Insureka1

Biaya Uap di Puskesmas 2024: Fungsi & Manfaat

Biaya Uap di Puskesmas

Biaya Uap di Puskesmas – Biaya uap di puskesmas atau biaya pengobatan dengan terapi uap di fasilitas kesehatan publik di Indonesia menjadi sorotan publik belakangan ini. Terapi uap adalah salah satu bentuk pengobatan alternatif yang telah dipraktekkan sejak berabad-abad lalu dengan tujuan memperbaiki kesehatan tubuh manusia.

Terapi uap di puskesmas menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang memilih untuk mendapatkan pengobatan yang murah dan mudah dijangkau. Namun, biaya pengobatan dengan terapi uap menjadi perdebatan oleh sejumlah pengguna fasilitas kesehatan., termasuk pada biaya yang diberikannya.

Maka dari itu, pastinya banyak dari kalian yang bertanya mengenai besaran biaya uap di puskesmas? Jika memang kalian penasaran dan ingin mengetahui berapa besaran biaya uap di layanan kesehatan masyarakat yakni puskesmas, maka dengan berada dan membuka artikel ini jadi salah satu pilihan yang tepat.

Hal itu dikarenakan kami akan sampaikan secara lengkap besaran biaya tersebut secara lengkap beserta informasi terkait lainnya. Jadi jika kalian tidak sabar mengetahui besaran biaya uap di puskesmas, terus untuk simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir agar rasa penasaran terkait besaran biaya bisa terjawabkan.

Apa Itu Terapi Uap?

Apa Itu Terapi Uap

Terapi uap adalah salah satu bentuk terapi fisik yang cukup populer di Indonesia. Terapi ini dilakukan dengan menyediakan ruangan khusus yang dilengkapi dengan peralatan khusus untuk menghasilkan uap air. Kalian bisa melakukan terapi uap di bidan, klinik, rumah sakit atau di puskesmas.

Insureka

Mengenai terapi uap ini biasanya dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti masalah pernapasan atau masalah kulit. Nah untuk terapi uap di puskesmas jadi salah satu pilihan bagi banyak orang dikarenakan biaya yang diberikan terbilang terjangkau.

Fungsi dan Manfaat Terapi Uap

Salah satu jenis terapi yang sering diberikan di puskesmas adalah terapi uap. Terapi uap ini menggunakan uap air panas yang mengandung zat antiseptik dan aromaterapi untuk meredakan gejala-gejala yang dialami oleh pasien. Terapi uap memiliki fungsi membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

Nantinya dalam terapi ini, uap panas disalurkan ke rongga hidung dan paru-paru untuk membuka saluran udara dan membersihkan lendir-lendir yang menumpuk. Selain itu, dengan melakukan terapi uap, jalan udara pun menjadi lebih bersih dan terhindar dari virus dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

Tidak hanya memiliki fungsi yang bermanfaat pada kesehatan, terapi uap juga memiliki banyak manfaat. Di antara lain manfaat terapi uap di antara lainnya seperti:

1. Membantu mengatasi pilek dan flu

Terapi uap di puskesmas bisa membantu mengatasi pilek dan flu dengan membuka saluran pernapasan yang tersumbat akibat lendir atau lendir. Selain itu, terapi uap bisa membantu melancarkan sirkulasi udara di seluruh badan, sehingga membantu menghilangkan gejala sesak napas terutama pada penderita asma.

2. Meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh

Uap air panas yang digunakan dalam terapi uap bisa meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Dengan sirkulasi darah yang lancar dan tubuh yang termatikan, tubuh dapat bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, terapi uap juga bisa membantu mengurangi rasa pegal dan nyeri pada otot-otot tubuh.

3. Relaksasi dan mengurangi stres

Terapi uap menggunakan beberapa jenis aromaterapi yang bisa membantu mengurangi stres dan mendatangkan perasaan rileks pada pasien. Kandungan bahan alami dalam aromaterapi bisa membantu meredakan pikiran yang stress dan meredakan ketegangan pada tubuh. Sehingga pasien merasa lebih tenang, nyaman dan rileks setelah menjalani terapi uap.

4. Membantu menurunkan berat badan

Terapi uap juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori pada tubuh. Uap air panas yang dihisap oleh pasien akan membawa energi untuk membakar kalori dan lemak yang ada pada tubuh. Selain itu terapi uap juga bisa membantu menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat uap di puskesmas, selain tawarkan biaya yang terjangkau nantinya pasien bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dengan menjalani serangkaian terapi uap. Namun, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan terapi uap, khususnya bagi penderita asma atau alergi.

Biaya Uap di Puskesmas

Setelah tahu apa itu, fungsi dan manfaat dari terapi uap di atas. Selanjutnya mari ke pembahasan utama seperti yang tertera pada judul di atas, yakni mengenai besaran biaya uap di puskesmas. Untuk lebih jelasnya biaya terapi uap di puskesmas, silakan lihat pada tabel biaya di bawah ini:

KotaBiaya Uap di Puskesmas / Sesi
JakartaRp 20.000
BandungRp 15.000
SurabayaRp 18.000
YogyakartaRp 12.000

Melihat dari biaya uap di puskesmas di atas, bisa dikatakan cukup bervariasi tergantung dari tempat puskesmas dan kota kalian melakukan terapi uap. Selain itu, biaya untuk terapi uap di puskesmas juga terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan melakukan terapi serupa di tempat khusus seperti klinik atau SPA.

Hanya saja untuk dapat akses terapi uap di puskesmas, kalian perlu membuat janji terlebih dahulu dengan dokter atau perawat puskesmas. Jadi sebelum mulai melakukan terapi uap di puskesmas alangkah baiknya sudah mengatur jadwal terlebih dahulu dari jauh-jauh hari dengan cara berkonsultasi dengan dokter.

Apakah Terapi Uap / Nebulizer Ditanggung BPJS?

Jika kalian memang merupakan peserta BPJS Kesehatan aktif, maka nantinya kalian tida perlu mengeluarkan biaya apapun saat menjalani terapi kesehatan ini. Hal ini dikarenakan terapi uap masuk menjadi salah satu pengobatan yang ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan jika memang kepesertaan aktif alias tidak ada tunggakan iuran di bulan sebelumnya.

Akhir Kata

Melihat dari manfaat puskesmas bagi masyarakat, tentu saja ada banyak sekali keuntungannya. Karena berbagai masalah kesehatan bisa ditangani di puskesmas, termasuk saat kalian alami varises dan ingin melakukan suntik varises di puskesmas maka bisa dilayani atau ditangani oleh dokter/petugas yang berjaga.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan jika terapi uap memiliki peranan penting dalam mempercepat penyembuhan pasien. Apalagi jika pelaksanaan terapi uap di puskesmas ini lebih terjangkau dibandingkan SPA atau tempat perawatan kecantikan sejenisnya, yang mana akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

Demikian pembahasan dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya uap di puskesmas beserta informasi terkait lainnya mengenai terapi uap. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai biaya uap di layanan masyarakat di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Bagikan:

Insureka1