DekorumaShopee

Biaya Masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri Tahun Ajaran 2024

Biaya Masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri

Biaya Masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri – SMK Taruna Brawijaya di Kediri terkenal sebagai salah satu sekolah menengah atas yang paling diminati di Jawa Timur. Tak heran jika biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri selalu menarik perhatian orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya.

SMA Taruna Brawijaya Kediri mempunyai spesialisasi dalam bidang otomotif, listrik, dan elektronik. Sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan siswa yang kompeten dan profesional dalam bidang teknologi dan bisnis otomotif. Karena itu, biaya masuknya tergolong mahal dibandingkan dengan SMA lain.

Menurut informasi yang diterima, biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri untuk tahun ajaran baru sebesar Rp 15 juta. Biaya tersebut terbilang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah ini. Siswa yang telah diterima di SMA Taruna Brawijaya Kediri tidak hanya akan mendapat pendidikan berkualitas, tetapi juga dibekali dengan berbagai keterampilan dan keahlian yang akan membuka peluang kerja di masa depan.

Dalam biaya masuk tersebut sudah termasuk pembayaran administrasi, seragam sekolah, serta buku-buku pelajaran yang akan digunakan selama masa belajar. Adapun, biaya-biaya lain seperti uang makan, les, dan kegiatan ekstrakurikuler tidak termasuk dalam biaya tersebut. Penasaran mengenai biayanya? Silakan simak dan terus ikuti pembahasan yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Sejarah dan Profil SMA Taruna Brawijaya Kediri

Sejarah dan Profil SMA Taruna Brawijaya Kediri

SMA Taruna Brawijaya Kediri merupakan sebuah sekolah menengah atas yang berdiri sejak tahun 1976 di Kota Kediri, Jawa Timur. Sekolah ini memiliki konsep pendidikan militer yang kental dan mengacu pada tradisi Perguruan Tinggi TNI ditempatkan di dalam kampus Komando Daerah Militer V/Brawijaya. SMA Taruna Brawijaya Kediri berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, bermartabat dan beretika bagi siswa-siswa yang berprestasi.

TenzoLiving

Dalam pelaksanaannya, SMA Taruna Brawijaya Kediri tidak hanya mengandalkan aspek akademik semata, melainkan juga memberikan pelatihan kepemimpinan, pembentukan karakter dan pelatihan fisik kebugaran yang didukung oleh latihan militer. Diharapkan, melalui program tersebut, siswa dapat menjadi generasi bangsa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan, serta disiplin yang tinggi.

SMA Taruna Brawijaya Kediri telah melalui berbagai tahap penyaringan untuk memilih calon siswa yang berpotensi untuk mendapat pendidikan di sekolah ini. Tahap seleksi pertama adalah mengisi formulir pendaftaran online dan mengirimkan dokumen pendukung seperti ijazah dan rapor dari semester sebelumnya. Setelah itu, calon siswa akan diundang untuk mengikuti tes tertulis yang meliputi tiga bidang studi yaitu matematika, bahasa Inggris, dan fisika.

Setelah mengikuti tes tertulis, tiga puluh calon siswa teratas akan dipanggil untuk mengikuti tes praktek di sekolah. Calon siswa akan diberikan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Setelah selesai, hasil tugas tersebut akan dinilai oleh tim pengajar SMA Taruna Brawijaya Kediri. Terakhir, para calon siswa akan diundang untuk mengikuti wawancara dengan kepala sekolah dan pengurus SMA Taruna Brawijaya Kediri.

SMA Taruna Brawijaya Kediri mempunyai fasilitas belajar yang memadai seperti laboratorium otomotif, listrik, dan elektronik yang modern. Selain itu, sekolah ini juga mempunyai perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku-buku terbaru dalam bidang teknologi otomotif di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa, SMA Taruna Brawijaya Kediri juga sering mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seperti kompetisi robotik, olimpiade sains, dan pembelajaran Bahasa Inggris intensif. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan dan bakat serta mendapatkan pengalaman yang bermanfaat.

Fasilitas di SMA Taruna Brawijaya Kediri

Selain itu SMA Taruna Brawijaya Kediri didukung oleh fasilitas lengkap yang memadai, seperti lapangan olahraga, lapangan tembak, sarana penginapan, serta perpustakaan. Selain itu, sekolah ini juga memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya. Jika kalian tertarik untuk mengajukan diri menjadi siswa SMA Taruna Brawijaya Kediri, maka perlu diketahui bahwa biaya masuknya.

Diharapkan dengan biaya masuk yang mahal tersebut, SMA Taruna Brawijaya Kediri dapat memberikan pendidikan yang terbaik untuk siswa-siswa yang berminat melanjutkan pendidikan di sekolah ini. Kedepannya, SMA Taruna Brawijaya Kediri berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan dan memperkuat program-program yang sudah ada agar dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.

Biaya Masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri

SMA Taruna Brawijaya Kediri adalah sebuah sekolah menengah atas unggulan yang berlokasi di Kabupaten Kediri. Dalam proses penerimaan siswa baru, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan, seperti biaya pendaftaran, biaya seleksi, biaya pembangunan, dan lain sebagainya. Berikut adalah rincian biaya masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri:

KomponenBiaya
Biaya masukRp 22.500.000
Biaya asramaRp 5.850.000
Biaya seragamRp 6.750.000
Biaya administrasiRp 1.450.000
Biaya pengembanganRp 1.000.000
Biaya lain-lainRp 2.500.000
TotalRp 40.050.000

Biaya pendaftaran dan biaya seleksi merupakan biaya yang harus dibayar ketika siswa akan mendaftar di SMA Taruna Brawijaya Kediri. Biaya pendaftaran biasanya dibayarkan saat mendaftarkan diri dan biaya seleksi dibayarkan ketika akan mengikuti tes masuk.

Biaya bangunan merupakan biaya pembangunan dan renovasi gedung sekolah. Biaya seragam merupakan biaya pembelian seragam sekolah, sementara biaya kegiatan merupakan biaya untuk mengikuti kegiatan di sekolah seperti ekstrakurikuler dan acara perpisahan.

Para calon siswa juga dapat mengajukan beasiswa atau bantuan biaya masuk kepada sekolah. Beasiswa yang diberikan beragam, mulai dari prestasi akademik hingga prestasi olahraga. Namun, syarat dan cara pendaftarannya juga berbeda-beda tergantung jenis beasiswa yang diinginkan siswa.

Kesimpulannya, SMA Taruna Brawijaya Kediri memiliki berbagai jenis biaya yang harus dibayarkan saat penerimaan siswa baru. Setiap jenis biaya memiliki jumlah yang berbeda dan harus dibayarkan dalam waktu yang ditentukan.

Selain itu juga terdapat beasiswa atau bantuan biaya yang dapat diajukan oleh calon siswa sesuai dengan jenis yang diinginkan. Jumlah biaya di atas hanya sebagai gambaran besaran biaya masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Pembayaran Biaya Masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri

Biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri merupakan salah satu yang harus dipenuhi ketika ingin mendaftarkan diri sebagai siswa baru di sekolah ini. Pada tahun ajaran baru, biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri terdiri dari beberapa komponen seperti biaya pendaftaran, biaya seleksi, dan biaya masuk.

Untuk mengisi dan membayarkan biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri, berikut adalah beberapa cara pembayaran yang dapat dilakukan:

1. Pembayaran Tunai

Calon siswa bisa membayar biaya masuk langsung di kantor penerimaan SMA Taruna Brawijaya Kediri dengan menggunakan uang tunai. Langkah pembayaran tunai adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangi kantor penerimaan SMA Taruna Brawijaya Kediri
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Membayar biaya masuk sesuai dengan yang tertera pada formulir pendaftaran kepada petugas penerimaan.
  4. Petugas akan memberikan struk pembayaran sebagai bukti pembayaran

2. Pembayaran Transfer Bank

Pembayaran biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri dapat juga dilakukan dengan transfer bank. Berikut adalah langkah-langkah pembayaran via transfer bank:

  1. Melakukan transfer sesuai dengan total biaya masuk ke rekening bank yang telah ditentukan oleh SMA Taruna Brawijaya Kediri
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Mengunggah bukti transfer pada formulir online pembayaran
  4. Petugas akan memverifikasi pembayaran dan memberikan struk pembayaran kepada orang tua

3. Kartu Kredit dan Debit

Pembayaran biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri juga dapat dilakukan dengan kartu kredit dan debit. Berikut adalah langkah-langkah pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit:

  1. Membawa kartu kredit dan/atau kartu debit ke kantor penerimaan SMA Taruna Brawijaya Kediri
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Petugas akan mengambil informasi kartu dan melakukan transaksi pembayaran.
  4. Petugas akan memberikan struk pembayaran sebagai bukti pembayaran

4. Installment Program BCA

SMA Taruna Brawijaya Kediri bekerja sama dengan Bank BCA untuk menyediakan program cicilan pembayaran biaya masuk. Cicilan dapat dilakukan dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Berikut adalah langkah-langkah pembayaran dengan menggunakan program cicilan BCA:

  1. Membuat kartu kredit BCA dan/atau memiliki limit kredit yang cukup
  2. Melengkapi dokumen yang diperlukan untuk mengajukan cicilan melalui bank
  3. Menandatangani surat perjanjian cicilan dengan Bank BCA
  4. Langkah selanjutnya mengikuti prosedur pembayaran yang telah ditentukan oleh bank

Demikian adalah beberapa cara pembayaran biaya masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan orang tua. Namun perlu diingat, biaya masuk yang sudah dibayarkan, tidak dapat dikembalikan atau dipindah ke siswa lain.

Keuntungan Mendaftar di SMA Taruna Brawijaya Kediri

SMA Taruna Brawijaya Kediri terkenal dengan kurikulum pendidikannya yang berbasis militer dan ingin membentuk siswa yang disiplin. Selain itu, seluruh siswa tinggal di asrama sehingga memudahkan dalam pengawasan dan pembinaan.

Di SMA Taruna Brawijaya Kediri, kalian juga bisa memperoleh pelatihan kepemimpinan, olahraga, dan bela diri dari ahlinya. Selain itu, sekolah ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti kelompok belajar, perpustakaan, laboratorium, dan asrama yang bersih dan nyaman.

Jadi, meskipun biaya masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri tergolong tinggi, namun kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tak ternilai dari pendidikan di sekolah ini.

NoBiayaKomponen BiayaKeterangan
Siswa LamaSiswa Baru
1SPPRp. 125.000Rp. 150.000Tiap Bulan
2Uang GedungRp. 50.000Rp. 100.000Tiap Bulan
3Iuran Komite SekolahRp. 50.000Rp. 50.000Tiap Bulan
4Iuran OSISRp. 5.000Rp. 5.000Tiap Bulan
5Iuran KoperasiRp. 10.000Rp. 10.000Tiap Bulan
6Buku SekolahSesuai kebutuhanSesuai kebutuhanSetiap Tahun
7Pakaian SeragamSesuai kebutuhanSesuai kebutuhanSetiap Tahun

Biaya masuk di SMA Taruna Brawijaya Kediri tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kualitas pendidikan dan fasilitas yang ditawarkan oleh sekolah ini. Selain itu, sekolah ini juga bersedia memberikan kemudahan bagi siswa yang kurang mampu melalui program beasiswa. Tentunya, orang tua dan calon siswa tetap harus mempertimbangkan bersama-sama mengenai biaya masuk dan biaya hidup selama bersekolah di SMA Taruna Brawijaya Kediri.

SMA Taruna Brawijaya Kediri juga menerima sponsor dari berbagai instansi atau perusahaan. Sponsor tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu siswa untuk belajar dengan lebih baik.

Dalam rangka mencetak siswa-siswa yang memiliki kompetensi berstandar internasional, SMA Taruna Brawijaya Kediri kerap mengadakan kunjungan ke berbagai perusahaan maupun sekolah dalam dan luar negeri. Hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, sekolah ini selalu membuka diri untuk menjadi bagian dari program CSR perusahaan atau lembaga untuk membiayai program-program yang berguna bagi kemajuan pendidikan di SMA Taruna Brawijaya Kediri.

Syarat Pendaftaran di SMA Taruna Brawijaya Kediri

Jika berminat untuk daftar di SMA Taruna Brawijaya Kediri, maka kalian perlu mengetahui informasi syarat ketentuan pendaftarannya. Di mana untuk syarat itu sendiri dan jadwal pendaftaran bisa dilihat di pembahasan di bawah ini/

Syarat

  • Minimal tinggi 155 cm untuk laki
  • Minimal tinggi 150 cm untuk perempuan
  • Tidak bertindik bagi laki-laku
  • Tidak bertato
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia bayar biaya pendidikan

Jadwal

  • Pendaftaran Online 2 – 13 Januari 2023
  • Seleksi Administrasi 16 – 28 Januari 2023
  • Webinar CBT 1 Februari 2023
  • Try Out Serentak 5 Februari 2023
  • Try Out Mandiri 2 – 10 Februari 2023
  • Seleksi Akademik Tahap 1 (Online) 11 – 12 Februari 2023
  • Rikkes 20 – 27 Februari 2023
  • Wawancara (Online) 3 – 5 Maret 2023
  • Seleksi Tahap 2 (Seleksi Akademik 2, Tes Psikologi, Tes Kesehatan Jasmani) 17 – 19 Maret 2023
  • Pengumuman Akhir April 2023

Beasiswa di SMA Taruna Brawijaya Kediri

Biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri memang tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan sekolah lain, namun hal ini diimbangi dengan diskon dan beasiswa yang bisa didapatkan oleh siswa-siswi yang berpotensi. Berikut ini adalah beberapa diskon dan beasiswa yang ditawarkan oleh SMA Taruna Brawijaya Kediri:

1. Diskon Berprestasi

Untuk siswa-siswi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik, SMA Taruna Brawijaya Kediri memberikan diskon biaya masuk yang cukup besar. Beberapa faktor yang diperhitungkan dalam penentuan diskon ini antara lain nilai rapor, penghargaan/prestasi yang diraih, dan aktifitas ekstrakurikuler yang diikuti. Diskon ini bisa mencapai 50% dari biaya masuk biasa.

2. Beasiswa Pendidikan

SMA Taruna Brawijaya Kediri juga memberikan beasiswa pendidikan untuk siswa-siswi yang membutuhkan. Beasiswa ini bersifat penuh atau sebagian, tergantung dari kondisi keuangan keluarga siswa-siswi tersebut. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat, antara lain harus memiliki nilai rapor yang cukup baik dan aktif dalam kegiatan sosial atau bantuan saat terjadi bencana.

3. Beasiswa Prestasi

Beasiswa prestasi diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki potensi dalam bidang olahraga, seni, atau lainnya. Beasiswa ini mencakup biaya masuk hingga biaya pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan potensi yang dimiliki siswa-siswi tersebut. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat dan harus terbukti dengan prestasi dan penghargaan yang diraih di tingkat regional atau nasional.

5. Beasiswa Sosial

Beasiswa sosial diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki kondisi sosial ekonomi yang kurang mampu namun memiliki potensi dalam bidang akademik atau non-akademik. Beasiswa ini mencakup biaya masuk hingga biaya pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan potensi yang dimiliki siswa-siswi tersebut. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

6. Beasiswa Kerjasama

SMA Taruna Brawijaya Kediri juga menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan atau institusi pendidikan untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi dan membutuhkan. Beasiswa ini mencakup biaya masuk hingga biaya pelaksanaan kegiatan yang terkait. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat tergantung dari kerjasama yang dibuat.

7. Beasiswa UKT

Beasiswa UKT (Uang Kuliah Tunggal) diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki kondisi sosial ekonomi yang kurang mampu. Beasiswa ini memberikan pemotongan biaya masuk hingga 100%. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Diskon dan beasiswa yang ditawarkan oleh SMA Taruna Brawijaya Kediri memang cukup banyak dan tergolong besar. Hal ini menunjukkan bahwa SMA Taruna Brawijaya Kediri memberikan kesempatan yang sama untuk bisa bersekolah di sekolah yang berkualitas ini. Bagi siswa-siswi yang berpotensi dan memerlukan, tidak ada salahnya mencoba untuk mendapatkan diskon atau beasiswa yang ditawarkan. Semua itu tentunya harus diimbangi dengan peningkatan prestasi yang lebih baik lagi.

Prospek Karir dan Pendidikan Lanjutan Setelah Lulus dari SMA Taruna Brawijaya Kediri

Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Brawijaya Kediri merupakan sebuah sekolah unggulan yang memiliki reputasi tinggi di Jawa Timur. SMA Taruna Brawijaya Kediri menawarkan pendidikan tingkat menengah atas dengan konsentrasi pada pengembangan karakter santri, akademis dan kemampuan bahasa.

Dengan biaya masuk yang terjangkau, sekolah ini mampu menarik perhatian orangtua yang ingin menempatkan anak mereka di sebuah sekolah unggulan. Tak hanya itu, SMA Taruna Brawijaya Kediri juga menjanjikan prospek karir dan pendidikan lanjutan yang menjanjikan untuk siswanya setelah lulus.

Berikut adalah beberapa pilihan karir dan pendidikan lanjutan yang bisa diambil oleh siswa SMA Taruna Brawijaya Kediri:

1. Pendidikan Sains dan Teknologi

SMA Taruna Brawijaya Kediri menawarkan program kejuruan yang berkonsentrasi pada pendidikan sains dan teknologi, seperti jurusan Teknik Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Kimia atau juga bisa memilih jurusan Biologi, fisika, matematika dan kimia untuk kuliah Sains dan Teknologi di universitas terkemuka di indonesia atau luar negeri.

2. Pendidikan Kedokteran

SMA Taruna Brawijaya Kediri memiliki program kejuruan kedokteran yang dapat membuka peluang siswa untuk menempuh pendidikan kedokteran di perguruan tinggi terkemuka di dalam maupun luar negeri. Setelah lulus dari program ini, siswa dapat bekerja sebagai dokter spesialis atau mengambil program pendidikan profesi kedokteran.

3. Pendidikan Bisnis dan Manajemen

SMA Taruna Brawijaya Kediri juga memiliki program kejuruan bisnis dan manajemen yang dapat membuka peluang siswa untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang bisnis dan manajemen. Setelah lulus dari program ini, mereka dapat bekerja di perusahaan besar sebagai manajer atau mengambil program pendidikan bisnis dan manajemen di perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri.

4. Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora

SMA Taruna Brawijaya Kediri memiliki program kejuruan pengetahuan sosial dan ilmu humaniora yang dapat membuka peluang siswa untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang tersebut. Setelah lulus dari program ini, siswa dapat bekerja sebagai public relation, pengamat sosial, atau mengambil program pendidikan lanjutan di perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri.

5. Karir Militer

SMA Taruna Brawijaya Kediri juga memiliki program yang mengarahkan siswa untuk meniti karir di dunia militer. Karir ini membuka peluang siswa untuk bergabung dengan militer seperti polisi, tentara, dan badan lainnya sebagai sarjana muda. Peluang untuk meniti karir di militer sangat menjanjikan, baik dari sisi pengembangan karir maupun kebijakan yang melindungi kesejahteraan prajurit.

6. Pendidikan Teknologi Informasi

Program Teknologi Informasi yang ditawarkan SMA Taruna Brawijaya Kediri membuka peluang siswa untuk meniti karir di dunia IT. Di era digital seperti saat ini, karir di bidang IT sangat menjanjikan karena permintaan pasar akan talenta di bidang ini semakin meningkat.

7. Pendidikan Bahasa

Program Bahasa yang ditawarkan SMA Taruna Brawijaya Kediri membuka peluang siswa untuk meniti karir di dunia penerjemahan, jurnalistik, dan pengajaran. Siswa dapat mengambil program pendidikan bahasa di perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri ataupun bekerja sebagai penerjemah atau pengajar bahasa.

8. Pendidikan Seni dan Budaya

Program seni dan budaya di SMA Taruna Brawijaya Kediri membuka peluang siswa untuk meniti karir di dunia seni dan budaya, seperti seniman, fotografer, konsultan seni, dan lainnya. Di program ini, siswa akan dituntut untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka sehingga dapat sukses di dunia industri kreatif.

Setelah lulus dari SMA Taruna Brawijaya Kediri dengan persiapan dan keahlian yang baik, siswa dapat meniti karir dan pendidikan lanjutan yang menjanjikan di berbagai bidang. Dengan biaya masuk yang terjangkau dan kualitas pendidikan unggulan, SMA Taruna Brawijaya Kediri menjadi sebuah pilihan tepat bagi siswa yang ingin sukses di masa depan.

Akhir Kata

Melihat dari biaya masuk di atas, bisa dikatakan hampir sama seperti biaya masuk SMA 2 Sumbar, di mana total biaya masuk terdiri dari beberapa komponen seperti misalnya biaya pendaftaran, biaya pembangunan dan biaya lainnya. Mungkin seperti itu saja pembahasan dapat kami sajikan mengenai apa itu biaya masuk SMA Taruna Brawijaya Kediri.

Jika berminat atau orang tua kalian ingin memasukkan ke SMA Taruna Brawijaya Kediri, informasi mengenai biaya masuk yang stkipmktb.ac.id sampaikan di atas diharapkan bisa membantu. Sehingga nantinya kalian bisa memiliki gambaran uang atau biaya yang musti disediakan pada saat ingin masuk atau daftar sekolah di SMA Taruna Brawijaya Kediri.

Bagikan:

DekorumaShopee