Biaya Skotlet Motor Full Body Semua Merk & Tips Perawatan

Biaya Skotlet Motor Full Body Semua Merk & Tips Perawatan

Biaya Skotlet Motor Full Body – Setelah membeli motor, mungkin beberapa dari kita merasa pengen untuk mengubah tampilan motor, terutama body motor. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan motor adalah dengan melakukan skotlet full body.

Skotlet full body adalah sebuah proses untuk mengubah tampilan motor dengan melekatkan stiker kain atau vinyl pada bagian-bagian body motor. Tak hanya memberikan sensasi baru ketika berkendara, skotlet full body juga mempunyai manfaat lainnya, diantaranya sebagai pelindung bodi motor dari goresan, sinar UV matahari, serta menyamarkan warna cat yang mulai mengelupas.

Namun sebelum melakukan skotlet full body, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan diperhatikan. Yang pertama, pastikan material skotlet dan lem yang digunakan adalah berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan material dan lem yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada body motor.

Selain itu, persoalan biaya juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan sebelum memasang skotlet motor full body. Biaya pemasangan nantinya tergantung dari bahat skotlet, tingkat kerumitan dan lain sebagainya. Nah, supaya lebih jelas berikut telah kami siapkan informasi lengkap seputar biaya pemasangan skotlet motor full body.

Apa itu Skotlet Motor Full Body?

Bagi penggemar otomotif khususnya motor, kustomisasi menjadi hal yang sangat penting, selain dapat menambah nilai estetika juga dapat menambah performa. Ada banyak cara kustomisasi, mulai dari mengganti jok motor, ganti spion, ganti Velg hingga memasangkan skotlet motor full body.

Tidak terkecuali bagi Anda yang ingin mengganti tampilan motor kesayangan, Anda dapat memilih skotlet motor full body sebagai pilihan. Biaya skotlet motor full body sangatlah bervariasi tergantung merk dan kualitasnya.

Sebelum membagikan informasi terkait berapa biaya pasang skotlet motor full body, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan beberapa jenis bahan skotlet motor yang sangat populer, dimana setiap jenis memiliki keunggulan dan biaya masing-masing :

1. Carbon Fiber

Carbon Fiber adalah jenis skotlet motor full body yang terbuat dari bahan PVC dengan teknologi sticker printing dan laminating sehingga menghasilkan megah dan eksklusif. Skotlet ini memiliki tampilan seperti serat-serat karbon asli sehingga motor akan terlihat sporty dan modern.

2. Matte / Glossy

Skotlet motor full body Matte atau Glossy adalah skotlet yang menghasilkan tampilan permukaan motor menjadi matte atau glossy. Skotlet ini memiliki permukaan yang mulus dan mengkilap sehingga membuat motor terlihat elegan.

3. Motif / Design

Bagi Anda yang menginginkan tampilan motor yang lebih unik dan personal, skotlet motor full body motif / design dapat menjadi pilihan. Skotlet ini tersedia dengan berbagai macam desain seperti tribal, army, flame, dan banyak lagi.

4. Chrome

Skotlet motor full body jenis chrome menghasilkan tampilan permukaan motor yang memantulkan cahaya seperti logam chrome. Skotlet ini banyak digunakan untuk motor skuter dan motor bebek karena menghasilkan tampilan yang elegan.

5. Pearl / Metalic

Skotlet motor full body jenis pearl / metalic menghasilkan tampilan permukaan motor yang terkesan mewah dan modern. Skotlet ini dapat menghasilkan tampilan motor yang berkilau seperti mutiara dan memberikan kesan yang lebih dalam pada warna.

Pilihlah skotlet yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda untuk mengubah tampilan motor menjadi lebih keren dan tahan lama.

Biaya Skotlet Motor Full Body

Biaya Skotlet Motor Full Body

Setelah menyimak beberapa jenis skotlet motor full body, mungkin Anda sudah menentukan pilihan ingin menggunakan skotlet motor jenis apa. Tapi sebelum melakukan pemasangan, alangkah baiknya Anda ketahui daftar biaya skotlet motor full body berdasarkan jenisnya. Informasi tersebut bisa Anda simak pada tabel di bawah ini :

Jenis SkotletBiaya
Carbon FiberRp. 350.000 – Rp. 450.000
Matte / GlossyRp. 150.000 – Rp. 250.000
Motif / DesignRp. 200.000 – Rp. 500.000
ChromeRp. 250.000 – Rp. 500.000
Pearl / MetalicRp. 300.000 – Rp. 500.000

Selain berdasarkan jenisnya, biaya untuk pasang skotlet motor juga tergantung pada area yang diaplikasikan pada motor, yaitu

AreaHarga Estimasi
Full BodyRp 1.500.000 – Rp 2.500.000
Setengah BodyRp 900.000 – Rp 1.500.000
Kepingan BodyRp 200.000 – Rp 500.000
Spakbor DepanRp 150.000 – Rp 300.000
Spakbor BelakangRp 150.000 – Rp 300.000

