Biaya Masuk Pondok Pesantren as Syifa Subang Ajaran 2023

Firman Herdian

Biaya Masuk Pondok Pesantren as Syifa Subang

Biaya Masuk Pondok Pesantren as Syifa Subang – Pengalaman belajar di pondok pesantren merupakan suatu hal yang amat bermanfaat bagi setiap individu. Selain dapat memperdalam pengetahuan agama, para santri juga dapat mengasah kemampuan sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.

Pondok pesantren memiliki berbagai keunggulan dalam memberikan pendidikan, dimana pengajaran dilakukan secara intensif dan sistematis. Namun, selain keunggulan, pendaftaran di pondok pesantren juga memerlukan biaya yang cukup besar. Hal ini perlu dipertimbangkan oleh calon santri dan orang tua sebelum memutuskan masuk ke dalam suatu ponpes.

Salah satu pondok pesantren yang terkenal di daerah Subang adalah Pondok Pesantren As Syifa. Pondok pesantren yang beralamat di Kelurahan Astanaanyar Kecamatan Subang tersebut telah berdiri sejak beberapa tahun lalu dan telah melahirkan banyak alumni yang berkualitas. Pondok pesantren ini memiliki kurikulum yang lengkap dan mengacu pada standar nasional pendidikan pesantren.

Pendaftaran di Pondok Pesantren As Syifa memerlukan biaya yang cukup tinggi. Lalu berapa biaya masuk pondok pesantren as Syifa Subang? Jika Anda sedang mencari informasi biaya tersebut, dengan membuka dan berada di artikel ini adalah pilihan yang tepat karena kami akan sampaikan secara lengkap biaya masuk tersebut.

Sejarah Pondok Pesantren As Syifa Subang

Pondok Pesantren As Syifa Subang didirikan pada awal tahun 1990-an oleh KH. M. Yahya Hamzah. Beliau merupakan seorang tokoh agama yang berasal dari Subang, Jawa Barat. Awalnya, pondok pesantren ini hanya memiliki beberapa orang santri yang tinggal di dalamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah santri yang datang semakin bertambah dan membuat pondok pesantren ini semakin berkembang.

Seiring dengan semakin populernya pondok pesantren ini, KH. M. Yahya Hamzah pun berusaha keras untuk membuat Pondok Pesantren As Syifa Subang menjadi lebih baik dan berkualitas. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengembangkan bidang pendidikan pondok pesantren ini. Dengan demikian, para santri tidak hanya belajar tentang agama, tetapi juga mendapatkan pendidikan formal yang berkualitas.

Pengembangan bidang pendidikan ini mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat sekitar pondok pesantren As Syifa Subang. Mereka menyadari bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan anak-anak mereka. Oleh karena itu, mereka dengan sukarela memberikan dukungan finansial kepada pondok pesantren ini agar program pendidikan yang ada bisa terus berjalan dengan baik.

Salah satu program pendidikan yang dikembangkan oleh Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah program pendidikan formal. Program ini diwujudkan dengan adanya Sekolah Tinggi Agama Islam As Syifa yang berada di dalam lingkungan pondok pesantren. Sekolah tinggi tersebut menawarkan program studi yang beragam, seperti Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Fiqih, dan lain sebagainya.

Selain itu, pondok pesantren As Syifa Subang juga menawarkan program pendidikan non-formal, seperti kursus bahasa Arab dan kursus tahfizh Al-Quran. Dengan adanya program pendidikan tersebut, para santri di Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan pengetahuan mereka, baik di bidang agama maupun ilmu pengetahuan umum.

Program Pendidikan di Pondok Pesantren As Syifa Subang

Pondok Pesantren As Syifa Subang merupakan salah satu tempat pendidikan islami terbaik di Kabupaten Subang, Jawa Barat yang mana dikelola oleh Yayasan As Syifa Subang dan telah menjadi tempat pembentukan karakter serta pendalaman ilmu agama yang berkualitas bagi para santri.

Hingga saat ini pondok pesantren ini memiliki banyak program pendidikan yang diselenggarakan di Subang ini, dimana tiap program memiliki biaya yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa program pendidikan di Pondok Pesantren As Syifa Subang:

1. Pendidikan Dasar Quran & Hadist

Pendidikan Dasar Quran & Hadist merupakan program pendidikan selama 3 tahun yang dicetak untuk mengajarkan dasar-dasar ilmu agama Islam seperti belajar membaca Al-Quran, hadist, dan tafsirannya. Program ini dibuka untuk santri yang masih dibawah umur dan belum tamat SD. Biaya pendidikan Program Dasar Quran & Hadist di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah Rp1.000.000/tahun yang mana sudah termasuk biaya asrama, makan, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan pada program pendidikan ini.

2. Pendidikan Menengah Tahfizh Quran

Pendidikan Menengah Tahfizh Quran adalah program pendidikan selama 3 tahun yang bertujuan untuk membentuk para santri agar dapat menghafal Al-Quran secara utuh. Program ini dibuka untuk santri yang telah tamat SD dan berusia sekitar 12-15 tahun. Biaya pendidikan Program Menengah Tahfizh Quran di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah Rp1.200.000/tahun yang sudah termasuk biaya asrama, makan, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan pada program pendidikan ini.

3. Pendidikan Menengah Pondok Pesantren

Pendidikan Menengah Pondok Pesantren adalah program pendidikan selama 3 tahun yang bertujuan untuk pendalaman ilmu agama Islam secara khusus. Program ini dibuka untuk santri yang telah tamat SMP dan berusia sekitar 15-18 tahun. Biaya pendidikan Program Menengah Pondok Pesantren di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah Rp500.000/tahun yang mana sudah termasuk biaya asrama, makan, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan pada program pendidikan ini.

4. Pendidikan Menengah Keagamaan Plus

Pendidikan Menengah Keagamaan Plus adalah program pendidikan selama 3 tahun yang bertujuan mempelajari ilmu agama Islam dan juga terdapat beberapa mata pelajaran yang terkait dengan kurikulum pendidikan SMA. Program ini dibuka bagi santri yang telah tamat SMP dan berusia sekitar 15-18 tahun. Biaya pendidikan Program Menengah Keagamaan Plus di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah Rp3.000.000/tahun yang mana sudah termasuk biaya asrama, makan, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan pada program pendidikan ini.

5. Pendidikan Tinggi Keagamaan

Pendidikan Tinggi Keagamaan adalah program pendidikan selama 4 tahun yang bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan para santri agar menjadi ulama dan dai yang siap memimpin umat Muslim. Program ini dibuka bagi santri yang telah tamat SMA atau sederajat dan berusia sekitar 18-23 tahun. Biaya pendidikan Program Tinggi Keagamaan di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah Rp3.500.000/tahun yang mana sudah termasuk biaya asrama, makan, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan pada program pendidikan ini.

Fasilitas Tersedia di Pondok Pesantren As Syifa Subang

Fasilitas Tersedia di Pondok Pesantren As Syifa Subang

Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar santri. Berikut adalah daftar fasilitas yang tersedia di pondok pesantren As Syifa Subang:

  • Asrama
  • Ruang Kelas
  • Perpustakaan
  • Masjid
  • Asrama Putra
  • Asrama Putri
  • Asrama Bebas
  • Ruangan Belajar
  • Sepeda untuk kegiatan sehari-hari
  • Laboratorium
  • Kantin Sekolah
  • dan fasilitas lainnya

Secara keseluruhan, pondok pesantren As Syifa Subang memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar santri. Dengan biaya yang terjangkau, santri dapat mendapatkan pengalaman belajar dan penginapan yang nyaman serta fasilitas yang memadai.

Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren As Syifa Subang

Pondok Pesantren As Syifa Subang tidak hanya menawarkan pendidikan agama yang berkualitas dan fasilitas saja. Akan tetapi juga kegiatan ekstrakurikuler beragam untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik. Berikut adalah beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti di Pondok Pesantren As Syifa Subang:

1. Kesenian

Kesenian merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang populer di kalangan pesantren. Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki beberapa jenis kegiatan seni seperti rebana, marawis, tari atau kesenian lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan seni, kepribadian, dan penghayatan agama.

2. Olahraga

Olahraga adalah kegiatan ekstrakurikuler yang tidak kalah penting dari kegiatan lainnya. Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki beberapa jenis kegiatan olahraga seperti futsal, basket atau voli yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, menjalin silaturahmi antar peserta didik, dan mengembangkan mental dan kepercayaan diri.

3. Bahasa

Bahasa merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang tidak kalah penting dari kegiatan lainnya. Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki beberapa jenis kegiatan bahasa seperti bahasa Arab, bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa, mengembangkan kemampuan intelektual, dan memberikan bekal sebelum melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Sains dan Teknologi

Sains dan Teknologi merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang populer di pondok pesantren. Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki beberapa jenis kegiatan sains dan teknologi seperti robotik, elektronika atau komputer yang bertujuan untuk mengajarkan peserta didik tentang perkembangan teknologi saat ini, memperkenalkan teknologi ke masa depan, dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam sains dan matematika.

5. Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional kembali populer di kalangan masyarakat modern, termasuk pesantren. Pondok Pesantren As Syifa Subang memiliki beberapa jenis kegiatan olahraga tradisional seperti pencak silat, tenis meja atau sepak takraw yang bertujuan untuk memperkenalkan olahraga tradisional, menjaga keberlangsungan budaya Indonesia, serta mengembangkan keterampilan dan mental peserta didik.

Dengan beragamnya pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan di Pondok Pesantren As Syifa Subang, peserta didik tidak hanya dapat belajar agama yang berkualitas, tetapi juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka serta memberikan bekal untuk masa depan mereka.

Biaya Masuk di Pondok Pesantren As Syifa Subang

Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah salah satu pondok pesantren yang terkenal di Indonesia. Pondok ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi para santri wanita yang ingin memperdalam ilmu agama Islam. Selain itu, pondok pesantren ini juga menawarkan beragam program untuk melatih keterampilan serta memperkuat karakter santri.

Namun sebelum memutuskan untuk masuk ke pondok pesantren ini, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah biaya masuk dan tahunannya. Berikut ini adalah informasi lebih detail tentang biaya masuk dan tahunan di Pondok Pesantren As Syifa Subang.

1. Biaya Masuk

Untuk bisa masuk ke Pondok Pesantren As Syifa Subang, calon santri perlu membayar biaya masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biaya masuk ini berbeda-beda tergantung pada program kegiatan yang ingin diikuti oleh santri. Adapun rincian biaya masuk di Pondok Pesantren As Syifa Subang adalah sebagai berikut:

Program PendidikanBiaya Masuk
Program Tahfizh Al-QuranRp 6.000.000,-
Program Kursus Bahasa ArabRp 7.500.000,-
Sekolah Dasar (SD)Rp 8.000.000,-
Sekolah Menengah Pertama (SMP)Rp 10.000.000,-
Sekolah Menengah Atas (SMA)Rp 12.000.000,-

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa biaya masuk di Pondok Pesantren As Syifa Subang cukup terjangkau sehingga dapat dipertimbangkan oleh keluarga yang ingin memberikan pendidikan agama yang baik bagi anak perempuan mereka.

2. Biaya Tahunan

Tidak hanya biaya masuk, biaya tahunan di Pondok Pesantren As Syifa Subang juga perlu diperhatikan oleh orang tua atau wali santri. Biaya tahunan ini digunakan untuk membayar seluruh kebutuhan hidup sehari-hari dari santri, termasuk biaya makan, asrama, dan kegiatan belajar mengajar. Berikut ini adalah rincian biaya tahunan yang perlu diketahui oleh calon santri:

Nama FasilitasBiaya
AsramaRp. 2.500.000/tahun
Ruang KelasRp. 250.000/bulan
PerpustakaanRp. 50.000/bulan
Asrama PutraRp. 2.800.000/tahun
Asrama PutriRp. 2.800.000/tahun
Asrama BebasRp. 3.000.000/tahun
MakananRp 2.000.000
Kegiatan Belajar MengajarRp 1.500.000

Dari tabel di atas, dapat diketahui bahwa biaya tahunan di Pondok Pesantren As Syifa Subang cukup terjangkau sama halnya biaya masuk pondok pesantren Assalam Solo, Darul Ulum Jombang dan berbagai pondok pesantren yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Syarat dan Cara Daftar Masuk ke Pondok Pesantren As Syifa Subang

Prosedur pendaftaran ke Pondok Pesantren As Syifa Subang tergolong mudah dan tidak terlalu rumit. Di mana para calon santri hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan. Mengenai syarat yang dibutuhkan itu sendiri seperti misalnya:

  • Fotokopi NIK
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Surat keterangan sehat.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya masuk Pondok Pesantren As Syifa Subang cukup terjangkau layaknya biaya masuk pondok pesantren Al Azhar atau pondok lain. Selain itu pondok pesantren ini juga tawarkan berbagai fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Diharapkan dengan adanya pembahasan biaya masuk pondok pesantren yang stkipmktb.ac.id sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk semua. Terutama bagi para calon santri atau orang tua yang memiliki niat untuk memasukkan anaknya di pondok pesantren As Syifa Subang guna memperdalam ilmu agama.

Bagikan: