Biaya Pengiriman Hewan Lewat Pesawat Dalam & Luar Negeri 2023

Fian Lutfianto

Biaya Pengiriman Hewan Lewat Pesawat Dalam & Luar Negeri

Biaya Pengiriman Hewan Lewat Pesawat – Para pecinta hewan peliharaan tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk keselamatan dan kenyamanan hewan kesayangan mereka, tak terkecuali jika harus melakukan pengiriman hewan lewat pesawat.

Khusus mengenai proses pengiriman hewan lewat pesawat terbang, kami punya informasi terkait prosedur pengiriman tersebut. Proses pengiriman hewan melalui pesawat terbang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti dokumen serta biaya pengiriman yang dibebankan pada pemilik hewan.

Setiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan dan ketentuan biaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengirim hewan kesayangan lewat pesawat, alangkah baiknya cari tahu dulu informasi syarat dan biaya pengiriman yang diperlukan.

Biasanya biaya pengiriman hewan lewat pesawat ditentukan berdasarkan berat dan kelas penerbangan. Ada juga beberapa faktor lain yang menjadi acuan dalam menetapkan biaya tersebut seperti tujuan pengiriman, ukuran dan berat hewan. Supaya lebih jelas, berikut telah kami siapkan ulasan tentang biaya pengiriman hewan lewat pesawat terbang, lengkap dengan informasi syarat,

Biaya Pengiriman Hewan Lewat Pesawat

Biaya Pengiriman Hewan Lewat Pesawat

Jika Anda memiliki hewan kesayangan yang perlu dikirim ke tujuan dengan pesawat, maka biaya pengiriman hewan lewat pesawat harus menjadi salah satu pertimbangan. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan keputusan untuk menggunakan jasa pengiriman hewan lewat pesawat, diantaranya :

  1. Kandang harus memenuhi standar internasional – Kandang harus memenuhi standar internasional seperti ketentuan International Air Transport Association (IATA) untuk pengiriman hewan.
  2. Pastikan hewan Anda dalam kondisi sehat – Pastikan hewan dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit menular. Misal kucing Anda sedang terkena Scabies, maka sebelum di kirim lewat pesawat, sebaiknya lakukan suntik Scabies terlebih dahulu. Begitu juga untuk hewan lainnya.
  3. Dokumen harus lengkap – Sertifikasi dan dokumen lainnya harus diatur dengan benar. Ini termasuk sertifikat kesehatan dan sertifikasi vaksinasi, serta ijin pengepakan dari pihak maskapai penerbangan.
  4. Menyediakan makanan dan minuman – Pastikan makanan yang diberikan pada hewan selama dalam pengiriman sudah memadai.
  5. Mengenakan tanda pengenal di kandang – Tuliskan nama dan alamat penerima yang jelas pada kandang agar dapat dicocokkan ketika tiba di tempat tujuan.

Sedikit tambahan, untuk pengiriman hewan lewat pesawat Anda tidak perlu biaya untuk memesan packing kayu layaknya pengiriman barang via JNE. Ketika mengirim barang pecah belah via JNE, biasanya petugas menyarankan untuk menggunakan packing kayu dimana biaya packing kayu itu sendiri dibebankan pada pihak pengirim barang.

Sementara itu, sebagian besar maskapai di dalam maupun di luar negeri memiliki kebijakan terkait daftar hewan yang boleh menggunakan jasa pengiriman hewan lewat pesawat, yaitu :

Anjing dan Kucing

Biaya pengiriman anjing atau kucing lewat pesawat tergantung pada berat dan ukuran hewan, serta jarak tempuh pengiriman. Biaya tersebut juga bisa dipengaruhi oleh kebijakan dan pelayanan maskapai penerbangan. Untuk jarak tempuh yang jauh, biaya pengiriman anjing atau kucing bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Burung dan Reptil

Untuk burung dan reptil, biaya pengiriman lewat pesawat juga tergantung pada berat dan ukuran hewan, serta jarak pengiriman. Biasanya, maskapai penerbangan mengenakan biaya tambahan untuk kandang yang digunakan untuk mengirimkan hewan tersebut. Biaya pengiriman burung atau reptil bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Ikan

Untuk pengiriman ikan lewat pesawat, biaya tergantung pada jarak pengiriman dan ukuran aquarium yang digunakan untuk transportasi. Maskapai penerbangan biasanya menentukan tarif pengiriman ikan berdasarkan berat aqua dan jarak pengiriman. Biaya pengiriman ikan bisa mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Hewan Ternak

Untuk biaya pengiriman hewan ternak lewat pesawat, tergantung pada jenis hewan dan berat badannya. Maskapai penerbangan biasanya akan menetapkan tarif berdasarkan kilogram, jenis hewan, dan jarak pengiriman. Biaya pengiriman hewan ternak bisa mencapai jutaan rupiah.

