DekorumaShopee

Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal Terbaru

Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal – Kemajuan teknologi mobile semakin nyata saat ini, hal ini bisa di lihat dari banyaknya aplikasi yang di ciptakan. Tak hanya Aplikasi Penghasil Uang, Aplikasi Pembayaran dan Aplikasi lainnya, kini muncul kembali aplikasi yang sangat unik.

Sebuah aplikasi terbaru hadir untuk mempermudah para keluarga yang ingin menghitung biaya selamatan orang meninggal. Aplikasi yang diberi nama ‘Selamatan App’ ini dikembangkan oleh hukumah desa di sebuah kabupaten di Jawa Barat.

Tujuan Aplikasi ini di ciptakan karena melihat masih banyak yang kesulitan dalam menghitung biaya selamatan, terlebih lagi jika harus mengorganisir dengan keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, aplikasi ini untuk mempermudah mereka dalam menghitung selamatan.

Aplikasi ini sudah resmi diluncurkan pada akhir bulan lalu dan sudah dapat diunduh secara gratis di Play Store. Kemudahan dan praktisnya aplikasi ini sudah banyak dipuji oleh pengguna smartphone, nah berikut ini stkipmktb.ac.id akan membahas tentang Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal.

Pengertian Selamatan Orang Meninggal

Pengertian Selamatan Orang Meninggal

Apabila kita kehilangan seseorang yang kita sayangi, tentu perasaan yang muncul sangatlah mendalam. Selain meratapi dan merenungkan kepergian sang orang, ada satu tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat Indonesia.

TenzoLiving

Tradisi tersebut dikenal sebagai selamatan orang meninggal, yang dilakukan untuk menghormati dan memberi penghormatan terakhir kepada orang yang telah tiada. Seperti namanya, aplikasi menghitung selamatan orang meninggal menjadi alat untuk menghitung dan mengetahui bagaimana cara penyelenggaraan selamatan tersebut dilakukan, baik itu dari segi jumlah tamu undangan, harga bahan makanan, dan sebagainya.

Apabila kita membicarakan tentang selamatan orang meninggal, maka negara Indonesia mempunyai tradisi yang berbeda-beda satu sama lain. Ada yang menyebutnya sebagai pengajian atau tahlilan, sedangkan di daerah lain ada yang menyebutnya sebagai doa selamat. Meski berbeda-beda di setiap daerah, namun tujuan utamanya sama yaitu sebagai bentuk doa dan penghormatan untuk sang orang yang telah tiada.

Jenis-Jenis Selamatan Orang Meninggal

Selamatan orang meninggal adalah salah satu tradisi budaya yang banyak ditemukan di masyarakat Indonesia. Tradisi ini berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur, penghormatan, dan doa bagi almarhum agar mendapatkan tempat yang baik di alam selanjutnya. Berikut adalah beberapa jenis selamatan orang meninggal yang umum di Indonesia:

  1. Selamatan Tahlilan: Tahlilan adalah selamatan yang biasanya dilakukan pada hari pertama, ketujuh, dan ke-40 setelah seseorang meninggal dunia. Pada acara tahlilan, keluarga dan kerabat mendatangkan seorang kyai atau ulama untuk membacakan doa dan surat-surat pendek dari Al-Quran, serta mengadakan makanan untuk didoakan dan dibagikan kepada para tamu.
  2. Selamatan Kenduri: Selamatan kenduri adalah acara besar yang diadakan pada momen tertentu, seperti 100 hari, 1 tahun, 3 tahun, atau 7 tahun setelah kematian. Acara ini biasanya melibatkan lebih banyak tamu dan penganan yang lebih beragam.
  3. Selamatan Ruwatan: Selamatan ruwatan bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan diri dari segala macam keburukan, baik yang ada pada diri orang yang meninggal maupun keluarganya. Tradisi ini bervariasi di setiap daerah, tetapi umumnya melibatkan ritual bersih-bersih dan doa bersama.
  4. Selamatan Kenduri Arwah: Selamatan ini umumnya dilakukan pada hari ke-100 setelah kematian, dan juga bisa pada tahun kedua dan ketiga. Acara ini melibatkan banyak keluarga dan tetangga, dan seringkali diadakan untuk mengenang almarhum dengan membaca doa bersama dan memberikan santunan kepada fakir miskin.
  5. Selamatan Petik Laut: Jenis selamatan ini khusus dilakukan bagi masyarakat pesisir atau nelayan. Saat ada seorang nelayan meninggal, masyarakat adat akan melakukan selamatan petik laut untuk menghormati arwah almarhum dan berharap agar hasil laut melimpah di masa mendatang.
  6. Selamatan Adat: Setiap daerah di Indonesia memiliki adat dan tradisi yang berbeda dalam mengenang orang yang meninggal. Selamatan adat ini mencerminkan kearifan lokal dan nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun temurun.

Tujuan Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal di Buat

Dalam melaksanakan sebuah selamatan orang meninggal, tidak sedikit keluarga yang merasa kesulitan menghitung dan mengestimasi biaya yang diperlukan. Inilah yang menjadi salah satu dasar dipopulernya aplikasi penghitung selamatan orang meninggal, yang berfungsi memudahkan keluarga yang hendak melaksanakan selamatan tanpa perlu direpotkan menghitung satu persatu bibit makanan, dan semua persyaratan lainnya.

Adapun beberapa tujuan dibuatnya aplikasi menghitung selamatan orang meninggal, diantaranya sebagai berikut:

  • Memudahkan Jamaah Undangan

Aplikasi ini dirancang khusus bagi keluarga yang akan melangsungkan selamatan agar bisa memberi kemudahan bagi para tamu undangan untuk memberikan kontribusi dalam acara selamatan.

  • Mencegah Kekurangan Bahan Makanan

Dengan menghitung, maka keluarga bisa memantau jumlah buah-buahan, makanan dan snack yang harus disiapkan agar tidak terjadi kekurangan bahan makanan.

  • Membantu Mengatur Waktu Acara

Agar seluruh acara bisa berjalan lancar, maka keluarga harus mengetahui durasi waktu dan jadwal yang seharusnya dilaksanakan sehingga semua acara bisa berjalan sesuai dengan harapan.

  • Memiliki Perencanaan Acara yang Terukur

Dengan melakukan perencanaan yang terukur, maka keluarga tidak akan kehabisan bahan makanan atau menghabiskan banyak uang untuk membeli segala kebutuhan selamatan pada saat mendekati hari H.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi menghitung selamatan orang meninggal

Setelah munculnya aplikasi menghitung selamatan orang meninggal, kini masyarakat dapat menghitung dengan mudah biaya selamatan tanpa harus ribet lagi. Namun, aplikasi tersebut masih memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

1. Kelebihan

Aplikasi menghitung selamatan orang meninggal memberikan kemudahan bagi keluarga yang sibuk untuk menghitung biaya selamatan. Proses perhitungan bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat menghitung biaya berbagai macam selamatan, seperti tahlilan, doa bersama, kenduri, dan lain sebagainya. Kemudahan ini memungkinkan keluarga untuk lebih fokus mengurus hal-hal penting lainnya terkait pemakaman.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu mengurangi kesalahan dalam menghitung biaya selamatan. Di masa lalu, sering kali terjadi kesalahan dalam menghitung biaya ini karena saat itu masih menggunakan kalkulator manual atau hitungan di atas kertas. Namun dengan adanya aplikasi ini, segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan presisi.

2. Kekurangan

Salah satu kekurangan aplikasi ini adalah belum cukup populer di masyarakat. Beberapa masyarakat mungkin kurang familiar dengan teknologi sehingga kurang tertarik untuk mencoba aplikasi ini. Selain itu, keterbatasan pada aplikasi ini juga terletak pada variabel biaya selamatan yang belum mencakup keseluruhan wilayah di Indonesia.

Tabel harga juga dapat dibuat lebih rinci dan detail lagi. Tabel harga yang kita lihat dari aplikasi tersebut cenderung masih sederhana dan belum terlalu lengkap dalam menampilkan varian paket selamatan yang diperlukan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menimbulkan masalah bagi keluarga yang tidak memiliki akses internet yang mudah.

Cara Menggunakan Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Cara Menggunakan Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Apabila ada seseorang yang berpulang, sebagai umat muslim kita harus memberikan yang terbaik untuk mempersiapkan selamatan orang yang telah meninggal. Namun, terkadang kita bingung bagaimana menghitung dan membagi selamatan kepada kerabat dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, kini telah ada aplikasi yang dapat membantu menghitung selamatan orang meninggal dengan mudah dan cepat.

Menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di App Store atau Google Play Store dengan memasukkan kata kunci “aplikasi menghitung selamatan orang meninggal”. Setelah itu, Anda akan menemukan berbagai aplikasi yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih menu “Hitung Selamatan”. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi jumlah orang yang ingin Anda berikan selamatan. Aplikasi akan secara otomatis menghitung dan menunjukkan jumlah beras, daging, dan uang yang dibutuhkan untuk selamatan tersebut. Aplikasi juga dapat memperlihatkan gambar dari setiap item yang dibutuhkan dan memberikan rincian harga.

Anda juga bisa mengubah harga beras, harga daging, harga uang, dan lain-lain secara manual. Dengan mengubah nilai tersebut, Anda dapat menghitung ulang dan menyesuaikan total biaya suatu selamatan dengan keinginan Anda.

Setelah mengetahui biaya selamatan tersebut, Anda dapat membagikan informasi orang yang ingin memberikan bantuan selamatan. Anda dapat membagikan informasi melalui media sosial, pesan, atau platform lainnya. Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengumpulkan dan mempersiapkan selamatan dengan cepat dan mudah.

Daftar Fitur dan Spesifikasi Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai fitur dan spesifikasi yang berguna untuk menghitung jumlah penduduk desa atau kota yang akan diundang serta memberikan informasi tentang harga yang perlu dibayarkan untuk mengadakan selamatan. Berikut adalah daftar fitur dan spesifikasi lengkap dari aplikasi menghitung selamatan orang meninggal.

Fitur/SpesifikasiKeterangan
Menghitung jumlah pendudukAplikasi ini dapat menghitung jumlah penduduk yang akan diundang ke acara selamatan dengan menyesuaikan data dari wilayah tersebut.
Menghitung harga selamatanAplikasi ini dapat menghitung harga yang diperlukan untuk melakukan selamatan, seperti biaya makanan dan minuman, serta biaya transportasi bagi tamu undangan.
Filter dataAplikasi ini dapat melakukan filter data untuk menyesuaikan jenis makanan dan minuman yang akan disajikan pada acara selamatan.
Alamat dan lokasiAplikasi ini dapat memberi tahu lokasi dan alamat acara selamatan kepada tamu undangan.
Update informasiAplikasi ini dapat memberikan informasi terbaru tentang acara selamatan, seperti perubahan harga dan jadwal acara.

Panduan Memilih Aplikasi Menghitung Selamatan Orang Meninggal yang Tepat

Jika Anda memiliki rencana untuk menghitung selamatan orang meninggal, maka memilih aplikasi yang tepat dapat mempermudah Anda dalam menghitung selamatan yang harus diberikan. Di era digital seperti saat ini, sudah sangat mudah untuk menemukan aplikasi yang sudah tersedia untuk membantu menghitung selamatan.

Berikut adalah panduan untuk memilih aplikasi menghitung selamatan orang meninggal yang tepat:

1. Keakuratan Aplikasi

Keakuratan aplikasi sangat penting dalam menghitung selamatan. Pastikan aplikasi yang Anda pilih akurat dalam menghitung jumlah selamatan yang harus diberikan agar keluarga dan kerabat yang ditinggalkan dapat merasa puas dengan pemberian selamatan.

2. Kemudahan Penggunaan

Anda harus memilih aplikasi yang mudah digunakan untuk menghitung selamatan. Aplikasi yang rumit dapat membuat proses penghitungan menjadi lebih sulit dan memakan waktu.

3. Keamanan Data

Jangan lupakan keamanan data saat memilih aplikasi. Pastikan aplikasi yang Anda pilih aman dan tidak mencuri data pribadi Anda atau pengguna lainnya.

4. Rating dan Ulasan Aplikasi

Periksa rating dan ulasan dari pengguna sebelum Anda mengunduh aplikasi untuk menghitung selamatan. Semakin banyak rating dan ulasan positif, semakin baik kualitas aplikasi tersebut.

5. Fitur Tambahan

Beberapa aplikasi memiliki fitur tambahan yang dapat membantu dalam menghitung selamatan. Misalnya, aplikasi yang menyediakan jadwal imsak dan waktu shalat.

6. Harga

Berikut adalah harga dari beberapa aplikasi populer untuk menghitung selamatan:

1. Aplikasi SelametanRp. 25.000,-
2. Aplikasi Selamanan 2.0Rp. 20.000,-
3. Aplikasi Selamatan PlusRp. 35.000,-
4. Aplikasi Hitung SelamatanRp. 15.000,-

7. Kemudahan Pembayaran

Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki sistem pembayaran yang mudah dan dapat dipercaya. Periksa metode pembayaran yang tersedia dan pastikan tidak terdapat biaya tambahan yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, aplikasi menghitung selamatan orang meninggal merupakan solusi praktis dalam menyiapkan acara selamatan secara efektif dan efisien. Dengan aplikasi ini, para keluarga yang sedang berduka dapat lebih fokus pada proses berkabung dan merenung daripada mengkhawatirkan hal-hal teknis dalam menyelenggarakan acara selamatan.

Dalam hal ini, aplikasi menghitung selamatan dapat menjadi tambahan yang membantu dalam memudahkan acara selamatan, namun kehadiran dan kasih sayang dari orang terdekat tetap menjadi hal yang tidak ternilai harganya. Semoga penjelasan tentang aplikasi ini dapat membantu para pembaca dalam mempersiapkan acara selamatan dengan lebih mudah dan efektif.

Bagikan:

DekorumaShopee