Cara Instal Dapodik Versi Terbaru : Syarat, Pengertian & Fitur

Cara Instal Dapodik

Cara Instal Dapodik – Dapodik, aplikasi pendataan pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini semakin diperbarui. Terbaru, aplikasi yang dikenal dengan Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan ini memiliki fitur yang lebih lengkap, serta dengan tampilan baru yang lebih modern.

Bagi tenaga pendidik di Indonesia, cara instal Dapodik ini cukup penting untuk dipasang. Sebab, aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran data guru, data siswa, serta data lembaga pendidikan.

Namun, banyak yang masih kesulitan dalam menginstall aplikasi Dapodik ini pada perangkat mereka. Hal ini disebabkan karena aplikasi Dapodik ini memiliki beberapa tahap dalam penginstallasiannya. Oleh karena itu, kami akan memberikan tutorial cara instal dapodik yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pengguna bisa melakukan pendataan dengan lebih mudah dan cepat. Sebagai aplikasi pendataan pendidikan terdepan, Dapodik memiliki banyak fitur dan kelebihan yang sangat berguna bagi tenaga pendidik di Indonesia. Berikut stkipmktb.ac.id telah merangkum bagai mana Cara Instal Dapodik.

Pengertian dan Tujuan Instalasi Dapodik

Syarat dan Persiapan Instalasi Dapodik

Dapodik terdiri dari singkatan dari Data Pokok Pendidikan atau dapodik merupakan aplikasi database yang dibuat oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini berfungsi untuk mencatat data pendidikan yang berhubungan dengan siswa, guru, dan lembaga pendidikan.

Tujuan dari instalasi dapodik ini adalah untuk membantu proses pendataan pendidikan yang lebih mudah dan efisien bagi setiap lembaga pendidikan. Penggunaan dapodik juga akan membantu pemerintah dalam memonitoring hasil pendidikan yang ada di Indonesia.

Dalam upaya membantu lembaga pendidikan dalam penggunaan dapodik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah meluncurkan berbagai pelatihan dan bantuan teknis untuk menjawab setiap kendala atau masalah yang mungkin timbul dalam proses instalasi dan penggunaan dapodik.

Syarat dan Persiapan Instalasi Dapodik

Sebelum melakukan instalasi Dapodik, ada beberapa syarat dan persiapan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut meliputi:

  1. Menggunakan Sistem Operasi Windows
  2. Memiliki akses internet
  3. Memiliki perangkat lunak pendukung seperti Microsoft Office dan Adobe Reader
  4. Hardware yang digunakan memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan instalasi, diantaranya:

  1. Menyiapkan installer Dapodik versi terbaru, bisa didownload di laman resmi Dapodik Kemdikbud
  2. Menyiapkan Koneksi internet yang stabil dan cepat
  3. Membackup database Dapodik sebelumnya (jika pernah memakai Dapodik sebelumnya)
  4. Menghapus software Dapodik yang sebelumnya terinstall (jika ada)
  5. Menghapus file-folder sampah di komputer

Setelah melakukan proses persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Dapodik. Pastikan semua persiapan telah dilakukan dengan baik dan benar agar proses instalasi bisa berjalan dengan lancar.

Langkah-langkah Instalasi Dapodik Versi Terbaru di Komputer

Langkah langkah Instalasi Dapodik Versi Terbaru di Komputer

Aplikasi ini sangat berguna bagi guru dan tenaga pendidik untuk mengumpulkan dan memperbarui data siswa, tenaga pendidik, kurikulum, dan sarana prasarana sekolah. Oleh karena itu, cara instalasi Dapodik di komputer sangat penting agar pengelolaan data pendidikan dapat dilakukan dengan mudah dan akurat. Berikut adalah langkah-langkah instalasi Dapodik di komputer:

1. Unduh Aplikasi Dapodik

Unduh aplikasi Dapodik terbaru di situs resmi Kemendikbud. Pastikan mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi komputer yang digunakan. Setelah unduhan selesai, buka file installer yang telah diunduh dengan mengklik dua kali pada file tersebut.

2. Persiapan Instalasi

Sebelum melanjutkan instalasi, pastikan bahwa komputer terhubung dengan jaringan internet dan sudah memenuhi persyaratan sistem seperti sistem operasi yang sesuai, RAM minimal dua gigabyte, dan ruang penyimpanan minimal lima gigabyte. Kemudian klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi.

3. Pengaturan Database

Selanjutnya, pengguna diharuskan untuk menyiapkan database Dapodik. Pengguna dapat memilih membuat database baru atau menggunakan database yang sudah ada dengan mengisi kolom nama database, nama server, nama instance, dan port. Setelah semua kolom terisi, klik “Test Koneksi” untuk memeriksa koneksi. Jika koneksi berhasil, klik “Next” untuk melanjutkan instalasi.

4. Konfigurasi Aplikasi

Pada tahap ini, pengguna dapat mengisi informasi pengguna seperti nama pengguna, password, dan email untuk digunakan sebagai identitas saat masuk ke aplikasi Dapodik. Kemudian, pilih jenis sekolah, kode wilayah provinsi dan kabupaten/kota, serta jenjang pendidikan yang dilaksanakan. Setelah semua kolom terisi, klik “Next” untuk melanjutkan.

5. Proses Instalasi dan Aktivasi

Setelah selesai mengkonfigurasi aplikasi, klik “Install” untuk memulai proses instalasi. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Jika muncul pilihan untuk mengaktifkan aplikasi Dapodik, klik “Yes”. Kemudian, masukkan kode aktivasi yang diberikan oleh Kemendikbud. Setelah itu, klik “OK” untuk menutup jendela konfirmasi aktivasi.

6. Menggunakan Aplikasi Dapodik

Setelah instalasi dan aktivasi selesai dilakukan, pengguna dapat mulai menggunakan aplikasi Dapodik untuk mengelola data pendidikan sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing. Pengguna dapat masuk ke aplikasi dengan menggunakan nama pengguna dan password yang telah diatur pada tahap 4 di atas.

Tampilan Antarmuka Instalasi Dapodik

Namun, sebelum memulai instalasi dapodik, pastikan bahwa sistem operasi PC atau laptop yang digunakan telah dipenuhi oleh persyaratan dapodik.

Setelah itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file instalasi dapodik dari website resmi Kemendikbud. Setelah selesai mengunduh, ikuti langkah-langkah berikut untuk memasang dapodik di PC atau laptop:

  1. Buka file instalasi dapodik yang sudah terunduh
  2. Akan muncul tampilan antarmuka seperti gambar di atas
  3. Klik tombol “Next” pada tampilan tersebut
  4. Pilih jenis instalasi yang ingin dilakukan (instalasi baru atau update)
  5. Ubah lokasi instalasi dapodik jika diperlukan
  6. Pilih menu “Next”
  7. Tunggu hingga instalasi dapodik selesai
  8. Setelah proses instalasi selesai, buka dapodik dan lakukan konfigurasi sesuai kebutuhan institusi pendidikan

Di dalam dapodik terdapat menu-menu yang dapat membantu pengguna untuk mengakses informasi yang diinginkan dengan mudah. Berikut adalah beberapa menu yang ada pada antarmuka dapodik:

Nama MenuFungsi
DashboardMenampilkan informasi statistik mengenai data siswa dan guru
SiswaMenampilkan informasi mengenai data seluruh siswa di institusi pendidikan
GuruMenampilkan informasi mengenai data seluruh guru di institusi pendidikan
KelasMenampilkan informasi mengenai data seluruh kelas di institusi pendidikan
AbsensiMengelola data absensi siswa dan guru
NilaiMengelola data nilai siswa
Rekapitulasi NilaiMenampilkan rekapitulasi nilai siswa

Konfigurasi Database Dapodik

Setelah menginstal Dapodik, tahap selanjutnya adalah melakukan konfigurasi database. Konfigurasi database bertujuan untuk koneksi antara aplikasi Dapodik dengan database utama. Adapun tahap-tahap konfigurasi database adalah sebagai berikut:

1. Install dan Konfigurasi Database MySQL

Pertama-tama, pastikan kalian sudah menginstal dan mengkonfigurasi database MySQL pada sistem operasi yang digunakan. Jika belum, silakan download dan ikuti petunjuk instalasi dari laman MySQL resmi.

2. Membuat Database Dapodik

Setelah MySQL terinstal, selanjutnya membuat database Dapodik di MySQL menggunakan perintah SQL:

CREATE DATABASE namadatabase CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

Disarankan untuk menggunakan nama dapodikdb sebagai nama database Dapodik.

3. Impor Database Dapodik

Setelah itu, impor database Dapodik dari file dapodik.sql yang terdapat pada folder instalasi Dapodik. Impor dapat dilakukan melalui command-line atau menggunakan fasilitas import yang terdapat pada aplikasi PHPMyAdmin. Pastikan telah memilih database yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.

4. Konfigurasi Database Dapodik pada Aplikasi

Setelah database Dapodik berhasil diimporm, selanjutnya lakukan konfigurasi pada aplikasi Dapodik. Buka aplikasi Dapodik dan pilih menu Database. Isi kolom-kolom yang sesuai dengan konfigurasi database MySQL pada sistem operasi kalian.

5. Melakukan Uji Koneksi

Setelah melakukan konfigurasi database, pastikan bahwa koneksi antara aplikasi Dapodik dan database telah berjalan dengan baik. Caranya adalah dengan menguji koneksi menggunakan tombol Uji Koneksi. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi bahwa koneksi telah berhasil dibuat. Namun, jika tidak berhasil, cek kembali konfigurasi database pada tahap sebelumnya.

Fitur – Fitur Terbaru Aplikasi Dapodik

Fitur Fitur Terbaru Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik memiliki berbagai fitur yang dirancang untuk membantu pengumpulan, pengelolaan, dan pemantauan data pokok pendidikan di sekolah. Beberapa fitur utama dari aplikasi Dapodik antara lain:

  1. Pengelolaan Data Sekolah: Aplikasi Dapodik memungkinkan pengguna untuk mengelola data sekolah, seperti informasi identitas sekolah, alamat, akreditasi, dan data lainnya terkait profil sekolah.
  2. Pengelolaan Data Siswa: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola data siswa, termasuk informasi pribadi siswa, kelas, tingkat pendidikan, dan status keaktifan siswa.
  3. Pengelolaan Data Guru: Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengelola data guru, seperti informasi pribadi, Mengisisi Riwayat Karir Guru di Dapodik, kualifikasi pendidikan, jabatan, dan status keaktifan guru.
  4. Pengelolaan Data Tenaga Kependidikan: Selain siswa dan guru, Dapodik juga memungkinkan pengguna untuk mengelola data tenaga kependidikan di sekolah, termasuk pegawai administrasi dan staf lainnya.
  5. Monitoring Kehadiran Siswa: Aplikasi ini menyediakan fitur untuk memantau kehadiran siswa di sekolah, sehingga dapat membantu pengguna dalam mengelola absensi siswa.
  6. Penilaian dan Raport Siswa: Dapodik juga dilengkapi dengan fitur untuk mengelola data penilaian siswa dan pembuatan raport siswa secara digital.
  7. Manajemen Program Pendidikan: Aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam mengelola program pendidikan, termasuk data kurikulum, mata pelajaran, dan jadwal pelajaran.
  8. Pelaporan Data Pendidikan: Aplikasi Dapodik memungkinkan pengguna untuk melaporkan data pendidikan secara periodik sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan pemerintah.
  9. Integrasi dengan Basis Data Kemdikbud: Data yang terkumpul melalui Dapodik dapat diintegrasikan dengan basis data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sehingga dapat mendukung pengambilan kebijakan pendidikan secara nasional.

Penyelesaian Masalah pada Instalasi Dapodik

Dalam beberapa kasus, pengguna yang ingin menginstal Dapodik menghadapi masalah teknis. Sebelum melanjutkan instalasi, ada baiknya memeriksa apakah spesifikasi perangkat memenuhi persyaratan Dapodik. Namun, jika sudah memenuhi syarat dan masih ada masalah, Anda dapat mencoba beberapa solusi yang dapat membantu menyelesaikan masalah instalasi Dapodik.

1. Kesalahan pada Sistem Operasi

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika menginstal Dapodik adalah kesalahan pada sistem operasi. Pastikan Anda telah menginstal sistem operasi yang kompatibel. Jika masih ada masalah, Anda dapat mencoba memperbarui sistem operasi secara manual atau membawa perangkat ke penjual.

2. Kebutuhan Perangkat Keras

Dapodik memiliki kebutuhan hardware yang tinggi, termasuk ukuran RAM dan prosesor. Jika terdapat masalah dengan instalasi, Anda cek kembali spesifikasi perangkat keras Anda terlebih dahulu. Jika tidak memenuhi syarat, maka pertimbangkan untuk memperbarui perangkat keras Anda terlebih dahulu.

3. Disarankan untuk Menonaktifkan Antivirus

Instalasi Dapodik mungkin akan dianggap berbahaya oleh program antivirus Anda, oleh sebab itu disarankan untuk menonaktifkan program antivirus terlebih dahulu, kemudian lakukan instalasi. Setelah instalasi selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali program antivirus tersebut.

4. Memperbarui Java Runtime Environment

Dalam beberapa kasus, masalah instalasi yang Anda alami adalah karena Java Runtime Environment yang tidak terbaru. Pastikan Anda telah memperbarui Java Runtime Environment ke versi terbaru, dan kemudian coba instal Dapodik lagi.

5. Gagal Membuka Situs

Jika Anda mengalami kesulitan membuka situs resmi Dapodik, Anda dapat mencoba membuka situs resmi dari komputer lain atau membuka situs itu melalui aplikasi prxy. Perbarui juga aplikasi browser Anda atau gunakan aplikasi browser lain seperti Google Chrome atau Firefox untuk memastikan situs resmi Dapodik terbuka dengan benar.

6. Menghapus Versi Lama

Jika Anda pernah menginstal Dapodik sebelumnya, terkadang akan muncul kesalahan saat menginstal versi yang lebih baru. Pastikan Anda telah menghapus semua versi lama dari Dapodik sebelum menginstal yang terbaru.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cara instal Dapodik sangatlah penting untuk dilakukan agar para guru dan sekolah dapat melaporkan data siswa dengan mudah dan akurat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, diharapkan guru dan sekolah dapat lebih efektif dalam melaksanakan tugas-tugas mereka.

Selain itu, kesempurnaan dalam pelaporan data siswa dapat membantu pemerintah untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam menyusun kebijakan pendidikan. Namun begitu, perlu diketahui bahwa cara instal Dapodik, mungkin saja mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah atau developer Dapodik itu sendiri. Oleh karena itu, para guru dan sekolah harus selalu mengikuti perkembangan terbaru yang terkait dengan Dapodik.

Bagikan: