Insureka1

7 Cara Cek Resi Cargo Shopee dengan Mudah dan Praktis

Cara Cek Resi Cargo Shopee

Cara Cek Resi Cargo Shopee – Semakin berkembangnya zaman, teknologi modern juga semakin memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi saat ini adalah kemudahan dalam melakukan transaksi online. Sekarang ini, kita dapat membeli berbagai barang dari mana saja dan kapan saja tanpa harus keluar rumah. Salah satu platform e-commerce yang terkenal di Indonesia adalah Shopee.

Shopee menyediakan berbagai macam produk yang dapat dibeli secara online, termasuk produk logistik. Saat membeli produk dengan menggunakan Shopee, akan diberikan nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak barang pesanan. Namun, terkadang terdapat kebingungan bagi beberapa pengguna Shopee dalam melakukan pengecekan resi.

Untuk membantu pengguna di Indonesia yang bingung dalam melakukan pengecekan resi, Shopee menyediakan fitur cara cek resi cargo shopee. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi lengkap mengenai status pengiriman barang pesanan mereka.

Selain dipermudah ketika melakukan cek resi Shopee Express, konsumen bisa ajukan komplain Shopee Express dengan beberapa cara, salah satunya call center. Apabila ingin mengetahui informasi lebih lengkap akan pembahasan kali ini, silahkan simak ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

Mengenal Shopee Express sebagai Layanan Pengiriman

Shopee Express adalah layanan pengiriman yang disediakan oleh Shopee, sebuah platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Layanan pengiriman ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih nyaman dan cepat bagi pengguna Shopee. Dengan Shopee Express, pengguna dapat dengan mudah melacak status pengiriman paket mereka serta memastikan bahwa paket tersebut sampai di tangan mereka dengan aman dan tepat waktu.

Insureka

Shopee Express menawarkan berbagai pilihan menarik untuk pengirimannya seperti pengiriman Sameday atau pengiriman harian dari Senin hingga Minggu. Kurir pengiriman Shopee Express mengambil paket secara langsung dari penjual dan menyerahkan paket ke penerima dengan keamanan terjamin.

Layanan pengiriman ini tersedia di lebih dari 200 kota di Indonesia dan terus berkembang. Untuk harga pengiriman, Shopee Express menetapkan tarif yang berbeda-beda tergantung berat, ukuran maupun jarak pengiriman.

Pengguna dapat memilih jasa pengiriman Shopee Express ketika melakukan pembelian pada toko-toko yang terdaftar di Shopee. Setelah melakukan pembelian, pengguna dapat melacak status pesanan mereka dengan mudah di aplikasi Shopee. Apabila terdapat kendala pada proses pengiriman, pengguna juga dapat menghubungi Shopee Customer Service melalui chat dalam aplikasi.

Cara Cek Resi Cargo Shopee

Cara Cek Resi Cargo Shopee Lewat Aplikasi

Banyak pengguna disana masih bingung ketika ingin melakukan cek resi Shopee Express. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap dapat simak langsung sebagai berikut.

1. Masuk ke aplikasi Shopee

Untuk melakukan pengecekan resi, pertama-tama perlu masuk ke aplikasi Shopee. Caranya cukup mudah, cukup memberikan informasi login yang telah terdaftar. Setelah masuk, akan melihat berbagai menu yang tersedia di aplikasi Shopee.

2. Pilih Menu Pesanan Saya

Setelah berhasil masuk ke aplikasi Shopee, selanjutnya perlu memilih menu Pesanan Saya. Menu ini berisi daftar pesanan yang telah lakukan. Dalam daftar pesanan tersebut, bisa mencari pesanan yang ingin lacak pengirimannya. Setelah menemukannya, klik pada pesanan yang cari.

3. Pilih Detail Pesanan

Setelah klik pesanan yang ingin dilacak, akan masuk ke halaman Detail Pesanan. Di halaman ini, akan menemukan berbagai informasi mengenai pesanan yang lakukan, seperti tanggal pemesanan, total pembelian, serta status pengiriman.

4. Klik Tombol Cek Resi Cargo Shopee

Setelah memeriksa semua informasi di halaman Detail Pesanan, selanjutnya perlu mencari tombol Cek Resi Cargo Shopee. Tombol ini biasanya tersedia di bagian bawah halaman Detail Pesanan. Klik tombol ini untuk melanjutkan proses pengecekan resi.

5. Masukkan Nomor Resi

Setelah mengklik tombol Cek Resi Cargo Shopee, selanjutnya diminta untuk memasukkan nomor resi yang telah diberikan oleh pihak Shopee. Pastikan nomor resi yang masukkan benar, agar proses pengecekan bisa dilakukan dengan tepat.

6. Klik Tombol Cari

Setelah memasukkan nomor resi yang benar, selanjutnya klik tombol Cari. Kemudian, sistem akan melakukan proses pencarian dan menampilkan hasil pengecekan resi.

7. Cek Informasi yang Ditampilkan

Setelah menekan tombol Cari, informasi mengenai status pengiriman barang pesanan akan muncul di layar gadget. Pastikan memeriksa semua informasi dengan seksama.

Panduan Menemukan Nomor Resi Shopee

Panduan Menemukan Nomor Resi Shopee

Jika kamu berbelanja online melalui Shopee, tentu kamu perlu melacak barangmu. Nah, kamu bisa menemukan nomor resi (nomor pengiriman) pada aplikasi Shopee. Berikut panduan untuk menemukannya:

1. Buka aplikasi Shopee

Pada tab paling bawah, kamu akan melihat menu “Saya”. Klik di sana.

2. Pilih “Pembelian Saya”

Setelah membuka menu “Saya”, kamu akan melihat beberapa pilihan. Klik “Pembelian Saya”.

3. Pilih barang yang ingin dilacak

Di sini, kamu akan melihat daftar pembelianmu. Pilih barang yang ingin kamu lacak nomor resinya. Kemudian, klik di sana untuk membukanya.

4. Temukan nomor resi

Nomor resi akan terletak di bagian bawah dalam kotak biru. Kamu bisa menyalin nomor resi tersebut dan mencoba melacaknya dengan jasa pengiriman yang dipilih oleh penjual, misalnya di JNE, J&T, atau Pos Indonesia.

Tarif Pengiriman Shopee Express

Berikut adalah tabel harga pengiriman di Shopee. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di help.shopee.co.id:

Berat (gram)RegulerFast DeliveryInstant
1 – 1.000Rp 7.500Diluar jam kerjaDiluar jam kerja
1.001 – 2.000Rp 9.500Rp 16.000Diluar jam kerja
2.001 – 3.000Rp 11.500Rp 22.000Diluar jam kerja
3.001 – 4.000Rp 13.000Rp 27.000Rp 36.000
4.001 – 5.000Rp 15.000Rp 32.000Rp 45.000

Itulah panduan menemukan nomor resi Shopee dan tabel harga pengiriman di Shopee. Semoga membantu kamu dalam berbelanja online di Shopee.

Solusi Bagi yang Kehilangan Nomor Resi Shopee

Bagi pengguna Shopee yang aktif, kehilangan nomor resi cargo bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa solusi bagi yang kehilangan nomor resi cargo Shopee. Jangan lupa juga, kami akan menyertakan tabel harga agar bisa mendapatkan informasi tentang biaya pengiriman barang melalui Shopee.

Minta Bantuan Customer Service Shopee

Jika kehilangan nomor resi cargo Shopee, cara yang pertama adalah dengan meminta bantuan dari customer service Shopee. Customer service Shopee akan membantu mencari nomor resi cargo dengan meminta informasi-informasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah nomor pesanan dan bukti pembayaran. Pastikan memberikan informasi yang benar dan lengkap agar sisa prosesnya bisa berjalan dengan mudah.

Gunakan Fitur “Cek Status Pengiriman” di Shopee

Cara kedua adalah menggunakan fitur “Cek Status Pengiriman” di Shopee. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel
  2. Pilih menu “Saya”
  3. Pilih “Pesanan Saya”
  4. Pilih pesanan yang sedang dalam proses pengiriman
  5. Scroll ke bawah hingga menemukan tombol “Cek Status Pengiriman”
  6. Klik tombol tersebut dan akan diarahkan ke halaman baru yang berisi nomor resi cargo

Hubungi Jasa Pengiriman

Cara terakhir adalah dengan menghubungi langsung jasa pengiriman yang digunakan oleh Shopee. Pengguna bisa mencari nomor telepon atau email customer service jasa pengiriman tersebut. Setelah itu, berikan informasi tentang nomor pesanan dan bukti pembayaran pesanan. Customer service jasa pengiriman akan membantu mencari nomor resi cargo.

Cara Refund Barang di Shopee Express

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, yang menyediakan berbagai macam barang untuk kebutuhan konsumen. Pada beberapa kesempatan mungkin saja terjadi kesalahan dalam pengiriman barang sehingga dibutuhkan proses pengembalian barang dan pelacakan status pengembalian melalui resi Shopee. Bagaimana cara memproses pengembalian barang dengan resi Shopee? Simaklah langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Barang Dapat Dikembalikan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memproses pengembalian barang adalah memastikan bahwa barang yang akan dikembalikan bisa diterima oleh Shopee. Barang yang tidak dapat dikembalikan seperti makanan atau minuman, asuransi, tiket pesawat, dan produk digital. Pastikan juga bahwa pengembalian dilakukan dalam waktu 3-7 hari setelah barang diterima.

2. Ajukan Permintaan Pengembalian Barang

Setelah memastikan bahwa barang dapat dikembalikan, lakukan pengajuan permintaan pengembalian barang melalui aplikasi Shopee. Pilih “Pembelian Saya” di halaman utama Shopee, pilih produk yang ingin dikembalikan, klik tombol “Lihat Detail”, lalu klik “Ajukan Pengembalian Barang” .

3. Lakukan Konfirmasi Pengajuan Pengembalian

Setelah pengajuan pengembalian, Shopee akan mengirimkan email konfirmasi pengajuan pengembalian beserta nomor resi pengiriman yang digunakan untuk pelacakan status pengembalian barang . Konfirmasikan pengajuan pengembalian barang dengan klik “Konfirmasi” dan ikuti instruksi yang disediakan oleh Shopee.

4. Pelacakan Status Pengembalian

Setelah melakukan konfirmasi, bisa langsung melacak status pengembalian barang melalui resi Shopee yang telah diberikan oleh Shopee. Gunakan nomor resi pengiriman untuk melacak status pengembalian barang melalui layanan yang disediakan oleh Shopee maupun pihak ekspedisi yang digunakan.

5. Tunggu Proses Pengembalian

Selama proses pengembalian barang, pastikan bahwa barang dalam keadaan yang sama ketika menerima barang tersebut dan pastikan sudah memberikan alamat atau nomor rekening yang benar untuk pengembalian dana. Tunggu beberapa hari hingga proses pengembalian selesai.

6. Terima Barang Pengganti atau Dapatkan Pengembalian Dana

Setelah proses pengembalian selesai, bisa memilih apakan ingin menerima barang pengganti atau ingin meminta pengembalian dana. Pastikan sudah mencatat harga pembelian barang yang telah dikembalikan, dan pastikan jumlah yang diterima sesuai dengan harga pembelian barang tersebut.

Akhir Kata

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara cek resi cargo shopee dengan lebih detail. Setelah membaca dan memahami isi artikel ini, pastinya sudah bisa merasakan kemudahan dalam melakukan pengecekan status pengiriman barang dari Shopee. Semoga dari beberapa metode yang telah Stkipmktb.ac.id sebutkan, semoga dapat membantu dalam mengecek

Bagikan:

Insureka1