15 Aplikasi Remote AC Terbaik Fitur Lengkap Paling Rekomendasi

Aplikasi Remote AC

Aplikasi Remote AC – Aplikasi remote AC kini menjadi solusi praktis bagi banyak orang yang ingin mengontrol suhu udara ruangan dengan mudah. Beragam merek AC di pasaran kini sudah memiliki aplikasi remote yang bisa diunduh di smartphone atau tablet. Tentunya, aplikasi remote AC ini memberikan kemudahan yang lebih saat mengoperasikan AC di rumah atau kantor.

Dengan aplikasi remote AC, pengguna tidak perlu lagi mendekati unit AC untuk mengubah suhu atau mengoperasikan mode lainnya. Cukup dengan buka aplikasi yang terhubung dengan AC, pengguna bisa mengontrol AC dari jarak jauh. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemampuan pengguna untuk mengatur jadwal on/off, sehingga AC hanya menyala sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, pengguna bisa menghemat penggunaan listrik dan menjaga keandalan unit AC dengan baik.

Namun, tidak semua aplikasi remote Air Conditioner di pasaran memiliki fitur yang sama. Beberapa merek dan model AC dilengkapi dengan aplikasi yang memiliki kemampuan terbatas, sementara yang lain terkadang justru merepotkan pengguna. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memilih aplikasi remote Air Conditioner yang sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang diinginkan. Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi remote AC.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kompatibilitas antara aplikasi remote dengan unit AC yang digunakan. Biasanya, merek AC yang sama dengan merek smartphone yang digunakan memiliki kesesuaian yang lebih baik. Pengguna juga perlu memperhatikan ketersediaan fitur pada aplikasi remote Air Conditioner. Fitur-fitur seperti jadwal on/off, pengaturan suhu, dan pengaturan mode sangat penting agar pengguna bisa mengoperasikan AC dengan mudah dan hemat listrik.

Selain itu, kemudahan penggunaan dan tampilan aplikasi yang user-friendly juga harus diperhatikan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, aplikasi remote Air Conditioner semakin banyak diproduksi dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tentunya, aplikasi ini memberikan solusi praktis bagi pengguna untuk mengoperasikan AC tanpa perlu mendekat ke unit AC. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi remote AC yang sesuai, pastikan untuk memperhatikan faktor-faktor di atas agar dapat memilih aplikasi yang tepat dan mudah digunakan.

Apa itu Aplikasi Remote AC?

Apa itu Aplikasi Remote AC

Saat ini, keberadaan aplikasi remote Air Conditioner diklaim sebagai solusi praktis untuk mengontrol suhu ruangan. Aplikasi ini berbasis pada teknologi Internet of Things (IoT), yang memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu dan mode AC tanpa harus berada di dekat unit AC itu sendiri. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, pertama, aplikasi yang terinstal di ponsel pintar, dan kedua, perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi dan dipasang pada unit AC Anda.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store dan memungkinkan penggunanya untuk mengatur suhu dan mode, serta menghidupkan atau mematikan AC dari jarak jauh, dengan hanya menggunakan ponsel pintar. Harga aplikasi remote AC bervariasi tergantung pada merek dan fungsi yang dimilikinya. Berikut ini adalah daftar harganya yang bisa kalian ketahui.

Nama ProdukHarga
Samsung SmartThingsRp. 500.000
TadoRp. 700.000
Sensibo SkyRp. 900.000
Broadlink RM Pro+Rp. 1.400.000
ChanghongRp. 2.000.000

Dari tabel harga di atas, dapat dilihat bahwa aplikasi remote AC bukanlah produk yang terjangkau bagi masyarakat dengan penghasilan rendah. Berbagai merek aplikasi remot AC juga menawarkan fitur yang bervariasi, seperti sensor pengukur suhu dan kelembaban ruangan, kontrol suhu otomatis, serta penggunaan suara untuk mengendalikan AC.

