DekorumaShopee

Biaya Tanam Benang di Indonesia 2024: Prosedur & Resiko

Biaya Tanam Benang

Biaya Tanam Benang – Pertumbuhan teknologi di Indonesia sangat cepat dan tidak terkecuali dalam bidang ketentaraan. Salah satu teknologi terbaru yang sedang banyak dibicarakan adalah biaya tanam benang. Hal ini merupakan metode pengobatan untuk memperbaiki tubuh dari dalam, yakni dengan cara memasukkan benang kecil ke dalam kulit.

Metode ini dilakukan oleh dokter yang telah mendapat pelatihan khusus dan memiliki keahlian dalam merawat pasien. Biaya tanam benang bisa dilakukan pada berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, leher, dada, punggung, dan pinggul. Tujuannya adalah untuk mengangkat kulit dan membuatnya terlihat lebih kencang dan elastis.

Biaya tanam benang ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin memperbaiki penampilan mereka, tidak hanya oleh orang yang memiliki masalah kulit tertentu. Namun, prosedur ini tidak dapat dilakukan oleh orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes atau penyakit jantung.

Untuk menjalani tanam benang, kalian harus terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik. Dokter akan memeriksa kondisi kulit kalian dan akan memberikan rekomendasi mengenai jenis benang yang paling sesuai dengan kulit.

Definisi Biaya Tanam Benang

Definisi Biaya Tanam Benang

Biaya tanam benang adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk melakukan prosedur bedah kosmetik yang bertujuan untuk merapikan kulit wajah. Menurut para ahli, bedah benang muncul pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2011. Prosedur ini menjadi populer di Asia sejak saat itu.

TenzoLiving

Prosedur ini melibatkan penggunaan benang yang ditanamkan di kulit wajah melalui jarum tumpul. Tujuan dari penanaman benang adalah untuk memperbaiki kekencangan kulit yang kendur atau terlihat kurang elastis. Benang yang ditanamkan dapat bertahan di kulit selama dua hingga tiga tahun, tergantung pada tipe benang yang digunakan dan kondisi kulit pasien.

Proses Tanam Benang

Tanam benang adalah salah satu prosedur kecantikan yang semakin populer di kalangan wanita di Indonesia. Proses tanam benang sendiri adalah proses mengangkat kulit yang kendur dengan menanamkan benang di bawah kulit.

Ada banyak model benang yang digunakan dalam prosedur ini, seperti benang polidioxanon (PDO), benang polilaktat (PLA), benang meksiko, dan banyak lagi jenis lainnya. Selain memberikan hasil visible yang jelas, biaya tanam benang juga lebih hemat daripada prosedur kecantikan lainnya seperti face lift.

Keuntungan Tanam Benang di Klinik Kecantikan

Tanam benang di klinik kecantikan memiliki beberapa keuntungan dibandingkan prosedur bedah kosmetik lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari tanam benang:

  1. Proses yang cepat
    Tanam benang hanya memerlukan waktu 30-60 menit dan tidak perlu waktu pemulihan yang lama seperti operasi kosmetik lainnya.
  2. Teknik minimal invasif
    Prosedur ini memerlukan sayatan kecil dibandingkan dengan prosedur bedah plastik lainnya.
  3. Hasil yang alami
    Tanam benang memberikan hasil yang alami dan tanpa efek samping seperti kulit sisa dan pembengkakan wajah.
  4. Terjangkau
    Biaya tanam benang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan prosedur bedah kosmetik yang lebih agresif.
  5. Memulihkan kulit
    Tanam benang memulihkan struktur kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen sehingga memberikan efek remaja pada kulit.

Risiko dan Efek Samping Tanam Benang

Tanam benang secara umum adalah suatu teknik pembuatan bekas luka atau kulit yang kendur dengan menghadirkan nya jaringan baru (collagen) melalui serangkaian penyuntikan benang ke dalam kulit. Berikut ini kami rangkum beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan biaya tanam benang:

  1. Risiko Pendarahan
    Walaupun kecil kemungkinannya, risiko pendarahan adalah efek samping terbanyak dari tanam benang. Efek ini tergantung pada dokter dan beberapa faktor lainnya, seperti apakah pengalaman dokter sudah dalam hitungan tahun atau baru mencuba tanam benang.
  2. Risiko Infeksi
    Risiko infeksi menjadi efek samping minor namun wajib diperhatikan ketika melakukan tanam benang. Penyuntikan ke dalam kulit seharusnya dilakukan dengan benar dan higenis, namun masih ada kemungkinan infeksi terjadi.
  3. Risiko Pembengkakan
    Semua orang bereaksi berbeda terhadap perawatan kulit dan terapi pengencangan seperti tanam benang. Bagi beberapa orang, pembengkakan merupakan efek samping yang mungkin terjadi. Meskipun efeknya akan hilang sendiri seiring waktu, masih ada kemungkinan terjadi ketidaknyamanan dan rasa sakit pada bagian yang pembengkakan.
  4. Risiko Serat dan Nyeri
    Serat dan Nyeri adalah reraksi yang sangat mungkin terjadi akibat dari prosedur tanam benang. Namun, efek samping ini relatif minor dan seringkali hilang dalam beberapa hari setelah prosedur.
  5. Komplikasi
    Semua operasi pasti memiliki risiko komplikasi. Komplikasi dari tanam benang bisa terkait dengan risiko pendarahan, infeksi atau bahkan penempatan benang yang tidak cukup sempurna. Namun komplikasi adalah hal yang sangat jarang terjadi pada tanam benang.

Namun, kalian bisa menghindari sebagian besar risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah melakukan tanam benang dengan cara mengikuti instruksi dokter secara ketat dan memilih dokter yang sangat berpengalaman dalam melakukan prosedur ini.

Untuk menjalani tanam benang, klien harus terlebih dahulu konsultasi dengan dokter dan memahami sepenuhnya risiko serta efek samping yang mungkin terjadi. Pemilihan dokter estetik di Indonesia cukup bervariasi, pastikan klinik atau dokter yang dipilih bersertifikat resmi dan mempunyai pengalaman yang baik menjalankan prosedur tanam benang.

Biaya Tanam Benang

RIncian Biaya Tanam Benang

Sebelum memutuskan untuk melakukan tanam benang, mengetahui seberapa besar budget yang dibutuhkan juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Biaya tanam benang bisa bervariasi tergantung pada klinik yang melakukan prosedur tersebut, penggunaan benang, prosedur yang dilakukan, dan lokasi geografis di mana klinik tersebut berada.

Biaya tanam benang di Indonesia berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 20 juta, tergantung dari jenis prosedur dan kualitas benang. Berikut adalah beberapa jenis benang yang umum digunakan dalam prosedur benang tanam:

Jenis BenangHarga (Rp)
Benang PDO3 juta – 20 juta
Benang PCL10 juta – 15 juta
Benang PLLA3.5 juta – 10 juta
Benang Gold20 juta – 25 juta

Sebagai catatan, biaya yang tercantum di atas hanya merupakan perkiraan biaya dan dapat berbeda di setiap klinik.

Di samping biaya untuk benang tanam, pasien juga dapat dikenai biaya tambahan untuk konsultasi dan pemeriksaan sebelum dan sesudah prosedur.

Dalam memilih klinik yang akan melakukan prosedur benang tanam, pastikan untuk memeriksa akreditasi klinik, sertifikasi dokter, dan juga ulasan pelanggan sebelum memutuskan.

Dalam melakukan prosedur benang tanam, pastikan untuk memilih klinik dan dokter yang tepercaya dan berkualitas. Walaupun biaya yang dikeluarkan tidak murah, namun hasil yang didapatkan akan memuaskan dan tahan lama.

Jenis Biaya Tanam Benang

Biaya tanam benang berbeda-beda tergantung jenis benang yang digunakan, lokasi, dan klinik yang kalian pilih. Berikut jenis-jenis benang beserta harga dari biaya tanam benang:

  1. PDO Thread Lift
    PDO Thread Lift adalah jenis benang yang terbuat dari bahan sintetis berbentuk segitiga, silinder, atau berbentuk U. Masing-masing bentuk memiliki tugas khusus saat ditanam di dalam kulit. Harga PDO Thread Lift berkisar antara Rp 3.000.000 – Rp 7.500.000. Biaya tanam benang menjadi lebih mahal jika kalian memilih penggunaan benang lebih banyak.
  2. Gold Thread atau Benang Emas
    Gold Thread atau benang emas merupakan benang yang berbahan dasar emas murni. Benang ini memiliki keunggulan lebih emas murni dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Selain itu, emas murni dapat memancarkan sinar kecantikan yang alami pada permukaan kulit wajah. Harga benang emas berkisar antara Rp 1.200.000 – Rp 7.500.000, tergantung jumlah benang yang akan ditanam di kulit wajah.
  3. PCL Thread Lift
    PCL Thread Lift adalah jenis benang yang terbuat dari bahan kimia polikaprolakton. Benang PCL Thread Lift memiliki fungsi membuat kolagen pada bagian wajah meningkat, sehingga kulit wajah tampak lebih kencang dan cerah. Harga PCL Thread Lift berkisar antara Rp 3.500.000 – Rp 7.500.000.
  4. Benang Hyaluronic Acid
    Benang Hyaluronic Acid adalah jenis benang yang terbuat dari bahan sintetis. Setelah benang diimplantasi di bawah kulit, benang akan merangsang produksi kolagen alami pada kulit wajah. Harga Benang Hyaluronic Acid berkisar antara Rp 3.500.000 – Rp 5.500.000.

Tanam benang menjadi penting bagi mereka yang menginginkan wajah tampak kencang, segar, dan cerah. Pilih jenis benang yang ingin diturunkan dengan pertimbangan budget dan kebutuhan. Namun, pastikan kalian juga memilih klinik yang mempunyai tenaga medis yang berpengalaman serta peralatan medis yang memadai dan steril.

Tabel Harga Tanam Benang

Biaya tanam benang sendiri cukup bervariasi tergantung pada variasi dan jenis benang yang digunakan. Berikut adalah daftar harga untuk beberapa jenis biaya tanam benang:

Jenis BenangHarga
PDO Thread LiftRp 3.000.000 – Rp 7.500.000
Gold Thread atau Benang EmasRp 1.200.000 – Rp 7.500.000
PCL Thread LiftRp 3.500.000 – Rp 7.500.000
Benang Hyaluronic AcidRp 3.500.000 – Rp 5.500.000
Benang Polidioxanon (PDO)Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Benang Polilaktat (PLA)Rp 1.200.000 – Rp 2.500.000
Benang TengahRp 1.500.000 – Rp 2.000.000
Benang MeksikoRp 1.000.000 – Rp 1.500.000

Selain di sesuaikan dengan jenis benang, tanam benang juga akan disesuaikan dengan lokasi atau tempat melakukan tanam benang. Di bawah ini adalah tabel harga biaya tanam benang untuk beberapa kota di Indonesia:

KotaHarga (IDR)
JakartaRp 8.000.000 – Rp 15.000.000
BandungRp 5.000.000 – Rp 12.000.000
SurabayaRp 7.000.000 – Rp 15.000.000
MedanRp 6.500.000 – Rp 13.500.000
BaliRp 8.000.000 – Rp 15.000.000

Kalian juga perlu mempertimbangkan biaya konsultasi dengan dokter kecantikan yang bisa berkisar antara 500.000 hingga 1.000.000 Rupiah. Biaya konsultasi ini penting agar kalian bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Selain biaya tanam benang, kemarin kami juga sudah pernah merangkum tentang biaya kesehatan atau perawatan lainnya seperti biaya suntik Varises di Puskesmas dan biaya suntik Scabies Kucing.

Metode Lain Pada Perawatan Kulit Wajah

Tanam benang atau threading adalah prosedur kecantikan yang sangat populer di kalangan wanita di Indonesia dan di seluruh dunia. Cara ini melibatkan penggunaan benang sutra tipis untuk menarik kulit agar tampak lebih kencang dan menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Namun, biaya tanam benang menjadi semakin mahal di Indonesia dan alternatif yang lebih murah dan mudah dapat menjadi pilihan terbaik bagi wanita yang mencari perawatan kecantikan tanpa harus menguras dompet.

  1. Laser
    Salah satu alternatif terpopuler untuk tanam benang adalah laser. Perawatan laser tidak hanya berguna untuk mengobati jerawat dan penuaan, tetapi juga sangat efektif dalam menghilangkan bekas luka dan noda hitam pada kulit. Biaya perawatan laser biasanya lebih mahal daripada tanam benang, tergantung pada jenis laser yang digunakan dan jangka waktu perawatan.
  2. Mesotherapy
    Mesotherapy adalah prosedur yang melibatkan injeksi vitamin, asam amino, dan enzim ke dalam kulit. Jenis perawatan ini menyebabkan kulit wajah menjadi lebih lembut, lembab, dan halus. Mesotherapy cukup efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan jaringan kulit yang kendur, meskipun biayanya lebih tinggi daripada perawatan threading.
  3. Chemical Peels
    Kulit mati dipakai pada lapisan kulit yang teratas dengan asam kimia yang menimbulkan efek menyengat dapat dihilangkan dengan krim reklamasi atau tindakan kimia kulit yang dikenal sebagai perawatan lapisan kimia. Dengan cara yang sama seperti pengelupasan kulit, lapisan kimia menghilangkan kulit mati dan mempercepat pembentukan sel-sel baru untuk memproduksi lapisan kulit yang lebih sehat dan lebih halus. Biaya untuk perawatan lapisan kimia lebih mahal daripada perawatan tanam benang.
  4. Botox Injections
    Pemberian injeksi botoks biasanya dilakukan di area di atas mata sebagai cara untuk menghilangkan keriput di area tersebut. Tindakan ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau profesional kesehatan terlatih dan memiliki biaya yang lebih tinggi daripada perawatan tanam benang.
  5. Facial Acupuncture
    Facial acupuncture adalah tindakan perawatan kecantikan yang lebih alami daripada perawatan lainnya. Tindakan ini ini melibatkan memasukkan jarum halus ke dalam kulit wajah untuk merangsang kolagen dan memperbaiki sirkulasi darah pada wajah. Biaya facial acupuncture mungkin lebih murah daripada perawatan tanam benang atau laser di daerah tertentu di Indonesia, tetapi harga dapat bervariasi tergantung pada lokasi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya tanam benang merupakan sebuah investasi yang menguntungkan bagi seseorang yang ingin memiliki kulit yang lebih tahan terhadap penuaan dan keriput. Meskipun terdapat beberapa kelemahan dan risiko dalam prosedur ini, tanam benang dapat memberikan hasil yang memuaskan dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Sekian artikel kali ini tentang harga tanam benang dalam perawatan kulit wajah. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Stkipmktb.ac.id dan semoga artikel di atas tentang harga tanam benang dapat menambah informasi bagi kalian semuanya.

Bagikan:

DekorumaShopee