15 Cara Blur Wajah di Capcut Aesthetic Tanpa Efek Tambahan

Cara Blur Wajah di Capcut

Cara Blur Wajah di Capcut – Tidak sedikit pengguna aplikasi Capcut bingung ketika ingin menggunakan beberapa fitur tersedia, salah satunya blur. Dimana pada fitur tersebut bisa menutup wajah atau objek yang diharuskan di tutupi demi menjaga kenyamanan pemilik video atau penonton.

Fitur ini sangat penting bagi pengguna yang ingin mengedit video mereka dengan lebih aman dan privasi. Dengan mengaburkan wajah, pengguna dapat menghindari situasi di mana orang yang tidak diinginkan terlihat atau terdeteksi dalam video mereka.

Seperti telah disampaikan seperti diatas, tidak hanya ada fitur blur saja. Masih ada beberapa fitur lain seperti menstabilkan video di Capcut dimana dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi semua itu tidak bisa dilakukan, karena sebelumnya memang tidak tahu akan caranya.

Bagi setiap pengguna masih bingung dengan itu semua, sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi, silahkan simak ulasan sebagai berikut.

Cara Ambil Video Untuk Fitur Blur Wajah

Cara Ambil Video Untuk Fitur Blur Wajah

Jika kamu ingin memperlihatkan video di CapCut tanpa menampilkan wajah seseorang yang ada di dalam video, kamu bisa menggunakan fitur blur wajah di aplikasi tersebut. Namun, sebelum menggunakan fitur ini, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan dalam mengambil video yang tepat. Berikut tahapan-tahapan yang harus kamu ikuti dalam mengambil video yang tepat untuk menggunakan fitur blur wajah:

1. Tentukan subject/objek video

Sebelum mulai merekam video, tentukanlah subject atau objek yang ingin kamu ambil. Utamakan subjek yang memang terkait dengan apa yang ingin kamu sampaikan atau jelas terlihat pada video. Sehingga nantinya kamu tidak hanya menghasilkan video dengan fitur blur wajah tapi juga video yang menarik untuk ditonton.

2. Cari area dengan cahaya yang cukup

Agar hasil video kamu terlihat baik, kamu harus memperhatikan pencahayaan pada area rekaman. Pastikan area yang akan direkam memiliki cahaya yang cukup agar hasil video terlihat jelas bahkan dengan penggunaan fitur blur wajah. Jika terlalu gelap, akan menyebabkan hasil blur wajah menyulap seluruh object dan tidak terlihat jelas.

3. Pilih background yang cocok

Pilihlah background yang menarik atau memang relevan dengan apa yang akan kamu rekam. Dengan memilih background yang cocok, kamu bisa membuat hasil video terlihat menarik bahkan ketika menggunakan fitur blur wajah di CapCut.

4. Posisikan kamera yang tepat

Perhatikan posisi kamera pada saat merekam video, pastikan kamera berada di tempat yang tepat untuk mengambil shooting atau rekaman sesuai yang kamu inginkan. Ketika menggunakan fitur blur wajah di CapCut, jangan lupa untuk memastikan posisi kamera tidak terlalu terangkat ke atas sehingga wajah yang akan di-blur tidak hilang secara keseluruhan.

5. Cek hasil video sebelum di-upload

Setelah melakukan beberapa tahapan di atas, kamu harus melakukan pengecekan terhadap hasil video sebelum di-upload. Cek hasil video terlebih dahulu dengan melihat apakah video tersebut terdapat objek atau wajah yang perlu diblur, apakah background yang dipilih tepat, dan apakah kamera sudah berada di posisi yang tepat. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu, kamu bisa memastikan hasil videomu tidak hanya menarik tapi juga optimal ketika menggunakan fitur blur wajah di CapCut.

Cara Blur Wajah di Capcut

Cara Blur Wajah di Capcut Mudah

Pada aplikasi ini banyak sekali fitur-fitur hebat seperti trim video, menambahkan filter dan efek, menambahkan musik, dan masih banyak lagi. Namun, ada salah satu fitur yang menjadi favorit para penggunanya yaitu fitur blur wajah. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah menggunakan fitur blur wajah di CapCut bagi kamu yang ingin menyembunyikan wajah atau objek yang tidak ingin muncul dalam video.

1. Buka Aplikasi CapCut

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi CapCut di smartphone kamu.