Meskipun belum populer di Indonesia, aplikasi ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengontrol suhu ruangan Anda dengan lebih mudah dan nyaman. Sebelum membelinya, pastikan untuk mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan yang akan Anda gunakan, serta bandingkan harga dari berbagai merek yang tersedia di pasaran.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Remot AC

Jumlah kendaraan di jalan semakin hari semakin bertambah, bahan bakar fosil yang terus menipis, dan komitmen global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, semua akhirnya mendorong orang untuk mempertimbangkan alternatif transportasi yang ramah lingkungan. Sepeda listrik, motor listrik, atau mobil listrik menjawab beberapa masalah tersebut, tetapi apa yang terjadi jika kita membawa perubahan ini ke dalam rumah melalui penggunaan AC listrik? Kelebihan menggunakan aplikasi ini akan membawa Anda pada cara mudah, nyaman, hemat biaya, dan ramah lingkungan dalam menjaga suhu rumah Anda.

Hemat Energi

Pandemi COVID-19 mempersulit kita dalam menghindari penyebaran virus, dan mengakibatkan lebih banyak waktu dihabiskan di dalam rumah. Karena itu, penggunaan AC cukup besar pengaruhnya terhadap pengeluaran energi sehari-hari. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mematikan atau menyalakan AC kapan saja dan di mana saja, sehingga menghemat konsumsi energi yang tidak perlu.

Pemantauan Konsumsi Energi

Aplikasi remote Air Conditioner juga memungkinkan Anda untuk memantau konsumsi energi setiap kali AC dinyalakan. Dengan melacak penggunaan energi, Anda dapat mengidentifikasi konsumsi listrik yang tidak perlu dan membuat penghematan yang lebih baik.

Kenyamanan dan Kemudahan

Kelebihan menggunakan aplikasi remot AC yang paling menonjol adalah menghemat waktu dan kenyamanan. Jika Anda tidak ingin bangkit dari sofa untuk menyalakan atau mematikan AC, aplikasi remot AC memungkinkan Anda untuk melakukannya dari jarak jauh. Bahkan, beberapa aplikasi remot AC memungkinkan Anda mengatur suhu ruangan, mengukur kelembapan udara dan lainnya.

Kompatibilitas dan Harga

Beberapa aplikasi remot AC yang populer di pasaran, seperti Sensibo Sky, LG ThinQ, dan banyak lagi. Namun, harga yang berbeda memengaruhi kompatibilitas tertentu dari aplikasi remote AC tersebut. Berikut adalah tabel harga aplikasi remot AC sebagai referensi:

BrandNama ProdukHarga
SensiboSensibo SkyRp 1.099.000
LGLG ThinQRp 2.000.000
DaikinDaikin Online ControllerRp 850.000
HaierHaier Smart AC ControllerRp 1.269.000

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan semua hal tersebut, Anda perlu mencari aplikasi remote AC yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rumah atau ruangan Anda. Pastikan juga untuk memperhatikan ketersediaan aplikasi di pasar Indonesia.

Aplikasi Remote AC Terbaik Tahun Ini

Aplikasi Remote AC Terbaik Tahun Ini

Aplikasi remote AC menjadi solusi yang sangat berguna dalam pengoperasian AC. Dengan aplikasi ini, kita tidak lagi perlu repot membawa remote fisik. Aplikasi remote AC memungkinkan kita untuk mengontrol AC dari jarak jauh melalui perangkat Android atau iOS. Ada banyak aplikasi remote AC yang tersedia di pasar, namun pada artikel ini kami akan mereview dan merekomendasikan aplikasi remote AC terbaik tahun ini dengan harga yang terjangkau.

Berikut daftar Aplikasi Remote AC Terbaik Tahun Ini:

NoNama AplikasiHargaRating
1Universal AC Remote ControlRp 24.0004.3
2Tado° Smart AC ControlRp 1.000.0004.6
3LG AC Smart DiagnosisRp 2.500.0004.0
4Daikin Online ControllerRp 4.000.0004.7

1. Daikin Online Controller

Daikin Online Controller adalah aplikasi remote AC terbaik tahun ini. Aplikasi ini mendukung pengontrolan AC yang lebih presisi dan mudah. Aplikasi ini memiliki kontrol yang lebih luas karena dapat mengontrol AC tidak hanya ketika berada di rumah, melainkan ketika tidak berada di rumah sekalipun. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan pengaturan yang lebih fleksibel, seperti mengatur jadwal, mengontrol suhu, kelembapan, dan banyak lagi.

Kelebihan

Kelebihan dari aplikasi Daikin adalah kemampuan untuk mengontrol AC ketika Anda berada di luar rumah. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan sensor eksklusif yang dapat mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin. Hal ini membantu pengguna untuk menentukan pengaturan yang lebih akurat. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki pengaturan jadwal yang dapat diatur dengan mudah dan fleksibel.

Kekurangan

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah harganya yang cukup mahal. Bagi pengguna yang membutuhkan budget yang lebih terbatas, tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi ini.

2. LG AC Smart Diagnosis

LG AC Smart Diagnosis adalah aplikasi remote AC dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah digunakan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna mengontrol AC-nya. Seperti Daikin, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sensor eksklusif yang dapat mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin. Selain itu, aplikasi ini dapat mengenali berbagai kode kesalahan AC dan memperbaikinya dengan cepat. Hal ini membantu menghemat biaya perbaikan AC.

Kelebihan

Kelebihan dari aplikasi LG AC Smart Diagnosis adalah harga yang sangat terjangkau. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan dapat mengenali berbagai kode kesalahan AC. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin menghemat biaya perbaikan.

Kekurangan

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah kurangnya fitur pengaturan jadwal yang dapat diatur dengan fleksibel. Selain itu, aplikasi ini tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol AC ketika pengguna berada di luar rumah.

Itulah beberapa daftar Aplikasi Remote AC Terbaik Tahun Ini. Dari daftar tersebut, Anda dapat menentukan aplikasi yang paling cocok sesuai kebutuhan Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Remote AC

Cara Menggunakan Aplikasi Remote AC

Aplikasi remote AC memungkinkan Anda mengontrol suhu ruangan menggunakan ponsel Anda. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store atau Apple Store. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan AC Anda sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi remote AC yang dapat diikuti:

1. Unduh Aplikasi

Unduh aplikasi remote AC pada ponsel Anda. Pastikan aplikasi yang diunduh sesuai dengan merk AC Anda. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi dan masuklah ke akun yang telah terdaftar.

2. Hubungkan AC ke Wi-Fi

Hubungkan AC Anda ke jaringan Wi-Fi. Pastikan Anda telah mengetahui nama serta kata sandi untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Buka aplikasi remote AC Anda, lalu tekan tombol “Hubungkan”. Aplikasi akan mencari jaringan Wi-Fi yang tersedia. Pilih jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan, masukkan sandi yang diperlukan, lalu tunggu beberapa saat hingga AC terhubung ke jaringan Wi-Fi.

3. Gunakan Aplikasi

Setelah AC berhasil terhubung ke jaringan Wi-Fi, buka aplikasi remote AC pada ponsel Anda. Pada halaman utama aplikasi, Anda akan melihat berbagai fitur, termasuk mengubah suhu ruangan, menghidupkan atau mematikan AC, serta mengatur mode pendinginan. Tekan tombol “On/Off” jika Anda ingin menghidupkan atau mematikan AC, lalu atur suhu ruangan sesuai dengan keinginan Anda menggunakan tombol “+” atau “-“.

4. Atur Jadwal AC

Beberapa aplikasi remote AC juga memiliki fitur untuk mengatur jadwal penggunaan AC. Anda dapat mengatur jadwal penggunaan AC agar hidup pada waktu-waktu tertentu dan mati pada waktu-waktu tertentu. Fitur ini berguna jika Anda ingin menghemat biaya listrik dan ingin menghidupkan AC hanya saat Anda berada di rumah. Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi remote AC, lalu tekan tombol “Jadwal” atau “Timer”.

Setting Aplikasi Remote AC dengan Berbagai Merek AC

Jangan biarkan AC menghasilkan tagihan listrik yang tinggi. Dengan aplikasi remote AC, kamu dapat mengendalikan penggunaan AC dari jarak jauh. Aplikasi ini memungkinkan pengguna AC untuk mengontrol suhu dan fungsi pada AC yang diinstal dengan mudah dan praktis.

Tidak peduli merek AC apa yang dimiliki, ada aplikasi remote AC yang dapat digunakan. Mari cari tahu cara melakukan pengaturan aplikasi remot AC dengan berbagai merek AC yang ada di pasaran. Berikut adalah harga tabel untuk aplikasi remot AC dengan berbagai merek AC.

1. Setting Aplikasi Remote AC pada Merek Sharp

Untuk melakukan pengaturan pada aplikasi remot AC untuk AC Sharp, kamu perlu menemukan kode-kode khusus untuk remot AC Sharp dan memasukkannya ke dalam aplikasi. Kode-kode tersebut dapat ditemukan dalam manual pengguna AC atau dengan mencarinya di internet. Kemudian, koneksi aplikasi remot AC dengan AC Sharp akan berjalan lancar.

2. Setting Aplikasi Remote AC pada Merek Panasonic

Untuk melakukan pengaturan pada aplikasi remote AC untuk AC Panasonic, kamu perlu memasukkannya ke dalam aplikasi seperti biasa dan langsung memilih merek AC Panasonic. Kemudian, aplikasi akan mencari AC secara otomatis dan menghubungkannya.

3. Setting Aplikasi Remote AC pada Merek LG

Untuk melakukan pengaturan pada aplikasi remot Air Conditioner untuk AC LG, kamu perlu memasukkannya ke dalam aplikasi seperti biasa. Kemudian, secara manual pilih merek AC LG dan masukkan kode AC ke dalam aplikasi. Setelah kode tersebut ditemukan, aplikasi akan mencari AC secara otomatis dan menghubungkannya.

4. Setting Aplikasi Remote AC pada Merek Samsung

Untuk melakukan pengaturan pada aplikasi remot Air Conditioner untuk AC Samsung, kamu perlu memasukkannya ke dalam aplikasi seperti biasa dan langsung memilih merek AC Samsung. Kemudian, aplikasi akan mencari AC secara otomatis dan menghubungkannya.

5. Setting Aplikasi Remote AC pada Merek Daikin

Untuk melakukan pengaturan pada aplikasi remot Air Conditioner untuk AC Daikin, kamu perlu menghubungkan AC Daikin ke jaringan Wi-Fi terlebih dahulu dengan menggunakan modul Wi-Fi eksternal. Kemudian, unduh dan instal aplikasi remot Air Conditioner dan hubungkan AC Daikin ke dalam aplikasi melalui Wi-Fi.

Itulah cara pengaturan aplikasi remot Air Conditioner pada berbagai merek AC yang dapat kamu temukan di pasaran. Pilih merek AC yang kamu miliki dan coba aplikasi remote Air Conditioner untuk mengendalikan pemakaian AC dengan mudah dan hemat energi. Jangan lupa untuk rutin melakukan servis AC agar AC selalu tersedia ketika kamu membutuhkannya.

Tips Memilih Aplikasi Remote AC yang Tepat

Tips Memilih Aplikasi Remote AC yang Tepat

Masa kini memudahkan hidup kita dalam banyak hal, seperti membuka jarak jauh dengan aplikasi untuk mengoperasikan AC di rumah. Hal ini memungkinkan kita untuk menyalakan atau mematikan AC kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi pada ponsel pintar kita. Namun, saat memilih aplikasi remote AC, perlu mendapatkan yang tepat untuk memastikan fungsi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips memilih aplikasi yang tepat untuk Anda:

1. Kerja Sama Aplikasi dengan Merek AC

Saat memilih aplikasi, pastikan aplikasi tersebut dapat bekerja sama dengan merek dan jenis AC yang Anda miliki. Beberapa aplikasi hanya dapat bekerja dengan merek AC tertentu sementara yang lain dapat bekerja dengan berbagai merek AC. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan daftar merek AC yang didukung oleh aplikasi yang ingin Anda gunakan.

2. Fungsi yang Tersedia

Periksa aplikasi untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang tersedia. Beberapa aplikasi mungkin hanya menawarkan fungsi On / Off, sementara yang lain dapat memberikan lebih banyak kontrol seperti kontrol suhu dan mode operasi. Ada beberapa aplikasi juga yang memiliki timer, fungsi pengaturan jadwal, dan integrasi dengan sistem Smart Home.

3. Kemudahan Pemasangan dan Penggunaan

Pastikan aplikasi yang Anda pilih mudah dipasang dan digunakan. Beberapa aplikasi memerlukan pengaturan khusus yang mungkin agak rumit dan tidak cocok untuk orang yang kurang teknis. Jadi, perhatikan seberapa mudah aplikasi tersebut untuk dipasang dan digunakan.

4. Keamanan

Penting juga untuk memperhatikan fitur keamanan yang tersedia pada aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mungkin memiliki keamanan data yang rentan terhadap serangan hacker, sehingga penting untuk memeriksa apa saja fitur keamanan yang tersedia dan memastikan aplikasi terlindungi dari ancaman cyber.

5. Kompatibilitas dengan Sistem Operasi dan Ponsel

Pastikan aplikasi yang Anda pilih kompatibel dengan sistem operasi ponsel Anda. Beberapa aplikasi mungkin hanya tersedia untuk iOS atau Android, jadi periksa ketersediaan aplikasi untuk sistem operasi yang Anda gunakan. Selain itu, periksa apakah aplikasi dapat berjalan pada ponsel yang mendukung aplikasi tersebut.

6. Ulasan Pengguna

Membaca ulasan dari pengguna aplikasi adalah cara yang baik untuk mengetahui pengalaman orang lain dalam menggunakan aplikasi. Periksa ulasan dan rating yang diberikan oleh pengguna untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang aplikasi tersebut.

7. Harga

Harga adalah faktor penting dalam memilih aplikasi tersebut yang tepat dan sesuai dengan anggaran Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia di pasaran dengan harga beragam. Ada yang gratis dan ada yang berbayar dengan beberapa fasilitas tambahan. Namun, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tetap memperhatikan kualitas dan keamanannya.

Demikian beberapa tips memilih aplikasi remote Air Conditioner yang tepat untuk Anda. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan kenyamanan saat mengoperasikan AC dari jarak jauh.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah solusi modern yang membantu pengguna untuk mengontrol suhu ruangan secara efisien dan praktis. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara kerja dan manfaat dari aplikasi tersebut, serta beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengendalikan AC Anda dari jarak jauh menggunakan smartphone atau tablet, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan suhu ruangan Anda bahkan ketika Anda tidak berada di rumah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda menghemat energi dan mengoptimalkan penggunaan AC Anda.

Namun, sebelum menginstal aplikasi tersebut, pastikan dulu bahwa AC Anda mendukung teknologi ini dan Anda telah memahami cara kerjanya dengan baik. Selain itu, pastikan juga untuk mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya dan mengikuti petunjuk instalasi dengan benar agar dapat menggunakan aplikasi ini dengan aman dan efektif.

Dengan aplikasi remote AC yang tepat, Anda dapat menikmati kenyamanan dan efisiensi yang maksimal dari AC Anda, dan secara efektif mengurangi pengeluaran energi. Semoga artikel yang stkipmktb.ac.id sampaikan bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih aplikasi remote AC yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Bagikan: