Insureka1

Biaya LPK Jepang 2024 : Pelatihan, Durasi & Pertemuan

Biaya LPK Jepang Pelatihan, Durasi & Pertemuan

Biaya LPK Jepang – LPK Jepang adalah satu dari sekian banyak institusi kursus dan pelatihan di Indonesia yang menawarkan kursus bahasa dan budaya Jepang. Sebagai negara yang maju dan modern, Jepang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan sistem pendidikan yang baik. Oleh karena itu, LPK Jepang hadir untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mempelajari bahasa dan budaya Jepang.

Dalam kursus bahasa Jepang yang ditawarkan oleh LPK Jepang, peserta akan belajar berbagai materi, seperti kosakata, tata bahasa, dan kanji. Selain itu, para peserta juga akan dilatih untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang melalui simulasi percakapan dan latihan menulis. Selain kursus bahasa Jepang, LPK ini juga menawarkan kursus budaya Jepang, tradisi dan kebiasaan masyarakat Jepang yang unik dan menarik.

Banyak orang mungkin bertanya-tanya, mengapa sebaiknya memilih LPK Jepang sebagai tempat untuk mengikuti kursus atau pelatihan? LPK Jepang memiliki instruktur yang berpengalaman dan berkualitas, yang telah menguasai bahasa dan budaya Jepang dengan baik.

Selain itu, LPK Jepang juga memiliki metode belajar yang efektif dan modern, sehingga peserta dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Lantas, berapa biaya yang perlu disiapkan untuk menjadi peserta dan mengikuti program pelatihan di LPK Jepang? Simak informasi nya di bawah ini.

Pengertian LPK Jepang

LPK Jepang adalah salah satu lembaga pelatihan yang banyak diminati oleh para pelajar maupun masyarakat umum yang ingin memperoleh keahlian dan sertifikat Bahasa Jepang. Lembaga ini memiliki standar kualitas yang tinggi dalam memberikan pelatihan serta didukung dengan metode pengajaran yang efektif.

Insureka

Di samping itu, menurut pengalaman dari para peserta yang telah bergabung dengan lembaga pelatihan Jepang ini, LPK Jepang juga menawarkan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga materi pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami.

Terdapat beberapa jenis kursus Bahasa Jepang yang dapat diikuti di LPK Jepang, seperti kursus intensif, kursus reguler, kursus privat, dan lainnya. Setiap kursus memiliki durasi waktu yang berbeda-beda dan juga biaya yang berbeda sesuai dengan kurikulum dan manfaat yang akan diperoleh.

Berikut adalah beberapa keuntungan utama jika mengikuti pelatihan di LPK Jepang :

  • Meningkatkan kemampuan bahasa Jepang
  • Meningkatkan pemahaman terhadap budaya Jepang
  • Memperbaiki keterampilan teknis yang diperlukan di sektor kerja tertentu
  • Meningkatkan peluang kerja di perusahaan Jepang atau perusahaan yang melakukan kerjasama dengan Jepang
  • Mendapatkan sertifikat yang diakui oleh perusahaan Jepang

Dalam tabel di bawah ini, kami menyajikan biaya LPK Jepang untuk beberapa jenis kursus.

Biaya Pelatihan di LPK Jepang

Biaya LPK Jepang

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai pengertian LPK Jepang serta manfaat utama yang ditawarkan, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan mengenai berapa biaya LPK Jepang.

Banyak yang berkomentar jika biaya LPK Jepang cukup terjangkau. Meski begitu, besar kecil nya biaya pelatihan di LPK Jepang nantinya tergantung pada jenis kursus yang di pilih, jenis pelatihan, jumlah pertemuan, jalur LPK Jepang dan lain sebagainya.

Berikut ini telah kami sajikan daftar biaya LPK Jepang berdasarkan jenis pelatihan, jumlah pertemuan, durasi dan beberapa kategori lainnya :

Jenis PelatihanBiaya Pelatihan (Per Bulan)
BeginnerRp. 1.000.000
IntermediateRp. 1.200.000
AdvancedRp. 1.500.000
Jenis KursusBiayaLama Pelatihan (bulan)
Kursus IntensifRp3.000.000,-1-2
Kursus RegulerRp2.000.000,-3-6
Kursus PrivatRp6.000.000,-1-2
Jenis ProgramJumlah PertemuanBiaya ProgramBiaya TambahanTotal Biaya
Kursus Dasar24Rp 1.500.000Rp 500.000Rp 2.000.000
Kursus Intensif48Rp 3.000.000Rp 1.000.000Rp 4.000.000
Persiapan Ujian72Rp 4.500.000Rp 1.500.000Rp 6.000.000
Jenis KursusBiayaDurasi
Kursus Bahasa JepangRp 4.500.000 – Rp 8.500.0004-6 bulan
Kursus Budaya JepangRp 3.500.000 – Rp 6.500.0003-4 bulan
Kursus Teknis IndustriRp 14.000.000 – Rp 24.000.0006-12 bulan
Kursus Desain GrafisRp 8.000.000 – Rp 15.000.0004-6 bulan
Kursus PenerjemahanRp 6.000.000 – Rp 10.000.0003-6 bulan
Program PelatihanBiayaDurasi
Program Pengenalan Bahasa JepangRp5.000.000,-3 Bulan
Program Pemula Bahasa JepangRp7.000.000,-6 Bulan
Program Lanjutan Bahasa JepangRp8.500.000,-8 Bulan
Program Bisnis JepangRp10.000.000,-10 Bulan
Program Persiapan Ujian JLPTRp12.000.000,-12 Bulan
Program Persiapan Ujian JLPT ProfesionalRp15.000.000,-18 Bulan
Program Pelatihan Budaya JepangRp6.500.000,-4 Bulan

Misal, jika mengikuti pelatihan Bisnis Jepang di LPK, nantinya ilmu yang diperoleh bisa menjadi modal dalam merencanakan masa depan. Anda bisa mengelola bisnis jual beli Genteng, bisnis jasa pemasangan kawat duri, bisnis jual beli peralatan Elektronik dan lain sebagainya.

Selain itu, LPK Jepang juga menawarkan program pelatihan khusus untuk persiapan ujian seleksi masuk Universitas atau Graduate School di Jepang. Program pelatihan ini disebut dengan program Intensive Course dan biaya pelatihan untuk program ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan program-program pelatihan yang lain, yakni sekitar 20 sampai 30 jutaan.

Namun, dengan mengikuti program Intensive Course, Anda dapat memperoleh pelatihan yang lebih intensif dan mendalam sehingga Anda siap menghadapi ujian masuk universitas atau graduate school di Jepang.

Cara Menghitung Biaya LPK Jepang

Perlu kami beritahukan bahwa informasi biaya diatas merupakan sebuah perkiraan, karena biaya LPK Jepang di Semarang, Jogja, Bandung, Jakarta dan berbagai Kota lainnya mungkin berbeda-beda.

Sementara itu, setelah mengetahui perkiraan biaya, mungkin beberapa dari Anda sudah mulai tertarik untuk mengikuti program pelatihan di LPK Jepang. Sebelum itu, kami punya beberapa tips dalam menghitung anggaran masuk LPK Jepang supaya Anda bisa lebih mempersiapkan budget yang dibutuhkan :

1. Menentukan Jenis Program

LPK Jepang biasanya menawarkan beberapa program seperti kursus dasar, kursus intensif, dan program persiapan ujian. Dari jenis program yang Anda pilih, tentukan berapa kali selama seminggu Anda ingin mengikuti program tersebut, yakni dua kali seminggu, tiga kali seminggu, atau empat kali seminggu.

2. Menentukan Jumlah Pertemuan

Tentukan juga berapa jumlah pertemuan yang ingin Anda ikuti. Biasanya, setiap program memiliki jumlah pertemuan yang berbeda tergantung dari tingkat kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang. Semakin tinggi tingkat kesulitan, maka semakin banyak pula jumlah pertemuan yang diberikan selama satu program.

3. Menentukan Biaya Program

Setiap LPK Jepang memiliki biaya program yang berbeda-beda. Biaya program berkaitan dengan jenjang pendidikan yang Anda pilih, seperti program kursus dasar, kursus intensif, dan persiapan ujian. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui biaya program yang sesuai dengan kemampuan financial Anda.

4. Menentukan Biaya Tambahan

Selain biaya program, terkadang LPK Jepang juga menambahkan biaya tambahan seperti biaya ujian, biaya sertifikat, biaya buku, dan biaya administrasi. Pastikan Anda mengetahui detail biaya tambahan yang harus dibayarkan agar tidak terkejut dengan biaya yang dibebankan nantinya.

Itulah cara menghitung biaya LPK Jepang yang dapat Anda terapkan sebelum mendaftar. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang LPK Jepang yang ingin Anda pilih dan menyesuaikan dengan keuangan yang dimiliki untuk menghindari masalah biaya di tengah jalan.

Perbandingan Biaya LPK Jepang dengan LPK Lainnya

LPK Jepang terkenal dengan kualitas pengajaran yang berkualitas dan efektif bagi para peserta pelatihannya. Namun, beberapa orang mungkin merasa ragu untuk memilih LPK Jepang karena biayanya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan LPK lainnya. Untuk membantu Anda membandingkan biaya LPK Jepang dengan LPK lainnya, kami telah membuat tabel perbandingan di bawah ini:

LPKBiaya
LPK JepangRp10.000.000 – Rp20.000.000
LPK InggrisRp15.000.000 – Rp30.000.000
LPK MandarinRp8.000.000 – Rp15.000.000
LPK JermanRp20.000.000 – Rp40.000.000

Dari tabel di atas, dapat kita lihat bahwa biaya LPK Jepang memang lebih mahal dari LPK Mandarin, namun lebih murah dibandingkan dengan LPK Inggris dan Jerman.

Syarat Masuk LPK Jepang

Bagi Anda yang berminat menjadi peserta LPK Jepang, Anda bisa datang langsung ke Kantor LPK Jepang Semarang, Jakarta, Bandung atau di Kota lain, jika ada yang sesuai domisili. Sebelum itu, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan umum sebagai berikut :

  • Minimal Lulusan SMA/SMK sederajat (D1, D2, D3 dan S1 diutamakan)
  • Pria / Wanita
  • Berusia 18 s/d 25 tahun (saat pendaftaran)
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tinggi Badan Minimal 160 cm (Pria) & 150 cm (Wanita)
  • Berat Badan Proporsional
  • Memiliki Sikap & Mental yang Baik
  • Tidak ada Ikatan dengan LPK atau Lembaga Penyalur Tenaga Kerja lainnya
  • Belum pernah bekerja di luar negeri
  • Tidak berstatus sebagai karyawan atau pekerja (tidak ada ikatan kerja)
  • Surat Izin dari Orang Tua

Tips Menghemat Biaya LPK Jepang

Tips Menghemat Biaya LPK Jepang

Jika Anda ingin belajar bahasa Jepang, beberapa orang mungkin menganggap bahwa hanya dengan mempelajari nya secara mandiri sudah cukup. Namun pada kenyataannya, belajar dengan memanfaatkan jasa lembaga pendidikan bahasa Jepang atau LPK Jepang memang lebih efektif dan efisien.

Namun, beberapa orang menyatakan enggan untuk ikut kursus bahasa karena alasan biaya nya yang masih tergolong mahal. Tenang, kami telah menyiapkan beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menghemat biaya LPK Jepang, antara lain :

1. Pilih LPK Jepang Dengan Biaya Terjangkau

Untuk menghemat biaya LPK Jepang, Anda perlu mengetahui reputasi dari LPK Jepang yang akan Anda pilih. Pastikan LPK tersebut sudah memiliki lisensi dan terpercaya, sehingga kualitas pembelajaran bisa lebih terjamin. Selain itu, cari juga LPK Jepang yang menawarkan harga yang terjangkau, namun tetap memberikan kualitas pembelajaran yang baik.

2. Pilih Kelas Sesuai Budget

Sebelum Anda mulai mendaftar, pastikan untuk memilih kelas yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan Anda. Biasanya, LPK Jepang menawarkan beberapa jenis kelas, seperti kelas pemula, intermediate, dan advanced. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda saat ini dan pilih kelas yang paling tepat.

3. Belajar Secara Intensif

Terkadang, LPK Jepang menawarkan program intensif dalam waktu yang singkat. Jika Anda ingin menghemat biaya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih program intensif ini. Selain itu, dengan belajar secara intensif, Anda juga bisa lebih cepat memahami materi yang diajarkan.

4. Belajar Di Kelompok

Jika Anda ingin lebih hemat, maka belajar di kelompok bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan bergabung dalam kelompok, Anda bisa membagi biaya dan belajar bersama teman-teman Anda. Selain itu, dengan belajar di kelompok, Anda juga bisa bertukar informasi dan pengetahuan tentang bahasa Jepang.

5. Belajar Online

Salah satu cara yang paling hemat untuk belajar bahasa Jepang adalah dengan belajar online. Ada banyak situs dan aplikasi yang menawarkan pelajaran bahasa Jepang online, bahkan beberapa di antaranya gratis. Namun, belajar online biasanya membutuhkan disiplin diri dan ketekunan yang lebih besar untuk mencapai hasil yang maksimal.

6. Mencari Beasiswa

Jika Anda memiliki kemampuan yang bagus dalam bahasa Jepang, maka mencari beasiswa bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghemat biaya. Beberapa lembaga bahasa Jepang atau pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi dalam bahasa Jepang.

7. Memanfaatkan Diskon atau Promosi

Coba cari informasi tentang diskon atau promosi yang ditawarkan oleh LPK Jepang. Beberapa LPK Jepang akan memberikan diskon atau promosi pada beberapa waktu tertentu atau pada kesempatan tertentu. Jika Anda beruntung, dapatkan kesempatan tersebut untuk menghemat biaya LPK Jepang.

8. Mencari Sumber Belajar Gratis

Ada banyak situs web dan aplikasi untuk belajar bahasa Jepang secara gratis, seperti Duolingo, Memrise, dan lain-lain. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat menemukan sumber belajar bahasa Jepang dalam bentuk video di YouTube. Anda dapat memanfaatkan sumber-sumber tersebut agar dapat mengasah kemampuan berbahasa Jepang tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak di LPK Jepang.

Itu dia beberapa tips menghemat biaya LPK Jepang. Jadi, apakah Anda siap mempelajari bahasa Jepang dengan efektif dan efisien tanpa khawatir biaya yang mahal?

KESIMPULAN

Demikian informasi dari stkipmktb.ac.id soal biaya LPK Jepang. Sekali lagi kami ingatkan, sebelum memutuskan untuk mendaftar di LPK Jepang, alangkah baiknya Anda memeriksa secara detail mengenai persyaratan, kurikulum, biaya, dan fasilitas yang tersedia.

Bagikan:

Insureka1