12 Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik Paling Rekomendasi

Aplikasi Tanda Tangan Digital

Aplikasi Tanda Tangan Digital – Aplikasi tanda tangan digital menjadi salah satu solusi untuk mempermudah proses tanda tangan dokumen secara online. Dalam era serba digital seperti sekarang ini, penggunaan tanda tangan digital semakin diperlukan untuk mempermudah berbagai transaksi bisnis. Dengan tanda tangan digital, Anda tak perlu lagi bertatap muka secara langsung dengan lawan transaksi atau pengurus bank.

Semua bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan tentu saja aman. Tanda tangan digital sendiri merupakan sebuah tanda tangan elektronik yang dihasilkan melalui sebuah proses kriptografi. Dalam proses ini, dokumen akan dienkripsi dan disimpan dalam bentuk digital yang hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki kunci enkripsi yang tepat. Proses ini memastikan keamanan dan keabsahan dokumen yang ditandatangani secara digital.

Namun, meskipun paraf digital sudah terbukti efektif dan efisien dalam berbagai transaksi bisnis, masih banyak orang yang belum memahami betul tentang aplikasi tanda tangan digital. Karena itu, di sini kami akan membahas secara lengkap tentang aplikasi tanda tangan digital dan keuntungannya bagi bisnis Anda. Aplikasi tanda tangan digital adalah sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan para pengguna untuk menandatangani segala jenis dokumen secara online.

Dengan aplikasi paraf digital, pengguna bisa menandatangani kontrak bisnis, surat perjanjian, tanda terima, dokumen pribadi, hingga surat-surat resmi dengan cepat dan efisien. Aplikasi paraf digital sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, baru beberapa tahun belakangan ini penggunaannya semakin digemari karena semakin mudahnya akses internet dan semakin canggihnya teknologi yang mendukungnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Tanda Tangan Digital

Pengertian Tanda Tangan Digital

Teknologi terus berkembang seiring dengan kebutuhan akan kemudahan dan efektivitas dalam berbagai bidang, termasuk dalam penggunaan tanda tangan. Maka dari itu, tanda tangan digital hadir sebagai solusi modern dalam urusan penandatanganan dokumen. Tanda tangan digital adalah bentuk penandatanganan elektronik yang digunakan dalam dunia bisnis atau pemerintahan pada saat ini. Tanda tangan digital juga dikenal sebagai tanda tangan elektronik atau e-signature.

Berbeda dengan tanda tangan konvensional yang dilakukan pada kertas, tanda tangan digital dapat dilakukan secara elektronik dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer dan smartphone. Melalui aplikasi paraf digital, proses penandatanganan dokumen menjadi lebih praktis dan cepat.

Selain praktis, tanda tangan digital juga mempunyai keamanan yang tinggi dan dapat diandalkan. Hal ini karena tanda tangan digital memiliki mekanisme keamanan yang kompleks dan sulit untuk dipalsukan. Selain itu, setiap tanda tangan digital yang dibuat juga dapat dicatat secara elektronik, sehingga dapat dipantau dan dilacak dengan mudah.

Dalam penggunaannya, tanda tangan digital telah diatur oleh Undang-undang ITE dengan berbagai persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi agar tanda tangan digital dianggap sah secara hukum. Sehingga, semakin banyak perusahaan dan pemerintahan yang beralih menggunakan teknologi tanda tangan digital untuk menandatangani dokumen, termasuk kontrak bisnis, perjanjian, dan surat resmi.

Untuk mendapatkan aplikasi paraf digital, terdapat beberapa provider aplikasi di Indonesia. Harga aplikasi bervariasi tergantung kebutuhan dan fitur yang ditawarkan. Berikut adalah harga beberapa provider aplikasi paraf digital:

Nama ProviderHargaFitur
DocuSignMulai dari Rp1.499.000/bulanIntegrasi dengan sistem CRM, API, dan dukungan legal global
Adobe SignMulai dari Rp441.000/bulanIntegrasi penuh dengan aplikasi Adobe, pengiriman dokumen tak terbatas, dan dukungan Kepatuhan Regulasi
CocoSignMulai dari Rp290.500/bulanRibuan template, pengiriman dokumen cepat, dan sering digunakan di sektor keuangan dan perbankan

Dari beberapa provider aplikasi tersebut, dapat dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan atau anggaran perusahaan. Namun, perlu diingat agar memilih provider aplikasi tanda tangan digital yang memenuhi syarat sah secara hukum dan memiliki fitur keamanan yang teruji, agar dokumen yang ditandatangani dapat dijamin keabsahannya.

Manfaat Tanda Tangan Digital

Manfaat Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital merupakan solusi modern untuk mempermudah proses tanda tangan dalam suatu dokumen. Tanda tangan digital dapat digunakan pada berbagai platform digital seperti email, aplikasi, web, dan bahkan di dalam aplikasi paraf digital itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan tanda tangan digital:

1. Memudahkan Proses Bisnis

Dalam bisnis, tanda tangan digital dapat memudahkan proses pengiriman dan penandatanganan dokumen yang dilakukan dengan cepat dan aman. Dengan tanda tangan digital, proses yang sebelumnya memakan waktu bisa diselesaikan dalam hitungan detik saja, tanpa memerlukan tanda tangan dokumen secara fisik.

2. Meningkatkan Keamanan Dokumen

Dokumen fisik mudah hilang atau dicuri sehingga tidak aman. Dalam hal ini, tanda tangan digital memberikan keamanan yang lebih tinggi karena dokumen yang telah ditandatangani digital dijamin keasliannya dan ia tidak dapat diedit. Tanda tangan digital juga memiliki kualitas yang sama dengan tandatangan fisik yang sah.

3. Penghematan Biaya dan Waktu

Penggunaan aplikasi paraf digital dapat menghemat biaya dan waktu yang sebelumnya digunakan untuk print dokumen, mengirimnya, dan mendapatkan tanda tangan secara fisik. Dalam hal ini, biaya yang dikeluarkan untuk membeli aplikasi paraf digital relatif sangat kecil dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis.

4. Lingkungan Lebih Sehat

Seperti yang kita tahu, penggunaan kertas dan printer dalam jumlah besar akan membahayakan lingkungan. Dalam hal ini, penggunaan tanda tangan digital dapat membantu menjaga lingkungan tetap sehat karena tidak ada lagi produksi kertas, tinta, dan pengiriman dokumen yang memakan waktu dan membutuhkan transportasi yang dapat menimbulkan polusi.

5. Tanda Tangan yang Cerdas

Dibandingkan dengan tanda tangan fisik, tanda tangan digital memiliki kemampuan yang lebih cerdas. Tanda tangan digital bisa dikirim dan diperiksa kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja, tanpa harus bertemu secara fisik. Juga, proses penandatanganan lebih mudah untuk diaudit atau dipantau dengan lebih mudah.

6. Tanda Tangan Digital Lebih Efektif

Tanda tangan digital menawarkan cara yang lebih efektif untuk mengirim dokumen dan mempercepat proses bisnis. Ditambah lagi, sistem yang terintegrasi dan didukung oleh teknologi terbaru menjadikan tanda tangan digital lebih efektif dan handal daripada metode tanda tangan dokumen yang lainnya.

Cara Kerja Tanda Tangan Digital

Saat ini, aplikasi tanda tangan digital semakin banyak digunakan oleh perusahaan, institusi pemerintah, dan individu yang membutuhkan pengesahan dokumen secara online. Kendati begitu, masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai cara kerja tanda tangan digital. Sebelumnya, kita harus memahami dulu apa itu tanda tangan digital.

Tanda tangan digital adalah metode pengesahan dokumen pada tampilan digital dengan teknologi enkripsi. Tanda tangan ini dapat dihasilkan melalui aplikasi digital yang sering dikenal dengan nama PKI (Public Key Infrastructure). Sebelumnya, dokumen yang akan ditandatangani harus melewati proses verifikasi dan validasi dari pihak otoritas. Berikut ini adalah cara kerja tanda tangan digital:

1. Pemilihan aplikasi tanda tangan digital

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih aplikasi tanda tangan digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan aplikasi tersebut telah memiliki sertifikat keamanan PKI yang sah. Selain itu, pastikan juga aplikasi tersebut memiliki standar keamanan yang cukup tinggi untuk melindungi dokumen dan data Anda.

2. Pembuatan kunci pribadi dan publik

Setelah memilih aplikasi tanda tangan digital yang tepat, Anda harus membuat kunci pribadi dan publik pada aplikasi tersebut. Kunci pribadi hanya dapat diakses oleh pemiliknya, sedangkan kunci publik dapat diakses oleh siapa saja. Kunci pribadi digunakan untuk menandatangani dokumen, sedangkan kunci publik digunakan saat pemilik kunci ingin memvalidasi tanda tangan digital seseorang.

3. Proses tanda tangan digital

Setelah kunci pribadi dan publik berhasil dibuat, proses tanda tangan digital dapat dilakukan. Pada saat Anda menandatangani dokumen, sekilas tanda tangan tersebut muncul secara digital pada dokumen tersebut. Namun, sebenarnya tanda tangan tersebut dihasilkan dari proses kriptografi dari kunci pribadi yang dimiliki oleh pemiliknya. Kemudian, dokumen dan tanda tangan digital tersebut akan dibawa ke dalam file yang dilengkapi dengan sertifikat PKI. File tersebut yang nantinya akan diunggah dan didistribusikan melalui internet.

Kesimpulannya, tanda tangan digital mempermudah pengesahan dokumen secara online dengan menggunakan teknologi enkripsi dan PKI. Pastikan untuk memilih aplikasi tanda tangan digital yang terpercaya, serta kunci pribadi dan publik sudah dibuat dengan baik. Dengan menggunakan tanda tangan digital, proses pengesahan dokumen dapat dilakukan dengan lebih cepat, aman, dan efisien.

Jenis Tanda Tangan Digital

Jenis Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital merupakan inovasi teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menandatangani dokumen secara elektronik dan menghemat waktu dalam proses tanda tangan. Ada beberapa jenis tanda tangan digital yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut ini adalah beberapa jenis tanda tangan digital yang dapat digunakan:

1. Sertifikat Digital

Sertifikat digital adalah sertifikat keamanan yang digunakan untuk memverifikasi identitas individu atau perusahaan yang menggunakan tanda tangan elektronik. Sertifikat digital dapat disimpan dalam hardware token atau aplikasi mobile yang memungkinkan penggunanya menandatangani dokumen secara elektronik. Harga aplikasi tanda tangan digital dengan sertifikat digital berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1 juta per tahun.

2. Otentikasi Nama Penggunaan dan Sandi (Username and Password Authentication)

Otentikasi nama penggunaan dan sandi adalah bentuk tanda tangan digital yang paling sederhana dan murah. Tanda tangan digital dengan username dan password authentication dapat digunakan pada platform seperti email, chat, atau aplikasi mobile. Harga aplikasi tanda tangan digital dengan otentikasi nama pengguna dan sandi berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per tahun.

3. Biometrik Tanda Tangan Digital (Biometric Signature Authentication)

Biometrik tanda tangan digital adalah bentuk tanda tangan digital yang menggunakan identitas biometrik pengguna seperti sidik jari, wajah, atau suara untuk memverifikasi identitas pengguna. Biometrik tanda tangan digital biasanya digunakan pada platform yang membutuhkan keamanan yang lebih tinggi seperti perbankan atau layanan keamanan. Harga aplikasi tanda tangan digital dengan biometrik tanda tangan digital berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 10 juta per tahun.

4. Tanda Tangan Kunci Publik (Public Key Signature)

Tanda tangan kunci publik adalah bentuk tanda tangan digital yang menggunakan sebuah kunci untuk membuka dan mengkunci dokumen elektronik. Kunci ini dapat digunakan secara individual atau berkelompok. Tanda tangan kunci publik biasanya digunakan pada platform yang membutuhkan keamanan yang lebih tinggi seperti jaringan perusahaan atau layanan keamanan. Harga aplikasi tanda tangan digital dengan tanda tangan kunci publik berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 20 juta per tahun.

Itulah beberapa jenis tanda tangan digital yang dapat digunakan. Pilihlah jenis tanda tangan digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan harga aplikasi tanda tangan digital yang dipilih sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Dengan tanda tangan digital, proses tanda tangan dokumen menjadi lebih mudah dan efisien sehingga waktu dan biaya dapat dihemat.

Keamanan Tanda Tangan Digital

Keamanan Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital adalah metode baru untuk membuat tanda tangan yang sah secara elektronik. Tanda tangan digital digunakan untuk menunjukkan bahwa dokumen telah ditandatangani dengan persetujuan yang sah. Namun, adakah pengguna yang sangat mempertimbangkan keamanan tanda tangan digital?

Meskipun keamanan tanda tangan digital selalu menjadi subyek yang diperdebatkan, ada beberapa aplikasi tanda tangan digital yang dapat diandalkan untuk melindungi tanda tanganmu. Inilah beberapa aplikasi tanda tangan digital dengan tingkat keamanan terbaik:

Nama AplikasiTingkat KeamananHarga
Eversign9/10Rp500.000/bulan
Docusign8/10Rp200.000/bulan
Adobe Sign7/10Rp150.000/bulan
SignRequest6/10Rp70.000/bulan
SignEasy5/10Rp50.000/bulan

Dari tabel di atas, Eversign dikatakan sebagai aplikasi tanda tangan digital teraman saat ini. Meskipun lebih mahal dibandingkan aplikasi lain, Eversign menyediakan fitur-fitur keamanan yang canggih.

Fitur-fitur keamanan ini termasuk:

  • Enkripsi data dengan SSL/TLS dan enkripsi dokumen dengan teknologi AES.
  • Penerapan signature key policy, signature geography policy, dan signature algorithm policy untuk meminimalkan risiko pemalsuan tanda tangan digital.
  • Penggunaan tanda tangan digital dengan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh otoritas terpercaya.
  • Verifikasi tanda tangan digital secara otomatis dan real-time menggunakan teknologi tanda tangan digital unik yang disebut Audit Trail.

Sedangkan Docusign, Adobe Sign, SignRequest, dan SignEasy juga menyediakan fitur-fitur keamanan yang canggih untuk melindungi tanda tangan digitalmu. Fitur-fitur keamanan ini termasuk:

  • Enkripsi data dan dokumen dengan teknologi AES, HIPAA, dan GDPR compliance.
  • Penggunaan tanda tangan digital dengan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh otoritas terpercaya.
  • Verifikasi tanda tangan digital secara otomatis menggunakan teknologi tanda tangan digital unik seperti Audit Trail.

Tanda tangan digital juga dapat digunakan untuk mengamankan dokumen yang dibagi dengan pengguna lain. Dengan aplikasi tanda tangan digital yang tepat, dokumen tetap aman dan terjaga privasinya ketika sedang dipindahtangankan. Fitur ini juga digunakan untuk mencegah hilangnya dokumen akibat kesalahan manusia atau insiden keamanan.

Bagaimana dengan keamanan aplikasi tanda tangan digital itu sendiri?

Kebanyakan aplikasi tanda tangan digital telah ditingkatkan keamanannya untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan. Namun, pengguna juga harus tetap berhati-hati dan memastikan untuk menggunakan aplikasi tanda tangan digital yang terpercaya.

Pilihlah aplikasi tanda tangan digital yang telah diuji dan terbukti aman. Pengguna juga dapat mencari informasi tentang aplikasi yang digunakan melalui penggunaan tes penetrasi untuk mengetahui kecanggihan aplikasi dalam mengatasi ancaman keamanan.

Pilihlah aplikasi tanda tangan digital dengan keamanan terbaik dan jangan pernah melewatkan aplikasi yang mempunyai peringkat buruk dalam keamanannya. Tanda tanganmu sangatlah penting untuk melindungi dokumen yang dimiliki, oleh karena itu, aplikasi tanda tangan digital yang terpercaya dan aman harus dipilih.

Syarat-syarat Penggunaan Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital adalah sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan seseorang untuk menandatangani dokumen secara elektronik. Banyak instansi pemerintah, perusahaan, atau bahkan individu yang menggunakan aplikasi tanda tangan digital untuk mempermudah proses administrasi. Namun, seperti halnya dengan teknologi lainnya, penggunaan tanda tangan digital pun memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penggunanya. Berikut adalah beberapa syarat penggunaan tanda tangan digital:

1. Mempunyai Sertifikat Digital

Untuk menggunakan tanda tangan digital, pengguna harus memiliki sertifikat digital terlebih dahulu. Sertifikat digital adalah sebuah dokumen elektronik yang berisi informasi pengguna, seperti identitas pengguna, nomor seri sertifikat, tanggal kadaluarsa sertifikat, dan lain sebagainya. Sertifikat digital diperoleh dari pihak penyedia jasa sertifikasi yang sudah terpercaya oleh pemerintah.

2. Memiliki Aplikasi Paraf Digital

Pengguna juga harus memiliki aplikasi tanda tangan digital yang bisa digunakan untuk menandatangani dokumen secara elektronik. Aplikasi ini bisa diunduh dari website penyedia aplikasi dan harus diinstal di komputer atau gawai pengguna. Setelah diinstal, pengguna harus melakukan registrasi dan memasukkan sertifikat digital yang dimilikinya ke dalam aplikasi.

3. Koneksi Internet yang Stabil

Pengguna tanda tangan digital harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup cepat untuk memastikan bahwa dokumen yang ditandatangani dapat terkirim dengan baik. Koneksi yang buruk bisa menyebabkan kesalahan dalam proses pengiriman dokumen, yang pada akhirnya bisa memperlambat proses administrasi.

4. Keamanan Aplikasi dan Sertifikat Virtual

Pengguna harus memastikan bahwa aplikasi paraf digital dan sertifikat virtual yang digunakan aman dan terlindungi dari pencurian data. Penting bagi pengguna untuk menghindari membuka aplikasi paraf digital dan sertifikat virtual pada tempat umum atau di komputer yang digunakan oleh banyak orang. Pastikan hanya pengguna yang mempunyai akses ke sertifikat digital dan aplikasi paraf digital.

5. Melakukan Verifikasi Tanda Tangan

Sebelum menandatangani dokumen secara elektronik, pengguna harus melakukan verifikasi tanda tangan dengan memasukkan password atau kode PIN. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pengguna tersebut benar-benar yang bersangkutan dan tidak ada pihak yang melakukan penyalahgunaan tanda tangan digital.

Syarat-syarat tersebut harus dipenuhi oleh pengguna agar penggunaan aplikasi tanda tangan digital bisa dilakukan dengan aman dan efektif. Penting bagi pengguna untuk memahami syarat-syarat tersebut dan memilih aplikasi paraf digital yang tepat dan terpercaya agar dokumen yang ditandatangani dapat diterima dengan baik oleh instansi terkait.

Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik

Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik

Tanda tangan digital kini menjadi lebih populer di Indonesia sebagai cara untuk memudahkan proses dokumen yang dilakukan online. Tanda tangan digital dapat diaplikasikan melalui aplikasi yang tersedia di pasaran. Dalam artikel ini, kami akan membahas aplikasi tanda tangan digital terbaik di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

1. Eversign

Eversign didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengirim dan menandatangani dokumen dengan cepat dan efisien. Aplikasi ini dapat dioperasikan di laptop, komputer, bahkan smartphone. Eversign menawarkan fitur unggulan yang dapat diterapkan dalam pengerjaan dokumen seperti jadwal waktu, pengiriman dokumen otomatis, pengiriman melalui email, dan masih banyak lagi. Harga paket Eversign dimulai dari 13,99 dolar per bulan.

2. DocuSign

DocuSign merupakan salah satu aplikasi paraf digital terbaik yang direkomendasikan di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan pengalaman berbeda dalam pengerjaan dokumen seperti melakukan paraf digital, pengiriman dokumen, kolaborasi dengan tim, dan memonitoring proses dokumen secara keseluruhan. Pengguna dapat memilih berbagai paket dengan harga mulai dari 10 dolar per bulan.

3. PandaDoc

PandaDoc merupakan aplikasi paraf digital terbaik yang sudah mendunia dengan visi untuk memfasilitasi kontrak yang efektif dan efisien. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti pembuatan dokumen, pengiriman dan tanda tangan melalui internet, manajemen dokumen yang efektif, dan sistem notifikasi yang baik. Paket PandaDoc dijual dengan harga mulai dari 29 dolar per bulan.

4. RightSignature

RightSignature merupakan aplikasi paraf digital terbaik yang dapat membantu pengguna dalam mengirim dokumen secara online. Pengguna dapat memanfaatkan fitur yang tersedia seperti penandatanganan online, pengiriman berkas, dan manajemen dokumen yang efektif. Aplikasi ini dapat diunduh dengan harga mulai dari 4 dolar per bulan.

5. DigiSigner

DigiSigner merupakan aplikasi paraf digital terbaik untuk pengguna Windows, Mac OS X, atau Linux. Aplikasi ini mudah digunakan untuk melakukan penandatanganan dokumen, pengiriman dokumen, dan manajemen dokumen yang efektif. Harga paket DigiSigner dimulai dari 10 dolar per bulan.

6. SignRequest

SignRequest merupakan aplikasi paraf digital terbaik yang dapat membantu penggunanya dalam mengirim dan menandatangani dokumen secara efisien. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur keren seperti tampilan yang friendly, banyak pilihan format dokumen, dan sistem pengiriman otomatis. Harga paket SignRequest dimulai dari 5 dolar per bulan.

7. SignEasy

SignEasy merupakan aplikasi paling terjangkau di mana pengguna dapat menandatangani dokumen hingga 3 dokumen dalam satu bulan secara gratis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengiriman dokumen, penggunaan banyak format dokumen, dan sistem pengiriman otomatis. Paket SignEasy dijual dengan harga mulai 5 dolar per bulan.

Kesimpulannya, pengguna perlu mengetahui aplikasi tanda tangan digital terbaik dan harga yang ada di pasaran untuk membantu memilih aplikasi yang cocok dan membantu memudahkan dalam mengurus dokumen secara online. Kelima aplikasi tanda tangan digital di atas sangat direkomendasikan karena fitur yang dimiliki dan harganya yang terjangkau.

Akhir Kata

Melalui aplikasi tanda tangan digital, proses bisnis dan administrasi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan mudah. Dokumen dan kontrak dapat ditandatangani secara online, menghemat biaya dan waktu. Selain itu, keamanan dan legalitas dokumen juga terjamin dengan adanya tanda tangan digital yang sah. Namun, penting untuk memilih provider aplikasi tanda tangan digital yang terpercaya dengan sistem keamanan yang kuat.

Pastikan juga untuk memahami peraturan dan aturan yang berlaku terkait penggunaan tanda tangan digital. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi tanda tangan digital dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk perusahaan dan individu. Dengan adanya tanda tangan digital, bisnis dapat berjalan lebih efisien dan mudah, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat stkipmktb.ac.id sampaikan, semoga bermanfaat.

Bagikan: