DekorumaShopee

Apa Itu Twibbon: Pengertian, Fungsi & Cara Membuatnya

Apa Itu Twibbon

Apa Itu Twibbon – Saat ini, fenomena twibbon semakin populer di kalangan netizen. Tak hanya digunakan untuk keperluan kampanye dan dukungan politik, twibbon juga sering digunakan sebagai bentuk dukungan terhadap suatu isu sosial atau peristiwa penting.

Twibbon sendiri merupakan kombinasi antara kata “twitter” dan “ribbon”, yang menggambarkan logo atau gambar yang diletakkan di atas foto profil di akun media sosial, terutama Twitter. Twibbon muncul sebagai bentuk dukungan atau aksi nyata dalam mendukung sebuah kampanye atau gerakan sosial.

Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan apa itu twibbon dan bagaimana cara membuatnya. Banyak yang merasa kesulitan saat ingin membuatnya, padahal sebenarnya membuatnya sangat mudah dilakukan. Bagi kamu yang masih belum tahu dengan apa itu twibbon, simak ulasan berikut ini.

Dalam perkembangan yang semakin pesat, kini menjadi bagian tak terpisahkan dari aktifitas netizen. Baik di media sosial maupun di dunia nyata, dukungan yang diberikan bisa menjadi bentuk aksi nyata dalam mendukung gerakan sosial atau isu penting yang ada di masyarakat, berikut stkipmktb.ac.id telah merangkumnya secara lengkap.

Pengertian Twibbon

Apa Itu Twibbon

Twibbon adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna Twitter atau Facebook untuk menambahkan sebuah lencana / badge pada gambar profil mereka atau foto selama jangka waktu tertentu. Biasanya dibuat untuk kampanye sosial, acara amal, atau kegiatan yang mendukung suatu ide atau aksi. Lencananya disertakan dengan tautan yang membuat orang lain dapat mengetahui tujuan dari kampanye tersebut.

TenzoLiving

Namun, tidak hanya untuk kampanye antigraft, juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi yang lebih ringan atau bahkan untuk memeriahkan suasana dalam acara tertentu seperti perayaan hari besar. Orang-orang di Indonesia juga sering membuatnya untuk mendukung klub sepak bola, hiburan acara televisi atau film favorit mereka, atau bahkan untuk memberikan dukungan moral kepada teman atau keluarga yang sedang berjuang.

Untuk membuatnya, Anda dapat mengakses situsnya dan menemukan kampanye apa yang sedang berlangsung atau membuatnya sendiri untuk digunakan oleh teman atau organisasi. Pada dasarnya, Twibbon akan membuat Anda memiliki tampilan profil media sosial yang menarik dan memberikan pesan pada orang-orang yang melihat profile picture Anda.

Fungsi Tujuan Twibbon

Fungsi Tujuan Twibbon

Twibbon juga bisa digunakan untuk menyatakan dukungan atas topik atau isu sosial tertentu dengan memilih lencana dari koleksi Twibbon atau membuatnya sendiri. Beberapa manfaat dari menggunakan Twibbon adalah:

1. Meningkatkan Kesadaran

Pengguna dapat dengan mudah menunjukkan dukungannya untuk kampanye atau organisasi tertentu dan memperkuat pesan yang ingin disebarkan. Dengan menyatukan ribuan atau bahkan jutaan foto profil dengan lencana yang sama, sebuah kampanye dapat mendapatkan perhatian yang lebih dari media dan masyarakat umum.

2. Meningkatkan Partisipasi

Kampanye atau ajang penggalangan dana yang menggunakannya dapat meningkatkan partisipasi dengan menyediakan lencana atau avatar yang menarik dan memotivasi orang untuk bergabung. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakannya, semakin besar pula dampak yang bisa dicapai.

3. Meningkatkan Kreativitas

Meskipun menawarkan berbagai pilihan lencana dan avatar, pengguna juga bisa membuat mereka sendiri dengan mengunggah gambar atau desain yang mereka inginkan. Dalam paket Basic, pengguna bisa memilih ukuran dan warna dasar, sementara dalam paket Premium, pengguna bisa memiliki desain custom yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Bikin Twibbon Sendiri

Secara sederhana Twibbon bisa juga di artikan cara edit foto dengan lencana. Berikut langkah-langkah cara membuat twibbon sendiri:

  • Memilih Media Sosial yang Akan Digunakan.
    • Pilih media sosial yang ingin digunakan sebagai tempat meletakkan. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan sebagainya.
  • Memilih Gambar dan Template.
    • Memilih gambar dan template yang sesuai dengan keinginan, atau dapat membuat desain sendiri menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop, Canva, dll.
  • Mengunggah Gambar pada Website
    • Setelah gambar dan template sudah dipilih dan dibuat, unggah gambar tersebut pada website. Ada beberapa website penyedia yang dapat dicari di internet seperti twibbonize.com, twibbon.in, dll. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Mengatur posisi.
    • Setelah gambar berhasil diupload, tentukan posisi dari tersebut pada foto profil.
  • Mengunduh dan memasang pada foto profil.
    • Setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, kini bisa diunduh dan dipasang pada foto profil di media sosial.

Cara Menggunakan Twibbon

Cara Menggunakan Twibbon

Salah satu cara yang populer dan efektif adalah menggunakannya yaitu gambar atau grafis kecil yang dapat ditambahkan ke foto profil Anda di platform media sosial sebagai bentuk dukungan visual. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara menggunakannya untuk menunjukkan dukungan Anda terhadap berbagai peristiwa atau kampanye.

1. Pilih Platform Media Sosial Anda

Langkah pertama adalah memilih platform media sosial yang ingin Anda gunakan untuk menambahkannya ke foto profil Anda. Twibbon dapat digunakan di berbagai platform seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya. Pastikan Anda telah masuk ke akun media sosial Anda sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Kunjungi Situs Twibbon atau Aplikasi Terkait

Untuk membuat atau menambahkannya ke foto profil Anda, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Twibbon atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan serupa. Cari “Twibbon” di mesin pencari atau toko aplikasi untuk menemukan opsi yang paling sesuai dengan platform Anda.

3. Cari atau Buat Twibbon

Setelah Anda berada di situs web atau aplikasinya, Anda dapat mencari yang sesuai dengan peristiwa atau kampanye yang ingin Anda dukung. Situs web ini umumnya memiliki kategori berbeda yang memungkinkan Anda menemukannya untuk berbagai isu, seperti lingkungan, kesehatan, olahraga, dan lain-lain. Jika Anda tidak menemukan yang sesuai, Anda juga dapat membuat kustom sesuai dengan preferensi Anda.

4. Tambahkan Twibbon ke Foto Profil Anda

Langkah selanjutnya adalah menambahkannya ke foto profil Anda. Biasanya, situs web atau aplikasi akan memiliki opsi “Tambahkan ke Foto Profil” atau sejenisnya. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memastikan Twibbon ditambahkan dengan benar.

5. Sesuaikan dan Bagikan

Setelah Anda menambahkan ke foto profil Anda, Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu dan melihat bagaimana tampilannya. Jika Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat mengklik atau pilih opsi untuk mengonfirmasi perubahan. Setelah itu, foto profil Anda akan diperbarui dengan Twibbon yang baru.

Jangan lupa untuk membagikan pos Anda kepada pengikut Anda untuk memberi tahu mereka tentang dukungan Anda terhadap peristiwa atau kampanye tertentu. Anda dapat menambahkan keterangan atau tagar terkait untuk meningkatkan jangkauan dan kesadaran.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya dalam sebuah kampanye dukungan yang ingin disalurkan ke khalayak umum. Dengan mudahnya penggunaannya, siapa saja bisa ikut berpartisipasi dan menyebarkan pesan yang ingin disampaikan tanpa harus memerlukan keahlian khusus.

Twibbon juga sangat membantu dalam meningkatkan popularitas suatu kampanye dengan adanya dukungan dari banyak orang. Kita, sebagai pengguna internet, harus bisa memanfaatkannya dengan bijak dan memastikan bahwa pesan yang kita dukung sepenuhnya sesuai dengan nilai dan prinsip yang kita anut. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memulai kampanye menggunakannya. Mari bersama-sama mendukung kampanye yang positif dan memberikan dampak baik untuk masyarakat.

Bagikan:

DekorumaShopee