Kemudian jika Anda ingin memasang skotlet full body pada motor Beat Karbu, Vario 150, Vario 125, Scoopy, Mio, NMax, Aerox, PCX dan lain sebagainya bisa simak daftar harga nya di bawah ini :

Jenis MotorHarga Skotlet Full Body
Honda Vario 150Rp 500.000 – Rp 800.000
Honda Vario 125Rp 300.000 – Rp 600.000
Yamaha NmaxRp 600.000 – Rp 1.000.000
Beat KarbuRp 300.000 – Rp 500.000
ScoopyRp 500.000 – Rp 700.000
MioRp 250.000 – Rp 450.000
AeroxRp 600.000 – Rp 850.000
PCXRp 600.000 – Rp 1.000.000
Suzuki AddressRp 400.000 – Rp 700.000
Kawasaki NinjaRp 800.000 – Rp 1.200.000

Perlu diperhatikan bahwa harga tersebut mungkin berbeda-beda pada setiap daerah dan bergantung pada kualitas skotlet yang digunakan dan pengalaman sang ahli yang mengerjakannya.

Ada juga beberapa brand skotlet motor full body yang memiliki kualitas bagus dan tahan lama seperti 3M, Oracal, dan Avery Dennison. Harga yang ditawarkan untuk brand tersebut berkisar mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1.500.000 untuk satu motor.

Selain merk, biaya skotlet motor full body juga dipengaruhi oleh kualitas skotlet yang ingin digunakan. Pilihan kualitas skotlet yang ada di pasaran dipisahkan menjadi 3 level:

  • Skotlet kualitas menengah
  • Skotlet kualitas atas
  • Skotlet kualitas premium

Semakin tinggi level kualitas skotlet yang diinginkan, maka akan semakin tinggi pula harganya. Skotlet premium bisa dipilih jika Anda menginginkan kualitas gambar yang baik dan tahan lama.

Keuntungan menggunakan skotlet motor full body

Mendapatkan tampilan yang baru, unik, dan eksklusif pasti menjadi keinginan bagi para pengguna motor. Salah satu cara untuk mendapatkan tampilan yang baru adalah dengan memasang skotlet motor full body.

Selain itu, berikut adalah berapa keuntungan menggunakan skotlet motor full body :

1. Lebih Murah dan Mudah Dibandingkan Cat Motor

Mengecat motor merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mendapatkan tampilan baru bagi motor. Namun, biaya untuk mengecat motor cukup mahal. Selain itu, prosesnya juga membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan jasa cat motor yang profesional.

Dengan skotlet motor full body, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dan prosesnya juga lebih mudah. Anda dapat mengganti warna motor kapan saja dengan skotlet motor full body tanpa perlu khawatir dengan biaya maupun prosesnya.

Tentunya, jika proses pemasangan dilakukan dengan tepat maka hasilnya pun akan terlihat sama bagusnya dengan motor yang dicat seharga jutaan rupiah.

2. Mudah Dicopot

Salah satu keuntungan menggunakan skotlet motor full body adalah mudah dicopot. Jadi, jika Anda bosan dengan desain motor saat ini, Anda dapat menggantinya kapan saja tanpa perlu khawatir tentang kerusakan yang terjadi pada body motor.

3. Menjaga Cat Asli Motor

Peletakan skotlet motor full body yang tepat juga dapat membantu untuk melindungi cat asli motor dari goresan ataupun hal-hal yang dapat merusaknya. Ini tentunya sangat memperpanjang usia motor Anda sehingga dapat tetap terlihat kinclong seperti baru.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan skotlet motor full body. Tentunya, Anda dapat memilih jenis skotlet motor full body yang sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Dapatkan tampilan motor yang baru dan menarik dengan skotlet motor full body!

Waktu yang Tepat untuk Pasang Skotlet Full Body

Setelah menentukan pilihan serta menyiapkan budget untuk biaya pasang skotlet motor full body, silahkan cari tempat penyedia jasa pasang skotlet motor yang berkualitas. Disamping itu, proses pemasangan juga sebaiknya dilakukan ketika :

1. Motor Selesai Di Modifikasi

Jika Anda baru saja memodifikasi motor Anda, melakukan skotlet motor full body memang bisa lebih menarik. Selesai memodifikasi motor, skotlet motor full body bisa menjadi finishing touch pada tampilan motor Anda. Dengan menambahkan skotlet motor full body, tampilan motor Anda akan lebih modis dan memukau.

2. Body Motor Lecet

Apabila motor Anda baru saja mengalami goresan dan ingin menutupinya, skotlet motor full body bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, skotlet motor full body mampu melindungi motor Anda dari goresan dan kerusakan lainya.

Anda bisa memilih warna skotlet yang sesuai dengan warna motor Anda. Dengan begitu, skotlet motor full body tidak hanya memberikan proteksi, tetapi juga memberikan keindahan bagi motor Anda.

3. Menjelang Event atau Acara Penting

Jika Anda memiliki event atau acara penting, seperti pernikahan atau pertunjukan otomotif, skotlet motor full body bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat motor Anda kelihatan lebih menarik dan cantik. Anda bisa memilih warna dan desain skotlet motor full body yang sesuai dengan dresscode atau tema acara.

4. Usia Motor Sudah Lama

Jika motor Anda sudah cukup lama, kondisi bodi pasti sudah mulai memudar. Skotlet motor full body bisa menjadi solusi untuk membuat motor Anda kelihatan seperti baru kembali. Dengan skotlet motor full body, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menggantikan bodi motor yang sudah mulai keropos atau baret-baret. Anda hanya cukup menutupi body motor dengan skotlet full body, maka motor Anda akan kelihatan seperti baru kembali.

5. Motor Akan Dijual

Jika Anda ingin menjual motor Anda, skotlet motor full body bisa menjadi nilai tambah yang cukup menggiurkan. Dengan menambahkan skotlet motor full body, tampilan motor Anda akan lebih memukau dan kelihatan baru. Selain itu, Anda juga bisa memilih warna dan desain skotlet motor full body yang banyak diminati orang. Dengan begitu, harga jual motor Anda bisa lebih mahal dan cepat terjual

Proses Skotlet Motor Full Body

Kemudian bagi yang belum tahu, pada proses pemasangan skotlet motor full body nantinya ada tahapan-tahapan sebagai berikut :

1. Pembersihan Motor

Langkah pertama dalam skotlet motor full body adalah pembersihan motor dengan bahan khusus yang tidak mengandung minyak. Bahan kimia minyak dapat menempel pada permukaan motor dan membuat stiker enggak dapat menempel dengan baik pada motor. Setelah itu, motor dikeringkan dengan kain microfiber,

2. Membungkus bagian yang tidak dicat

Bagian motor yang enggak dilapisi skotlet adalah lampu dan aksesoris. Bagian tersebut harus dilindungi dengan baik agar enggak terkena sinar UV yang berbahaya. Ada banyak jenis bahan yang dapat digunakan untuk melindungi bagian yang tidak dicat pada motor, seperti plastik, kain kasa atau polietilen. Semua bahan tersebut dibungkus dan diikat dengan tali rafia.

3. Proses cetak dan pemotongan stiker

Setelah motor dibersihkan dan dilindungi, stiker bisa dicetak dengan desain yang sesuai dengan permintaan. Setelah mencetak stiker, stiker dipotong sesuai dengan ukuran motor dan bentuk yang diinginkan. Ada banyak warna dan desain yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi pengendara. Berbeda dengan stiker biasa, ukuran stiker dalam skotlet motor full body lebih besar dan disesuaikan dengan bentuk motor.

4. Instalasi stiker pada motor

Ketika proses stiker dirancang dan dipotong, proses pemasangan dimulai. Proses pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati agar stiker tidak rusak saat ditempelkan ke motor. Stiker dilekatkan pada permukaan motor dengan lembut. Jangan menarik terlalu keras atau menekan terlalu keras agar stiker tidak rusak. Pastikan stiker bengkok atau kedodoran.

5. Finishing

Setelah semua stiker ditempelkan pada motor, proses penyelesaian dimulai. Ini melibatkan penghapusan residu bahan perekat dan membersihkan motor dari bahan bekas perekat. Setelah semua residu selesai dihilangkan, proses finishing dimulai. Pada saat ini, motor dibersihkan dan diberikan lapisan pelindung agar stiker tidak rusak dan bertahan lama.

Tips Merawat Skotlet Motor Full Body

Tips Merawat Skotlet Motor Full Body

Setelah proses skotlet motor full body selesai, perawatan motor sangat penting. Membersihkan motor dengan kain microfiber dan bahan pembersih tanpa mengandung minyak merupakan salah satu cara perawatan motor.

Pastikan motor selalu bersih dari debu dan kotoran. Hindari terkena sinar matahari langsung karena bisa merusak warna stiker. Selain itu, parkir motor di tempat yang tertutup dan selalu pelindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Dengan merawat motor secara teratur, skotlet motor full body dapat bertahan lebih lama dan tetap terlihat bagus dalam waktu yang lama.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya, biaya skotlet motor full body berbeda-beda, mulai dari 200 ribuan sampai dengan jutaan rupiah. Besaran biaya untuk pemasangan skotlet nantinya disesuaikan dengan jenis skotlet, merk, tingkat kerumitan, merk motor dan lain sebagainya.

Kemudian diatas juga stkipmktb.ac.id jelaskan, bahwa pemasangan skotlet full body tidak hanya memberi tampilan baru pada sepeda motor, tetapi juga melindungi bodi dari goresan dan sinar UV.

Setelah motor Anda dibalut dengan skotlet motor full body, kami sarankan agar melakukan pemeliharaan yang tepat agar skotlet tetap terlihat bagus dan tidak cepat rusak. Jadi, bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan baru pada sepeda motor, skotlet sepertinya menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan.

Bagikan: