman.

2. Masalah pada Kurir

Salah satu hal penting yang menjadi kunci dalam proses pengiriman adalah kurir. Dalam kasus Shopee Express, terkadang akan terjadi kesalahan dalam hal pengiriman barang yang disebabkan oleh oknum kurir yang kurang bertanggung jawab. Ada yang melaporkan bahwa kurir malah meminta biaya tambahan saat pengiriman sampai kurir tidak mengantarkan barang hingga alamat yang seharusnya.

Namun, hal ini juga bisa terjadi akibat kurir yang kelebihan bekerja dan tidak mencari jalan keluar untuk mengatasi penumpukan barang, sehingga kurir terkadang mencari jalan keluar dengan tidak mengirimkan barang ke alamat yang seharusnya.

3. Kurangnya Informasi Pada Pengiriman

Selain masalah diatas, terkadang terdapat ketidaknyamanan yang terjadi karena informasi mengenai pengiriman barang yang tidak lengkap atau kurang jelas. Misalnya saja kurir tidak memberikan informasi tentang status barang, nomor resi pengiriman yang tidak akurat, dan lain sebagainya.

4. Tidak Sesuai dengan Kondisi Barang

Masalah pengiriman yang paling sering terjadi adalah barang yang rusak atau cacat saat sampai di rumah pembeli. Hal ini bisa terjadi akibat kurir yang tidak hati-hati dalam mengirimkan barang. Namun, hal ini juga sering terjadi karena kurangnya pengemasan dan perlindungan untuk barang yang dikirimkan.

Dikarenakan masalah yang terjadi, maka dibutuhkan langkah-langkah yang efektif untuk mengatasinya. Namun sebelum melakukan komplain, sangat disarankan untuk mengecek dan membaca ketentuan yang diberikan oleh Shopee Express.

Pelanggan sebagai pihak yang merasakan ketidaknyaman pada layanan Shopee Expres dapat langsung melakukan komplain melalui aplikasi Shopee. Berikut adalah kebijakan komplain Shopee Express:

Cara Komplain di Shopee Expresss

Cara Komplain di Shopee Expresss Taerbaru

Shopee adalah salah satu platform e-commerce terpopuler di Indonesia. Melalui aplikasi Shopee, pengguna dapat melakukan berbagai macam pembelian secara online seperti barang elektronik, produk kecantikan, makanan, dan masih banyak lagi. Shopee juga menyediakan jasa pengiriman sendiri, yaitu Shopee Express. Namun, terkadang pengiriman barang menggunakan Shopee Express tidak berjalan dengan lancar sehingga memicu pengguna untuk mengajukan komplain. Berikut adalah prosedur dan cara mengajukan komplain di Shopee.

1. Cek Status Pengiriman

Sebelum mengajukan komplain, pastikan untuk memeriksa status pengiriman barang terlebih dahulu di aplikasi Shopee. Cek apakah sudah sampai di kota tujuan atau masih dalam proses pengiriman. Jika sudah sampai, akan muncul notifikasi di aplikasi. Namun, jika barang masih dalam proses pengiriman, bersabarlah sejenak dan tunggu sampai batas waktu pengiriman selesai.

2. Komplain via Aplikasi Shopee

Jika batas waktu pengiriman telah berakhir dan barang belum sampai, maka pengguna dapat langsung mengajukan komplain menggunakan aplikasi Shopee. Pilih menu “Order Saya” lalu pilih pesanan yang akan di-komplain dengan menekan tombol “Terima”. Kemudian, pilih opsi “Hubungi Penjual” lalu pilih “Komplain Barang Tidak Sampai”. Lengkapi formulir komplain dan lampirkan bukti foto pengiriman dan bukti transfer.

3. Komplain via Live Chat

Jika pengguna mengalami kesulitan dalam mengajukan komplain melalui aplikasi Shopee, pengguna dapat mencoba menghubungi customer service Shopee melalui fitur live chat pada aplikasi Shopee. Caranya dengan membuka aplikasi Shopee, lalu melakukan login dan mencari fitur “Live Chat”. Kemudian ikuti tahapan berikutnya dan lengkapi formulir live chat. Sebaiknya komplain dilakukan sesegera mungkin agar keluhan dapat secepatnya ditindaklanjuti oleh pihak Shopee.

4. Tunggu Tanggapan dari Pihak Shopee

Setelah mengajukan komplain, pengguna harus bersabar menunggu tanggapan dari pihak Shopee. Pihak Shopee akan menindaklanjuti permintaan komplain dan memberikan solusi yang terbaik. Terkadang pengguna diminta untuk menunggu sejenak, sementara pihak Shopee melakukan verifikasi terhadap permohonan komplain pengguna.

5. Lihat Tabel Bukti dan Tarif Komplain Shopee Express

Jika pengajuan komplain pengguna diterima, pengguna harus mengikuti panduan yang diberikan oleh pihak Shopee. Terkadang pihak Shopee meminta pengguna untuk mengirimkan bukti foto seperti resi pengiriman dan bukti transfer, sebagai bukti atas kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman barang tersebut melalui Shopee Express. Berikut adalah tabel bukti dan tarif komplain Shopee Express:

Lama Waktu Tunggu Respon dari Pihak Shopee

Jika Anda mengalami masalah dengan pesanan melalui layanan Shopee Express, Anda bisa menggunakan fitur mengajukan komplain pada aplikasi Shopee. Namun, banyak yang tidak puas dengan lamanya waktu yang diperlukan untuk mendapatkan respon dari pihak Shopee.

Berdasarkan pengalaman para pengguna Shopee, waktu tunggu respon dari pihak customer service Shopee Express bisa bervariasi mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Hal ini tentu sangat menjengkelkan bagi pelanggan yang sedang dalam kondisi mendesak atau keberatan serius dengan layanan pengiriman yang mereka terima.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan lamanya waktu tunggu respon dari pihak Shopee berdasarkan review pengguna:

Jumlah HariPresentase Review
1 hari40%
2-3 hari35%
4-5 hari15%
Lebih dari 5 hari10%

Sebenarnya, perlu diingat bahwa waktu respon juga bisa bervariasi tergantung dari tingkat kesulitan komplain yang diajukan. Namun, sebagai sebuah platform besar, Shopee seharusnya memiliki sistem customer service yang lebih baik untuk lebih memprioritaskan kepuasan pelanggannya.

Jika Anda mengalami keterlambatan respon yang terlalu lama, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah Anda, yaitu:

  • Menulis ulasan di toko penjual
  • Mengirimkan pesan pada fitur “Bantuan” di aplikasi supaya dapat langsung dihubungi
  • Menghubungi call center di nomor 1500700 atau lewat email ke support@shopee.co.id

Kesimpulannya, lamanya waktu tunggu respon dari pihak Shopee masih menjadi masalah yang sering dialami oleh pengguna. Oleh karena itu, Shopee seharusnya memperbaiki sistem customer servicenya agar lebih memprioritaskan kepuasan pelanggannya. Namun, sebagai pelanggan, kita juga bisa melakukan beberapa cara untuk menyelesaikan masalah kita jika mengalami keterlambatan respon yang terlalu lama.

Penyelesaian Masalah dan Tindakan yang Dapat Dilakukan

Shopee Express merupakan salah satu fitur dari Shopee yang memungkinkan para penjual untuk mengirimkan barang ke pembeli secara cepat dan aman. Namun, terkadang ada saja masalah yang terjadi pada saat pengiriman yang membuat pembeli harus melakukan komplain. Apabila Anda mengalami masalah dengan pengiriman menggunakan Shopee Express, berikut adalah beberapa penyelesaian masalah dan tindakan yang dapat dilakukan:

Hilang atau Rusak

Jika barang yang Anda terima hilang atau rusak, segera hubungi Shopee. Shopee akan membantu untuk menyelesaikan masalah dengan pihak kurir, dan akan mengembalikan uang Anda penuh jika solusi tidak dapat ditemukan. Berikut adalah harga yang akan dikembalikan:

Jenis BarangHarga yang Dikembalikan
Barang berharga Rp 1 juta ke atasPenuh
Barang antara Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta90% dari harga
Barang di bawah Rp 100 ribu80% dari harga

Terlambat

Jika barang yang Anda pesan belum sampai setelah melewati batas waktu yang ditentukan, seperti tanggal pengiriman yang dijanjikan atau batas waktu pengiriman, hubungi Shopee. Shopee akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini dan akan menindaklanjuti pihak kurir. Jika solusi belum dapat ditemukan, Anda akan menerima uang kembali. Berikut adalah harga yang akan dikembalikan:

Jenis BarangHarga yang Dikembalikan
Barang berharga Rp 1 juta ke atasPenuh
Barang antara Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta90% dari harga
Barang di bawah Rp 100 ribu80% dari harga

Tidak Sesuai

Jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang Anda pesan, seperti warna atau ukuran yang salah, maka segera hubungi Shopee. Shopee akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini, namun perlu diketahui bahwa harga barang akan dikembalikan dengan kondisi yang sama seperti saat barang diterima. Berikut adalah harga yang akan dikembalikan:

Jenis BarangHarga yang Dikembalikan
Barang berharga Rp 1 juta ke atasPenuh
Barang antara Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta90% dari harga
Barang di bawah Rp 100 ribu80% dari harga

Tips Kirim Paket Barang

Setiap pelanggan tentu ingin produk yang dipesan tiba dengan sempurna dan tepat waktu. Namun, terkadang kita bisa mengalami masalah dalam pengiriman, terutama jika produk tersebut dikirim menggunakan jasa pengiriman Shopee Express. Namun, jangan khawatir, karena kami memiliki tips agar kamu tidak mengalami masalah yang sama ketika melakukan pengiriman selanjutnya. Berikut beberapa tip yang bisa kamu ikuti:

1. Cek ulang alamat pengiriman

Alamat pengiriman yang salah sering menjadi penyebab terlambatnya pengiriman. Sebelum melakukan pengiriman produk, pastikan kembali alamat penerima yang tertera di halaman transaksi kamu sudah benar dan detail. Pastikan juga nomor telepon penerima yang tertera dalam pengiriman sudah benar dan aktif.

2. Pilih paket pengiriman yang tepat

Setiap jasa pengiriman memiliki tarif dan layanan yang berbeda-beda. Pilihlah paket pengiriman yang sesuai dengan kebutuhanmu agar produk yang kamu kirimkan sampai dengan tepat waktu dan aman.

3. Pastikan produk terlindungi

Sebelum kamu mengirimkan produk, pastikan produk tersebut terlindungi dengan baik dan aman dari kerusakan saat pengiriman. Bungkus produk yang kamu kirimkan dengan bahan yang aman dan tebal untuk melindungi produk dari benturan atau guncangan saat pengiriman.

4. Perhatikan batas waktu pengiriman

Shopee Express menawarkan jangka waktu pengiriman yang berbeda-beda sesuai dengan paket pengirimannya. Pastikan kamu memahami batas waktu pengiriman dari produk yang kamu kirimkan dan pastikan kamu mengirimkan produkmu sebelum batas waktu tersebut.

5. Batasi ukuran dan berat barang

Batasi ukuran dan berat barang yang kamu kirimkan agar tidak melebihi kapasitas dari jasa pengirimannya. Jangan sampai kamu terkena biaya tambahan yang tidak diinginkan karena produkmu melebihi kapasitas yang ditetapkan.

6. Pantau pengirimanmu

Setelah kamu melakukan pengiriman produk, jangan lupa untuk memantau status pengirimannya secara berkala. Dengan memantau pengirimanmu, kamu bisa mengetahui posisi produkmu dan apakah sudah sampai ke alamat penerima atau belum.

7. Segera lakukan komplain jika terjadi masalah

Jika kamu mengalami masalah dalam pengiriman produk, seperti produk tidak kunjung sampai atau barang yang diterima dalam kondisi rusak, segera lakukan komplain pada Shopee melalui aplikasi atau website. Dengan melaporkan masalahmu, pihak Shopee akan segera menyelesaikan dan memberikan solusi yang tepat untukmu.

8. Pilih jasa pengiriman yang dapat diandalkan

Tips terakhir adalah memilih jasa pengiriman yang dapat diandalkan dan terpercaya. Sebelum kamu memilih jasa pengiriman, pastikan kamu melakukan riset dan mengecek reputasi dari jasa pengirimannya terlebih dahulu. Dengan memilih jasa pengiriman yang terpercaya, kamu bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah saat pengiriman produk.

Akhir Kata

Dengan melakukan beberapa tips di atas, kamu bisa mengurangi kemungkinan terjadinya masalah dalam pengiriman produkmu melalui jasa pengiriman Shopee Express. Selain itu, pastikan kamu juga memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan memiliki harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk selalu memantau status pengirimanmu secara berkala dan segera lakukan komplain jika terjadi masalah dalam pengiriman, semoga artikel dari Stkipimktb.ac.id bisa membantu.

Bagikan:

DekorumaShopee