Jenis HewanUkuranBiaya
Anjing Kecil30-45 cm / 5-12 kgRp 1.500.000 – Rp 2.500.000
Anjing Sedang45-60 cm / 12-20 kgRp 2.500.000 – Rp 3.500.000
Anjing Besar60-75 cm / 20-35 kgRp 3.500.000 – Rp 5.500.000
Kucing14-45 cm / 2-5 kgRp 1.500.000 – Rp 2.500.000

Sebelum mengirimkan hewan dengan pesawat, pastikan untuk mengecek biaya yang dibutuhkan serta jenis hewan yang bisa dikirim. Setiap jenis hewan memiliki aturan yang berbeda-beda dalam pengiriman.

Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen penting seperti surat kesehatan serta surat izin yang diperlukan. Jangan lupa juga untuk mengecek jadwal penerbangan yang tersedia di maskapai tertentu serta ketersediaan tempat dalam penerbangan tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa merencanakan pengiriman hewan Anda dengan aman dan memastikan kenyamanan hewan selama dalam perjalanan.

Perbedaan Biaya Kirim Hewan Dalam & Luar Negeri

Jika Anda ingin membeli hewan peliharaan dari luar negeri atau memindahkan hewan peliharaan Anda ke luar negeri maka biaya nya akan lebih mahal dibandingkan mengirim hewan lewat pesawat dengan tujuan antar kota di Indonesia.

Ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara biaya pengiriman hewan dalam negeri dan antar negara. Berikut adalah daftar biaya pengiriman hewan lewat pesawat dalam negeri dan antar negara:

Jenis HewanPengiriman Dalam NegeriPengiriman Antar Negara
AnjingRp 1.000.000 – Rp 3.000.000Rp 5.000.000 – Rp 20.000.000
KucingRp 500.000 – Rp 1.500.000Rp 3.000.000 – Rp 15.000.000
BurungRp 500.000 – Rp 1.500.000Rp 5.000.000 – Rp 25.000.000
ReptilRp 2.000.000 – Rp 5.000.000Rp 10.000.000 – Rp 50.000.000

Untuk pengiriman hewan dalam negeri, biaya pengiriman biasanya lebih murah karena jarak yang ditempuh tidak sejauh pengiriman antar negara. Selain itu, proses perizinan juga lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Sementara untuk pengiriman hewan antar negara, biaya pengiriman lebih mahal karena prosedur yang lebih rumit dan biaya perizinan yang lebih besar. Selain itu, jarak yang lebih jauh juga mempengaruhi tarif pengiriman. Biaya tersebut hanya untuk estimasi, harga bisa berbeda tergantung dari berat hewan, jarak, serta tujuan pengiriman.

Biaya Asuransi & Perlindungan Hewan Selama Perjalanan

Biaya asuransi dan perlindungan hewan selama dalam pengiriman adalah hal yang sangat penting dan memerlukan perhatian sangat serius. Jika Anda mengirimkan hewan kesayangan Anda melalui pesawat, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil asuransi agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan asuransi tambahan untuk hewan selama dalam pengiriman, namun biayanya sangat bervariasi tergantung pada jenis asuransi yang dipilih dan nilai hewan tersebut. Sebagai pemilik hewan, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil asuransi terbaik yang sesuai dengan bawahannya.

Berikut ini adalah tabel perhitungan biaya asuransi dan perlindungan hewan selama dalam pengiriman melalui maskapai penerbangan.

Jenis HewanBiaya Asuransi
AnjingRp. 500,000 – Rp. 2,500,000
KucingRp. 300,000 – Rp. 1,500,000
BurungRp. 200,000 – Rp. 1,000,000
KelinciRp. 200,000 – Rp. 1,000,000

Perlu diingat bahwa harga asuransi tersebut dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan masing-masing maskapai penerbangan. Selain itu, biaya tersebut hanya sebagai perkiraan dan dapat berubah bergantung pada berat dan nilai dari hewan yang akan dikirimkan.

Selain mempertimbangkan untuk mengambil asuransi tambahan, Anda juga harus memastikan bahwa maskapai penerbangan memberikan perlindungan hewan selama pengiriman dalam bentuk fasilitas khusus seperti kandang yang sesuai dengan jenis hewan. Kandang tersebut harus memenuhi standar IATA (International Air Transport Association) untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan hewan.

Dalam hal ini, maskapai penerbangan biasanya memberikan harga khusus untuk kandang hewan tersebut. Harga tersebut biasanya bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis kandang yang diperlukan. Pastikan Anda memilih kandang yang tepat untuk hewan Anda agar dapat merasa nyaman selama dalam perjalanan dan tiba di tujuan dengan selamat.

Berapa Lama Waktu Pengiriman Hewan Lewat Pesawat?

Biaya pengiriman hewan lewat pesawat mungkin lebih mahal daripada menggunakan jasa pengiriman darat, tetapi pengiriman nya biasanya lebih cepat dan efisien. Waktu pengiriman hewan lewat pesawat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jarak, cuaca, dan persyaratan regulasi penerbangan. Meskipun begitu, kebanyakan pengiriman hewan lewat pesawat memakan waktu kurang dari 24 jam untuk rute domestik dan kurang dari 48 jam untuk rute internasional.

Sebelum melakukan pengiriman hewan lewat pesawat, sangat penting untuk memastikan bahwa hewan dalam kondisi sehat dan memiliki akses ke makanan, minuman, dan perawatan yang cukup selama di perjalanan. Pastikan kandangnya diberikan tanda pengenal yang jelas berisi nama dan alamat yang jelas dari penerima. Dengan merencanakan persiapan dengan baik, pengiriman hewan kesayangan Anda lewat pesawat akan berjalan lancar tanpa ada masalah.

PENTING! Tips Mengirimkan Hewan Lewat Pesawat

PENTING! Tips Mengirimkan Hewan Lewat Pesawat

Melakukan pengiriman hewan lewat pesawat memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, beberapa tips berikut dapat membantu Anda untuk menghemat biaya pengiriman hewan lewat pesawat:

1. Pilih Maskapai Penerbangan

Pilihlah maskapai penerbangan yang memberikan tarif yang lebih murah namun tetap mengutamakan keamanan dan kesehatan hewan yang akan dikirim. Beberapa maskapai penerbangan juga memberikan diskon khusus untuk pengiriman hewan.

2. Waktu Pengiriman

Pilih waktu pengiriman yang tepat sehingga dapat menghemat biaya pengiriman. Biasanya, pengiriman hewan pada hari-hari tertentu seperti hari libur nasional cenderung lebih mahal. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak maskapai penerbangan untuk mengetahui jadwal pengiriman yang paling sesuai.

3. Ukuran dan Berat Hewan

Perlu diperhatikan ukuran dan berat hewan yang akan dikirim karena dapat mempengaruhi biaya pengiriman. Sebaiknya, cari informasi terlebih dahulu mengenai harga pengiriman untuk ukuran dan berat hewan yang ingin dikirim.

4. Persiapan Kandang

Persiapkan kandang dengan baik dan sesuai standar yang berlaku. Kandang yang dipersiapkan dengan baik akan memastikan kenyamanan dan keselamatan hewan yang akan dikirim. Selain itu, kandang yang sesuai standar juga dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul akibat menggunakan kandang dengan standar yang berlaku.

5. Dokumen yang Lengkap

Pastikan dokumen yang dibutuhkan untuk pengiriman hewan sudah lengkap dan sesuai. Dokumen yang tidak lengkap atau tidak sesuai dapat mempengaruhi biaya pengiriman dan bahkan bisa menimbulkan masalah hukum.

6. Menggunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Pastikan menggunakan jasa pengiriman hewan yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Jasa pengiriman terpercaya akan memberikan jaminan keamanan dan kesehatan hewan yang akan dikirim, sehingga kemungkinan terjadinya kerugian dapat diminimalisir.

7. Pemasaran Lebih Intensif

Jika memiliki bisnis pengiriman hewan, lakukan pemasaran yang lebih intensif sehingga bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan jumlah pengiriman hewan dan memperoleh diskon khusus dari maskapai penerbangan.

8. Menggunakan Asuransi

Terbuka kemungkinan terjadi kerugian saat pengiriman hewan, untuk itu sebaiknya gunakan jasa asuransi. Asuransi akan memberikan perlindungan dalam hal terjadi kerugian atau bahkan kematian hewan yang dikirim. Meskipun menggunakan jasa asuransi memerlukan biaya tambahan, namun perlindungan yang diberikan sangat berharga.

KESIMPULAN

Dari pembahasan stkipmktb.ac.id di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya pengiriman hewan lewat pesawat merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum mengirimkan hewan kesayangan Anda. Selain biaya kargo, masih ada biaya-biaya tambahan yang perlu diperhitungkan seperti biaya kesehatan dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Dalam memilih jasa pengiriman hewan lewat pesawat, pastikan untuk memilih jasa yang memenuhi standar keamanan dan kesehatan hewan sesuai peraturan yang berlaku. Jangan lupa juga untuk memastikan kesiapan hewan Anda sebelum dikirimkan, seperti kesehatan hewan yang baik dan pengemasan yang aman dan benar.

Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan dan keselamatan hewan kesayangan Anda selama perjalanan menggunakan pesawat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang biaya pengiriman hewan lewat pesawat. Terima kasih telah membaca.

Bagikan: