Apa Itu Zincalume : Keunggulan, Kekurangan & Tips Perawatan

Apa itu Zincalume

Apa Itu Zincalume – Jika Anda sedang membangun atau merenovasi bangunan, kemungkinan besar Anda akan menemukan bahan yang disebut Zincalume. Apa itu Zincalume dan apa manfaatnya?

Zincalume merupakan terobosan dalam teknologi bahan atap untuk bangunan. Bahan ini terbuat dari campuran aluminium, seng dan silikon, yang diproses dengan teknologi maju untuk menciptakan material yang ringan, tahan karat, dan tahan terhadap cuaca ekstrem.

Berbeda dengan atap tradisional yang terbuat dari bahan seperti genteng atau asbes, Zincalume memiliki ketebalan yang lebih sedikit, sehingga lebih ringan dan mudah dipasang. Meskipun begitu, Zincalume mampu memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap cuaca, dengan ketahanan terhadap suhu tinggi dan rendah serta ketahanan terhadap angin kencang.

Selain itu, Zincalume juga memiliki daya tahan terhadap korosi atau karat yang sangat baik. Dalam kondisi lingkungan yang biasanya dapat merusak atap lainnya, seperti lingkungan pesisir atau industri, berikut ini stkipmktb.ac.id akan membahas tentang Apa itu Zincalume.

Apa itu Zincalume?

Apa itu Zincalume

Zincalume adalah produk teknologi baja berkualitas tinggi yang memiliki lapisan campuran antara seng, aluminium, dan silikon. Baja berlapisnya sangat tahan terhadap korosi dan sangat cocok digunakan sebagai atap atau dinding bangunan. Material ini terkenal memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrem dan perubahan musim, seperti hujan, sinar UV, dan perubahan suhu yang ekstrem. Selain itu juga juga terkenal mudah dipasang dan dipotong, serta memiliki daya tahan yang tinggi.

Ada beberapa jenis Zincalume yang tersedia, dengan berbagai varian ketebalan dan warna. Tersedia dalam ketebalan mulai dari 0,27 hingga 0,60 milimeter. Warna yang tersedia antara lain biru, coklat, hijau, hitam, dan merah. Keuntungan lainnya adalah harganya yang terjangkau dibandingkan dengan material atap atau dinding lainnya dengan kualitas yang sama.

Bagi mereka yang mempertimbangkan penggunaan untuk bangunan, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seleksi pemasok yang berkualitas. Pastikan Anda memilih pemasok yang telah terbukti membuktikan kualitas dari lapisan yang mereka gunakan pada produk baja mereka. Pilih pemasok yang andal dan memiliki reputasi baik dalam industri.

Bahan Baku Zincalume

Bahan Baku Zincalume

Zincalume adalah material yang terbuat dari baja yang dicampur dengan lapisan campuran 55% aluminium, 43.5% seng, dan 1.5% silikon. Bahan tersebut terkenal karena kualitas tahan korosinya dan kemampuan dalam menghadapi cuaca ekstrem. Bahan baku yang digunakan untuk membuatnya meliputi baja, aluminium, seng, dan silikon.

Ada beberapa jenis bahan baku yang digunakan untuk membuat zincalume:

  1. Baja : Komponen terbesar
  2. Aluminium : Menambah ketahanan korosi material
  3. Seng : Menambah ketahanan material pada cuaca ekstrem
  4. Silikon : Menambah ketahanan meltability saat pemanasan

Jenis bahan baku yang digunakan untuk membuatnya sangat mempengaruhi kualitas dan harga dari zincalume tersebut. Pemilihan bahan harus dilakukan dengan cermat untuk menghasilkan kualitas yang baik sehingga produk yang dihasilkan dapat bertahan lama dan tahan karat.

Meskipun harganya cukup mahal, jenis atap ini memiliki kelebihan-kelebihan yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk rumah atau bangunan Anda. Selain tahan lama, juga mudah dipasang dan dapat bertahan dari cuaca ekstrem seperti panas terik matahari, hujan, dan angin kencang.

Dalam memilih zincalume, pastikan Anda memilih produk yang berasal dari produsen yang terpercaya dan memiliki sertifikasi yang sesuai dengan standar kualitas yang baik. Dengan memilih yang tepat, Anda akan memiliki pilihan yang tahan lama dan berkualitas tinggi untuk rumah atau bangunan Anda.

Sejarah Zincalume

Zincalume merupakan produk bahan pelapis untuk atap dan dinding yang terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi dengan pelapis seng dan aluminium. Produk ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan BlueScope Steel di Australia pada tahun 1970-an dan mulai diperkenalkan pada tahun 1980-an. Zincalume menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai alternatif baja ringan dengan ketahanan korosi yang lebih baik dan tahan lama.

Pada awalnya jenis atap ini digunakan untuk aplikasi struktural yang meliputi atap industri, gudang, dan bangunan komersial yang berat. Namun, pada saat ini lebih banyak digunakan pada aplikasi atap perumahan dan komersial ringan.

Produk berkualitas dan serbaguna ini adalah hasil dari penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan pada teknologi pelapisan seng dan aluminium. Dengan pelapis dengan ketebalan bervariasi, bisa menjadi opsi yang lebih baik ketimbang jenis-jenis atap lainnya.

Keunggulan Zincalume

Kekurangan Zincalume

Zincalume adalah bahan atap yang terbuat dari campuran aluminium, zinc, dan silikon. Campuran tiga bahan ini membuatnya menjadi salah satu jenis atap dengan keunggulan yang sangat baik. Apa saja keunggulannya? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

1. Daya tahan terhadap korosi

Jenis atap ini memiliki lapisan aluminium dan zinc yang bisa melindungi atap dari korosi. Kedua lapisan ini sangat efektif dalam melindungi atap dari kerusakan akibat hujan, panas, dan debu. Hal ini membuatnya memiliki daya tahan yang baik dan bisa bertahan hingga puluhan tahun.

2. Tahan terhadap cuaca ekstrim

Jenis atap ini memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca ekstrim seperti panas dan hujan deras. Hal ini membuat Zincalume menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang tinggal di daerah dengan iklim yang sangat ekstrem. Selain tahan terhadap cuaca, Jenis atap ini juga mampu melindungi bangunan dari sinar UV yang bisa merusak cat atau catatan di atas atap.

3. Hemat biaya perawatan

Dibandingkan dengan atap konvensional seperti genteng, Jenis atap ini membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah. Karena bahan yang digunakan lebih tahan lama, maka tingkat kerusakan dan perawatan yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Hal ini tentu akan membantu Anda menghemat biaya dalam jangka waktu yang lama.

4. Desain yang fleksibel

Salah satu keunggulannya adalah desain yang fleksibel. Ada banyak pilihan warna dan desain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Zincalume bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan dan sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis arsitektur, seperti Desain Rumah Kayu Minimalis dan lain sebagainya.

Kekurangan Zincalume

Kelebihan Zincalume

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, seperti ketahanan terhadap korosi, ringan, dan mudah dipasang, namun juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan Zincalume:

1. Biaya Lebih Mahal

Dibandingkan dengan beberapa jenis material atap lainnya, harga Zincalume cenderung lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Zincalume.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Proses pembuatannya melibatkan penggunaan logam dan proses kimia, yang dapat berdampak negatif pada lingkungan. Selain itu, tidak sepenuhnya dapat didaur ulang, sehingga setelah digunakan, limbahnya dapat menyebabkan masalah lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

3. Berisik

Jenis atap ini memiliki karakteristik yang berisik ketika terkena hujan atau benturan benda keras, seperti dedaunan atau cabang. Ini dapat menyebabkan gangguan suara di dalam ruangan yang dapat mengganggu kenyamanan penghuninya.

4. Rentan Terhadap Goresan

Meskipun Jenis atap ini tahan terhadap korosi, ia rentan terhadap goresan atau goresan kecil. Goresan tersebut dapat mengurangi estetika atap dan mempengaruhi penampilannya.

5. Penyusutan Material

Jenis atap ini cenderung mengalami penyusutan material seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan celah kecil di antara lembaran yang berpotensi menyebabkan bocor atau masuknya air hujan jika tidak dipasang dengan benar.

6. Pemantulan Panas

Zincalume memiliki kemampuan pemantulan panas yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa material atap lainnya. Hal ini dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan menjadi lebih tinggi, terutama di bawah sinar matahari yang terik.

Tips Cara Perawatan Zincalume

Sebelum melakukan perawatan, penting untuk memahami bahwa material Zincalume memerlukan perawatan yang tepat dan teratur. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dalam merawat, seperti dibawah ini:

1. Membersihkan Zincalume secara teratur

Untuk menjaganya tetap bersih, Anda bisa membersihkannya dengan air. Pilih sabun cuci piring atau sabun pembersih khusus untuk ata pabrik. Gunakan kuas lembut atau spon untuk membersihkan bagian-bagian yang susah dijangkau. Bersihkan dengan lembut dan jangan membersihkan terlalu keras, agar tidak merusak lapisan. Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam setahun.

2. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya

Hindari menggunakan bahan kimia yang berbahaya saat merawatnya. Hal ini menjamin kualitas Zincalume tetap terjaga dan tidak meleleh. Jangan gunakan asam atau produk kimia terlalu keras untuk membersihkannya

3. Hindari kontak dengan benda tajam

Selalu hindari kontak dengan benda tajam, seperti kayu atau besi untuk menjaga dari goresan-goresan. Hindari kegiatan yang cenderung merusak, seperti saling melindas atau memukul Zincalume dengan benda keras lainnya. Goresan-goresan kecil dapat merusak lapisan, sehingga mudah berkarat.

4. Tambahkan Lapisan Pelindung Zincalume

Tambahkan lapisan pelindung Zincalume yang bisa mengurangi kemungkinan korosi. Untuk menjaga kualitas Zincalume tetap terjaga, sebaiknya tambahkan lapisan pelindung setiap tahun. Harganya biasanya berkisar antara 20 ribu hingga 40 ribu rupiah per meter persegi.

5. Hindari kerusakan pada Zincalume

Pada dasarnya, Zincalume memiliki ketahanan yang kuat terhadap benda yang keras seperti kayu atau besi, dan mampu menahan tekanan yang kuat, namun bukan berarti tidak bisa rusak. Hindari kerusakan agar kekuatannya tetap terjaga

6. Lakukan pengecekan secara teratur

Lakukan pengecekan secara teratur untuk melihat kondisi, apakah sudah rusak atau belum. Jika terdapat beberapa bagian yang rusak, segera lakukan perbaikan agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lainnya.

7. Hindari Terkena Bahan Kimia Berbahaya

Jangan gunakan sabun atau produk pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Jangan terkena atau menghirup bahan-bahan kimia, terutama saat membersihkan Zincalume yang terdapat di atap rumah Anda

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Zincalume adalah bahan atap baja ringan yang terdiri dari campuran antara aluminium, seng, dan silikon. Bahan ini memiliki beberapa keunggulan seperti tahan korosi, kuat, ringan, dan tahan terhadap perubahan suhu. Selain itu, harga Zincalume juga terbilang cukup terjangkau sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai atap pada bangunan rumah atau komersial.

Namun demikian, perlu untuk tetap memperhatikan proses pemasangan Zincalume agar tunggal dan tecipta sebuah bangunan dengan kualitas dan keamanan yang baik. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan tenaga ahli atau tukang yang berpengalaman dalam pemasangan Zincalume.

Bagikan: