DekorumaShopee

Biaya Masuk MAN 3 Jombang 2024 : Pendaftaran & Beasiswa

Biaya Masuk MAN 3 Jombang Pendaftaran & Beasiswa

Biaya Masuk MAN 3 Jombang – Sebagai salah satu SMA favorit di Jombang, Man 3 Jombang telah mencetak banyak lulusan yang sukses dalam berbagai bidang. Prestasi-prestasi tersebut sebagai bukti konsistensi mereka dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan menjadikan Man 3 Jombang sebagai institusi yang dihormati di wilayah Jawa Timur.

Untuk mencapai standar tersebut, Man 3 Jombang selalu mengutamakan aspek pendidikan yang holistik, yang tidak hanya berfokus pada peningkatan akademik siswa, tetapi juga memperhatikan perkembangan siswa dalam hal sosial, emosional, dan budaya. Berbagai program ekstrakurikuler yang menarik, event-acara yang menantang serta kegiatan-kegiatan sosial sering dikembangkan untuk memperkuat karakter siswa dan mengembangkan kreativitas mereka.

Di tahun ini, Man 3 Jombang membuka pendaftaran untuk siswa baru dengan cara yang lebih modern dan efisien. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi sekolah, yang dilengkapi dengan sistem pembayaran yang mudah dan aman. Calon siswa yang ingin mendaftar harus mempersiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan, seperti hasil rapor, sertifikat prestasi, serta surat keterangan dari sekolah asal.

Sementara itu, yang tidak kalah penting para Orang Tua atau Wali juga harus memikirkan biaya masuk MAN 3 Jombang. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menempuhkan pendidikan di MAN 3 Jombang? Cari tahu jawaban nya di bawah ini.

Sejarah dan Profil MAN 3 Jombang

Sekolah ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1985. MAN 3 Jombang merupakan satu-satunya sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Jombang yang berbasis agama Islam. Saat ini, sekolah ini memiliki 29 kelas dan dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

TenzoLiving

MAN 3 Jombang memiliki motto “Visionary, Professional, Inspirative” yang diharapkan dapat menginspirasi para siswa untuk menjadi generasi yang berkualitas dan sukses. Sebagai sebuah madrasah aliyah, MAN 3 Jombang terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi serta mengembangkan kurikulum berbasis pendidikan agama Islam untuk membentuk karakter siswanya.

Siswa MAN 3 Jombang tidak hanya mendapatkan pendidikan akademik, tetapi juga mendapatkan pendidikan karakter yang baik berdasarkan ajaran agama Islam. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat di berbagai bidang seperti seni tari, musik, olahraga, dan lain-lain melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ada banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih, mulai dari keagamaan, kesenian, olahraga, hingga ilmu pengetahuan dan teknologi.

Biaya Masuk MAN 3 Jombang

Biaya Masuk MAN 3 Jombang

Untuk mendaftar di MAN 3 Jombang, calon siswa diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,-. Selain itu, terdapat biaya sumbangan pendidikan yang harus dibayar sebagai dukungan operasional sekolah. Berikut merupakan tabel biaya masuk di MAN 3 Jombang:

JenjangBiaya Sumbangan Pendidikan
Siswa BaruRp 3.500.000,-
Siswa Kelas 10-12Rp 2.500.000,-
SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan)Rp 400.000,-
SeragamRp 500.000,-

Sekolah ini menyediakan berbagai program studi yang mahasiswa bisa pilih, mulai dari program studi keagamaan hingga program studi umum. Masing-masing program studi yang di pilih juga mempengaruhi biaya masuk MAN 3 Jombang. Berikut adalah beberapa jenis program studi yang tersedia di MAN 3 Jombang dan biaya masuknya:

Jenis Program StudiBiaya Masuk (Rp)
Program Keagamaan (PAI)3.500.000
Program Ilmu-Ilmu Sosial (IPS)3.500.000
Program Ilmu-Ilmu Alam (IPA)4.000.000
Program Pendidikan Agama Islam (PAI)3.500.000

Program studi keagamaan seperti PAI dan Pendidikan Agama Islam merupakan program studi yang populer di MAN 3 Jombang. Selain itu, program studi Ilmu-Ilmu Sosial (IPS) dan Ilmu-Ilmu Alam (IPA) juga tersedia dan menawarkan materi yang bermanfaat bagi siswa. Biaya masuk yang diperlukan untuk setiap program studi bermacam-macam, tergantung pada jenis program studi yang dipilih.

Siswa yang memilih program studi keagamaan di MAN 3 Jombang akan mendapatkan pendidikan agama yang kokoh dan kuat. Tidak hanya itu, siswa juga akan memperoleh pengetahuan yang mendalam dalam mempelajari kitab suci Al-Quran dan Hadits. Berbeda dengan program studi keagamaan, program studi Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu-Ilmu Alam (IPS dan IPA) mengajarkan tentang materi-materi umum seperti Matematika, Kimia, Fisika, dan Sosiologi.

Meskipun program studi yang ditawarkan di MAN 3 Jombang bukanlah program studi yang sangat beragam, namun sekolah ini tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak siswa karena kualitas pendidikan yang diberikan. MAN 3 Jombang memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan kompeten serta fasilitas yang memadai yang mendukung proses belajar mengajar siswa secara efektif.

Meskipun biaya masuknya lebih murah dibandingkan biaya masuk SMK Kal 1 Surabaya, SMA Pondok Pesantren Tremas dan beberapa Sekolah Islami lainnya di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, namun MAN 3 Jombang tetap memberikan kualitas pendidikan yang berkualitas serta fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Dengan prestasi yang telah diraih dan pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, MAN 3 Jombang menjadi sekolah menengah atas yang populer di Kabupaten Jombang. Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan anak Anda di MAN 3 Jombang, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingan pendaftaran cukup ketat.

Fasilitas di MAN 3 Jombang

Fasilitas di MAN 3 Jombang

MAN 3 Jombang memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa. Di antaranya yaitu:

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan pendingin udara
  • Perpustakaan yang lengkap dengan sumber belajar baik dalam bentuk buku maupun media elektronik
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Fisika, Kimia, dan Biologi yang dilengkapi dengan alat laboratorium yang modern
  • Masjid yang luas dan nyaman bagi siswa untuk menjalankan ibadah

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, MAN 3 Jombang juga seringkali mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan olahraga, seni, dan berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa.

Dalam menyeleksi siswa baru, MAN 3 Jombang menjadi salah satu madrasah dengan seleksi ketat. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan siswa-siswa terbaik yang dapat mengikuti proses pendidikan dengan serius dan membuahkan hasil yang baik.

Oleh karena itu, memilih program studi yang tepat dan sesuai minat lapangan sangat penting bagi siswa untuk sukses menjalani pendidikan di MAN 3 Jombang.

Prosedur Pendaftaran MAN 3 Jombang

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke MAN 3 Jombang, terdapat beberapa syarat dan prosedur pendaftaran yang harus diikuti. Selain itu, ada biaya masuk yang harus dibayar oleh siswa baru. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai prosedur pendaftaran dan biaya masuk di MAN 3 Jombang.

1. Syarat Pendaftaran

Agar dapat mendaftar di MAN 3 Jombang, calon siswa harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

  • Siswa harus lulusan SMP/MTs atau sederajat
  • Nilai rapor semester 1-5 minimal 6,50
  • Nilai UN minimal 60.00

Apabila syarat tersebut telah terpenuhi, calon siswa dapat mendaftar dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh MAN 3 Jombang.

2. Prosedur Pendaftaran

Untuk mendaftar di MAN 3 Jombang, calon siswa harus mengikuti beberapa tahapan seperti pendaftaran online, melakukan pembayaran biaya pendaftaran, hingga melakukan verifikasi berkas. Berikut adalah tahapan pendaftaran yang harus diikuti oleh calon siswa:

  • Mengisi dan menyelesaikan form online yang tersedia pada website MAN 3 Jombang atau langsung melakukan pendaftaran di sekolah
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,-
  • Memperlihatkan/ memverifikasi berkas anda kepada panitia penerimaan siswa baru
  • Menandatangani ikatan dinas di atas meterai Rp 6.000,- yang dikenakan pada saat pendaftaran

Setelah seluruh tahapan pendaftaran telah selesai, calon siswa akan diumumkan kelulusannya pada tanggal yang telah ditentukan oleh MAN 3 Jombang.

3. Membayar Biaya Masuk

Setelah dinyatakan lulus, calon siswa harus membayar biaya masuk sebagai tanda terima sebagai siswa MAN 3 Jombang. Biaya masuk di MAN 3 Jombang dihitung berdasarkan beberapa faktor yang kami sajikan diatas.

Skema Pembayaran Biaya Masuk di MAN 3 Jombang

MAN 3 Jombang menawarkan berbagai skema pembayaran dan keringanan biaya untuk memudahkan para orangtua dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka.

Untuk memudahkan para orangtua dalam membayar biaya pendidikan di MAN 3 Jombang, pihak sekolah menawarkan berbagai skema pembayaran, antara lain:

Jenis SkemaKeterangan
Full PaymentBiaya masuk dan SPP dibayar lunas pada awal tahun ajaran
Installment PaymentBiaya masuk dibayar pada awal tahun ajaran, sedangkan SPP dibayarkan setiap bulannya
Full ScholarshipBiaya masuk dan SPP ditanggung sepenuhnya oleh pihak sekolah
Partial ScholarshipBiaya masuk dan SPP ditanggung sebagian oleh pihak sekolah

Beasiswa MAN 3 Jombang

Beasiswa MAN 3 Jombang

Selain berbagai skema pembayaran, pihak sekolah juga memberikan beasiswa untuk siswa-siswa yang berprestasi dan siswa-siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Adapun keringanan biaya yang diberikan oleh MAN 3 Jombang diantaranya:

Keringanan Biaya 25% (Tidak Bersifat Tunjangan)

Keringanan biaya 25% diberikan untuk siswa-siswa yang memperoleh peringkat akademik 1-3 di kelasnya dan orangtua siswa yang bersedia menjadi pengurus OSIS, Majelis Dikdasmen atau Majelis Kerohanian Islam.

Keringanan Biaya 50% untuk Siswa Miskin

Keringanan biaya 50% diberikan untuk siswa-siswa yang kurang mampu secara ekonomi dan terdaftar dalam Data Terpadu Program Kesejahteraan Sosial (DT-PKS) sebagai keluarga Pra Sejahtera dan Sejahtera. Pemberian keringanan biaya ini hanya berlaku untuk biaya SPP.

Keringanan Biaya 100% untuk Siswa Miskin

Keringanan biaya 100% diberikan untuk siswa-siswa yang kurang mampu secara ekonomi dan terdaftar dalam Data Terpadu Program Kesejahteraan Sosial (DT-PKS) sebagai keluarga Pra Sejahtera dan Sejahtera. Pemberian keringanan biaya ini berlaku untuk biaya masuk dan SPP.

Potensi Karir Alumni MAN 3 Jombang

MAN 3 Jombang merupakan salah satu sekolah menengah atas favorit yang terletak di Jombang, Jawa Timur. Selain dikenal sebagai sekolah yang berkualitas, MAN 3 Jombang juga memiliki prestasi dalam bidang karir dan alumni yang sangat membanggakan.

Bagi siswa-siswi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, MAN 3 Jombang telah menyiapkan program yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni MAN 3 Jombang yang berhasil masuk ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berikut adalah beberapa alumni MAN 3 Jombang yang telah sukses dalam karir dan membangun reputasi baik:

NamaProfesiUniversitas
Ir. CiputraPengusahaInstitut Teknologi Surabaya
Dr. Narulita YusronDosenUniversitas Muhammadiyah Malang
K.H. Abdullah GymnastiarPenceramahInstitut Agama Islam Negeri Jember
Prof. Dr. Abdul GofurRektorUniversitas Negeri Surabaya
Dr. Djarot Widyasambodo, M.SiBirokratUniversitas Airlangga

Tidak hanya itu saja, MAN 3 Jombang juga memiliki program pengembangan diri yang sangat mendukung siswa-siswinya dalam mempersiapkan karir di masa depan. Program pengembangan diri tersebut antara lain kegiatan ekstrakurikuler yang beragam seperti pramuka, olahraga, seni budaya, dan lain sebagainya.

Selain itu, MAN 3 Jombang juga memiliki relasi yang kuat dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi ternama di Indonesia untuk memfasilitasi siswa-siswinya dalam mempersiapkan karir mereka. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerja sama antara MAN 3 Jombang dengan Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, dan lain sebagainya.

Ekstrakurikuler di MAN 3 Jombang

Sekolah ini memiliki beberapa klub dan organisasi yang dapat diikuti oleh siswa dari berbagai tingkat. Berikut adalah beberapa klub yang ada di MAN 3 Jombang:

1. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

OSIS adalah organisasi yang terdiri dari siswa-siswa MAN 3 Jombang yang berfungsi sebagai penghubung antara siswa dan pihak sekolah. OSIS bertugas mengatur acara-acara yang diadakan di sekolah dan menampung aspirasi dan keluhan dari siswa. Siswa yang bergabung di OSIS akan mendapatkan pengalaman berharga tentang organisasi dan kepemimpinan.

2. PMR (Palang Merah Remaja)

PMR adalah organisasi yang terdiri dari siswa-siswa MAN 3 Jombang yang bertugas sebagai relawan kemanusiaan. PMR bertugas membantu kegiatan PMI (Palang Merah Indonesia) dan membantu korban bencana alam. Siswa yang bergabung di PMR akan mendapatkan pelatihan tentang kesehatan dan pertolongan pertama.

3. Rohis (Rohani Islam)

Rohis adalah organisasi yang terdiri dari siswa-siswa MAN 3 Jombang yang bertugas untuk mengembangkan nilai-nilai islami di kalangan siswa. Rohis mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian dan peringatan hari-hari besar agama Islam. Siswa yang bergabung di Rohis akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang agama Islam.

MAN 3 Jombang juga memiliki beberapa klub ekskul yang dapat diikuti oleh siswa. Ekskul adalah singkatan dari ekstrakurikuler yang bertujuan untuk melatih minat dan bakat siswa di luar pelajaran formal. Berikut adalah beberapa klub ekskul yang ada di MAN 3 Jombang:

4. Futsal Club

Futsal Club adalah klub ekskul yang bertujuan untuk melatih kemampuan bermain futsal bagi siswa MAN 3 Jombang. Klub ini sering mengadakan turnamen antar kelas dan bertanding melawan klub lain di luar sekolah.

5. Taekwondo Club

Taekwondo Club adalah klub ekskul yang bertujuan untuk melatih kemampuan bela diri bagi siswa MAN 3 Jombang. Klub ini sangat populer di kalangan siswa dan sering mengikuti kejuaraan taekwondo.

6. English Club

English Club adalah klub ekskul yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa MAN 3 Jombang. Klub ini sering mengadakan kegiatan seperti debat, public speaking, dan lomba bahasa.

KESIMPULAN

Jika melihat pembahasan yang stkipmktb.ac.id sajikan diatas, bisa disimpulkan kalau MAN 3 Jombang menerapkan biaya masuk yang cukup terjangkau. Disamping itu, biaya masuk yang dibebankan juga sangat sebanding dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang diberikan.

Selain itu, MAN 3 Jombang juga memegang teguh prinsip-prinsip pendidikan Islam yang dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Tak hanya itu, kegiatan ekstrakurikuler dan program kegiatan positif lainnya juga mendukung pembentukan karakter siswa.

Akan tetapi, bagi Orang Tua yang mungkin belum punya cukup biaya untuk memasukkan anak mereka bersekolah di MAN 3 Jombang, nantinya bisa memanfaatkan program beasiswa untuk meringankan biaya.

Bagikan:

DekorumaShopee