2. Buat Proyek Baru

Selanjutnya, kamu harus membuat proyek baru dengan menekan tombol “+” di pojok kanan bawah.

3. Import Video

Setelah membuat proyek baru, kamu bisa mengimport video yang ingin kamu edit. Kamu bisa pilih video dari galeri atau merekam video baru dengan mengklik tombol “Record” di aplikasi CapCut.

4. Tambahkan Layer Blur

Langkah terakhir adalah menambahkan layer blur pada video. Untuk melakukan ini, setelah kamu memilih video yang ingin di-blur, kamu bisa menekan tombol “+” di bagian bawah layar dan memilih opsi “Filter”. Setelah itu, kamu akan melihat opsi “Beauty” dan di sana kamu bisa memilih “Blur” atau “Mosaic”. Kemudian kamu bisa memilih area yang ingin di-blur dengan menyentuh dan menjaga area tersebut.

Tips Agar Hasil Bur Wajah Sempurna di CapCut

Tips Agar Hasil Bur Wajah Sempurna di CapCut

Apakah Anda ingin memperindah video Anda dengan cara blur wajah di CapCut, namun masih tidak tahu cara melakukannya dengan sempurna? Jangan khawatir, berikut adalah tips dan trik untuk mendapatkan hasil blur wajah yang sempurna di CapCut.

1. Memperhatikan Kualitas Video

Sebelum melakukan blur wajah di CapCut, pastikan kualitas video Anda cukup baik. Kualitas video yang buruk dapat mempengaruhi hasil akhir blur wajah. Oleh karena itu, pastikan Anda menghasilkan video dengan resolusi tinggi, termasuk output video final.

2. Menggunakan Fitur Pemangkasan

Sebelum memasukkan video ke timeline, gunakan fitur pemangkasan CapCut untuk mengatur durasi video sebelumnya. Video yang terlalu panjang memakan waktu lebih lama untuk diproses secara keseluruhan.

3. Menentukan Area Blur

Mulailah dengan menentukan area wajah yang ingin Anda blur. Pada CapCut, Anda dapat menggunakan fitur “Mask” untuk menandai area tertentu pada video untuk memfokuskan blur, sehingga meningkatkan kualitas video.

4. Mengabaikan Frame Sembarang

Usahakan untuk tidak membiarkan frame yang tidak terpakai pada saat Anda melakukan blur wajah. Hal ini akan meningkatkan kinerja rendah dan menyebabkan kesalahan pada tahap rendering.

5. Meningkatkan Kinerja CapCut

Apabila CapCut Anda masih mengalami kinerja yang rendah, sebaiknya kurangi ukuran file Anda. Anda juga dapat membersihkan cache CapCut pada smartphone Anda secara teratur untuk meningkatkan kinerjanya.

Faktor Umum Fitur Blur Wajah di CapCut Gagal

Faktor Umum Fitur Blur Wajah di CapCut Gagal

Jika Anda pengguna CapCut dan sering menggunakan fitur blur wajah untuk video yang ingin diunggah ke media sosial, maka Anda perlu tahu bahwa terdapat beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari saat menggunakan fitur tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 kesalahan umum yang harus dihindari ketika menggunakan fitur blur wajah di CapCut.

1. Menggunakan Fitur Blur Wajah Terlalu Banyak

Sebelum menggunakan fitur blur wajah di CapCut, pastikan Anda tidak terlalu banyak menggunakan fitur tersebut. Jangan terlalu sering menggunakan blur wajah pada video yang sama.

2. Menggunakan Blur Wajah Pada Benda Lain Selain Wajah

Banyak pengguna CapCut yang salah dalam menggunakan fitur blur wajah dengan menggunakan blur pada objek yang tidak perlu disensor, seperti benda atau latar belakang. Menggunakan blur pada benda selain wajah akan membuat video menjadi aneh dan tidak enak dipandang.

3. Menggunakan Blur Wajah yang Terlalu Kecil

Pastikan Anda menggunakan blur wajah yang cukup besar agar wajah yang terlihat dapat disensor dengan baik. Menggunakan blur wajah yang terlalu kecil akan membuat wajah yang terlihat pada video dapat terlihat dengan jelas.

4. Menggunakan Blur Wajah pada Video yang Terlalu Pendek

Sebaiknya Anda tidak menggunakan fitur blur wajah pada video yang terlalu pendek. Menggunakan blur wajah pada video yang terlalu pendek akan membuat pengguna tidak dapat melihat video secara jelas.

5. Menggunakan Blur Wajah Pada Video yang Terlalu Panjang

Sebaliknya, jangan terlalu sering menggunakan blur wajah pada video yang terlalu panjang. Pastikan Anda menggunakan fitur blur wajah secara bijak pada video yang cukup panjang agar tidak membuat video menjadi membosankan.

6. Tidak Berhati-hati dalam Menggunakan Fitur Blur Wajah

Selalu ingat untuk menggunakan fitur blur wajah dengan hati-hati. Pastikan Anda menggunakan blur wajah hanya jika benar-benar dibutuhkan dan hindari menggunakan blur pada benda atau wajah yang tidak berbahaya.

7. Tidak Mengatur Sisipan Blur Wajah dengan Benar

Jika Anda ingin menggunakan blur wajah pada video, pastikan Anda mengatur sisipan blur wajah dengan benar dan tidak sampai menutupi seluruh wajah. Pastikan agar wajah yang tidak ingin disensor masih terlihat jelas dan tidak tertutupi oleh blur.

Cara Mengatasi Fitur Blur Wajah di CapCut Tidak Sempurna

Cara Mengatasi Fitur Blur Wajah di CapCut Tidak Sempurna

Namun, saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, beberapa masalah mungkin muncul. Beberapa pengguna melaporkan masalah seperti kualitas blur yang buruk, tampilan blur yang tidak rata, dan masalah lainnya. Artikel berikut akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah ini sehingga Anda dapat menggunakan fitur blur wajah di CapCut dengan lebih lancar.

1. Gunakan Alat Seleksi dengan Teliti

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, pastikan Anda menggunakan alat seleksi dengan teliti. Pastikan sesuai dengan ukuran wajah orang yang ingin Anda blur, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Pilih Intensitas Blur yang Tepat

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, pastikan Anda memilih intensitas blur yang tepat untuk video Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, itu tidak akan memberikan hasil yang baik. Pastikan untuk mencoba berbagai intensitas blur dan melihat hasilnya.

3. Pastikan yang Harus Diblur adalah wajah

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, pastikan bahwa yang akan Anda blur adalah wajah orang. Jangan sampai Anda blur bagian video yang bukan wajah orang tersebut. Hal ini akan mengakibatkan hasil blur yang tidak merata dan buruk.

4. Jangan Blur Wajah yang Bergerak Terlalu Cepat

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, usahakan untuk tidak menyembunyikan wajah orang yang sedang bergerak dengan cepat. Hal ini akan menyebabkan hasil blur tidak rata.

5. Usahakan untuk Tidak Menggabungkan Beberapa Video yang Berbeda

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, usahakan untuk tidak menggabungkan beberapa video. Jika Anda merangkai beberapa klip video dari berbagai sumber, akan lebih sulit untuk memusatkan pada wajah yang benar dalam video.

6. Periksa Kualitas Video Anda

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, pastikan kualitas video Anda sudah cukup baik. Jika kualitas video buruk maka hasilnya juga tidak bagus. Lebih baik untuk memilih video dengan kualitas terbaik agar hasil akhirnya lebih baik.

7. Jangan Terlalu Banyak Mengedit Video Anda

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengedit video Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam program CapCut yang akan menyebabkan hasil blur tidak merata.

8. Gunakan Fitur Blur Wajah di CapCut dengan Bijak

Saat menggunakan fitur blur wajah di CapCut, gunakanlah dengan bijak. Jangan menyalahgunakan fitur ini dan meng-abusenya. Ingatlah untuk selalu menghormati privasi orang lain. Jangan blur wajah seseorang tanpa izinnya.

Akhir Kata

Kesimpulannya, cara blur wajah pada CapCut merupakan fitur yang sangat berguna bagi pengguna aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjaga privasi mereka dengan mengaburkan wajah mereka pada video mereka. Namun, pengguna harus tetap memperhatikan kualitas video dan detail pada video setelah mengaburkan wajah mereka.

Selain itu, pengguna juga harus memahami bahwa mengaburkan wajah hanya menjadi solusi sementara dalam menjaga privasi mereka di media sosial. Semoga informasi dari Stkipmktb.ac.id membantu semua sedang membutuhkan dan terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Bagikan: