DekorumaShopee

Apa Itu Skripsi : Pengertian, Metologi & Langkah Penulisan Skripsi

Apa Itu Skripsi

Apa Itu Skripsi – Saat tengah menempuh studi di perguruan tinggi, setiap mahasiswa pasti mengenal istilah skripsi. Namun, bagi sebagian mahasiswa skripsi memang menjadi momok menakutkan.

Berbagai mitos yang beredar tentang sulitnya menyelesaikan hal ini dan lama waktu yang diperlukan pun semakin menambah ketakutan di benak para mahasiswa. Di sisi lain, perlu juga diingat bahwa skripsi adalah bagian terpenting dalam menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana.

Menyelesaikannya memang tidak mudah, namun dengan tekad dan usaha serta bimbingan dari dosen pembimbing, hal ini dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, ada berbagai teknik dan tips yang dapat membantu mahasiswa dalam proses penulisan.

Salah satu kiat penting adalah memilih topik penelitian yang sesuai minat dan kemampuan, sehingga akan terasa lebih mudah dan menyenangkan untuk mendalami topik tersebut. Nah buat Anda yang belum jelas tentang skripsi, beikut ini stkipmktb.ac.id telah merangkum tentang Apa itu Skripsi dengan berbagai ketentuannya.

Pengertian Skripsi

Pengertian Skripsi

Skripsi adalah tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa pada jenjang pendidikan sarjana. Skripsi dapat disamakan dengan istilah thesis dalam bahasa Inggris. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang ditulis berdasarkan penelitian dan pengkajian pustaka yang dilakukan oleh mahasiswa. Dalam penulisannya, mahasiswa akan mempelajari dan menemukan jawaban atas masalah yang diangkat dalam penelitian.

TenzoLiving

Proses penulisannya dimulai dari pemilihan topik yang kemudian dijadikan sebagai rumusan masalah. Setelah itu, dilakukan penelitian dan pengumpulan data untuk kemudian dianalisis. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan sebagai jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian tersebut dijabarkan secara terstruktur dalam bentuk karya tulis.

Bagi mahasiswa, hal ini bisa menjadi pengalaman yang menantang dan menyenangkan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikannya.

Tujuan Penulisan Skripsi

Skripsi adalah sebuah tugas akhir yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Tujuan dari penulisannya ini adalah untuk menggambarkan kemampuan seorang mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah masalah akademik secara mandiri dengan menerapkan pengetahuan yang telah didapat selama kuliah. Berikut adalah tujuan penulisan skripsi secara lebih detail.

1. Tujuan Umum Penulisan Skripsi

Tujuan umum dari penulisan skripsi adalah untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian yang sistematis dan juga untuk melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sintetis. Selain itu, tujuan umum penulisan skripsi adalah untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan teori dan konsep yang telah dipelajari Prodi atau program pendidikan ke dalam suatu kasus atau masalah yang dihadapi dalam dunia nyata.

Apa itu Prodi? Prodi adalah singkatan dari “Program Studi.” Dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia, Prodi mengacu pada program akademik atau program studi yang ditawarkan oleh sebuah perguruan tinggi. Setiap Prodi biasanya fokus pada bidang studi tertentu, misalnya Prodi Teknik Informatika, Prodi Ekonomi, Prodi Hukum, dan sebagainya.

2. Tujuan Khusus Penulisan Skripsi

Selain tujuan umum, terdapat tujuan khusus lainnya saat menulis skripsi yaitu:

  • Tujuan khusus yang pertama yaitu menemukan solusi atas sebuah masalah. Mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian guna menemukan solusi terbaik atas suatu masalah.
  • Tujuan khusus yang kedua adalah menyampaikan informasi baru. Di sini mahasiswa menggali literatur untuk mengetahui informasi terbaru dan memberikan sumbangan atas informasi tersebut.
  • Tujuan khusus yang ketiga adalah mengembangkan atau menerapkan sebuah teori. Mahasiswa melakukan penelitian guna menguji kebenaran suatu teori dan mengembangkan berdasarkan temuan penelitian.
  • Sedangkan tujuan khusus yang keempat adalah memberikan rekomendasi praktis. Mahasiswa diharapkan mampu memberikan saran atau rekomendasi kepada pihak yang berkepentingan dalam penelitiannya.

Metodologi Penulisan Skripsi

Bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, metodologi penulisannya penting untuk diperhatikan. Saat ini, penulisan umumnya telah menggunakan standar format writing apa (American Psychological Association) yang memuat jurnal psikologi dan ilmu sosial lainnya. Artikel ini akan memberikan gambaran tentang metodologi penulisan skripsi yang baik dan benar.

1. Persiapan yang Matang

Persiapan yang matang sangat diperlukan sebelum menulis. Hal ini meliputi pemilihan topik, penelitian terkait topik tersebut, dan pengumpulan data yang relevan. Penulisannyapun harus dimulai dengan perencanaan yang matang untuk memastikan bahwa setiap bagian skripsi dapat membantu mencapai tujuan akhir.

2. Struktur Skripsi yang Jelas

Penulisan skripsi harus memiliki struktur yang jelas dan teratur. Umumnya terdiri dari judul, tabel konten, bab pendahuluan, bab utama, bab penutup, daftar pustaka, dan lampiran. Penulisan setiap bagian harus sesuai dengan format writing apa untuk memperoleh hasil karya ilmiah yang benar.

3. Penggunaan Referensi yang Tepat

Referensi yang digunakan didalamnya harus akurat dan relevan dengan topik yang dibahas. Setiap kutipan harus dituliskan dengan benar dan dilengkapi dengan sumber yang diambil. Di samping itu, pastikan untuk mencantumkan setiap referensi yang digunakan dalam daftar pustaka, dan merujuk pada format writing apa.

4. Analisis Data yang Mendalam

Kemudian menjelaskan data secara lengkap dengan tata bahasa yang benar adalah hal yang penting dalam skripsi. Oleh karena itu, analisis data adalah salah satu hal penting untuk menulisnya. Untuk melakukan analisis data dengan baik, pastikan hubungan antara data dan topik dijelaskan dengan jelas. Pilihlah metode analisis yang tepat dan sesuai dengan data yang terkumpul. Setelah itu, interpretasikan data tersebut secara mendalam dalam hubungannya dengan topik yang dibahas.

Biaya Penulisan Skripsi

Setiap mahasiswa tentu berkeinginan untuk menyusun skripsi dengan mudah dan tepat. Namun, dalam kenyataannya, terkadang ada kendala seperti tidak memiliki cukup waktu atau tidak memiliki cukup sumber daya seperti buku dan referensi. Oleh karena hal tersebut, banyak mahasiswa yang menggunakan jasa penulisan. Harga jasa penulisannya biasanya bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan materi, jumlah halaman, hingga ketepatan waktu penyampaian. Biaya penulisannya bisa berkisar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta tergantung letak penyusunan dan tingkat kesulitan.

Cara Menentukan Judul Skripsi yang Tepat

Cara Menentukan Judul Skripsi yang Tepat

Menentukan judul yang tepat merupakan langkah awal dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa. Namun, seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan judul skripsi yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa menentukan judul yang tepat.

1. Pilih Topik yang Anda Pahami

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan judul yang tepat adalah memilih topik yang Anda pahami. Jika Anda memilih topik yang sudah Anda kuasai, maka Anda akan lebih mudah menyelesaikannya. Selain itu, jika Anda menemukan kendala saat menyelesaikannya Anda, maka Anda dapat lebih mudah menemukan solusinya.

2. Pertimbangkan Keaslian atau Originalitas

Judul skripsi Anda harus asli dan menarik. Hindari menentukan topik yang sudah banyak dipilih oleh mahasiswa lain atau tesis yang sudah pernah diselesaikan sebelumnya. Selain itu, cobalah untuk memberikan ide-ide baru pada topik yang sudah ada sehingga akan memunculkan pemikiran tentang solusi atau ide-ide baru pada topik tersebut.

3. Sesuaikan Dengan Jurusan Anda

Saat menentukan judul yang tepat, pastikan judul tersebut sesuai dengan jurusan Anda. Hindari menentukan topik yang tidak berhubungan dengan jurusan Anda. Selain itu, pastikan juga topik yang Anda pilih memiliki hubungan dengan bidang pekerjaan yang ingin Anda tekuni di masa depan.

4. Panduannya di Internet

Banyak panduan yang dapat membantu Anda menentukan judul skripsi yang tepat di internet. Anda dapat mencari panduan tersebut di berbagai website, seperti website universitas, jurnal atau database terkait. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing Anda.

Langkah-Langkah Penulisan Skripsi

Langkah Langkah Penulisan Skripsi

Tugas akhir ini diperlukan untuk menunjukkan kemampuan dalam menganalisis, meneliti dan membuat kesimpulan dari suatu topik tertentu di dalam bidang studi yang dipilih. Penulisannya membutuhkan waktu dan usaha yang besar, dan membutuhkan perencanaan dan koordinasi yang baik. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat membantu dalam penulisan.

1. Memilih Topik

Langkah awal dalam penulisan adalah memilih topik yang cocok. Topik yang dipilih harus relevan dengan bidang studi mahasiswa dan menarik bagi pembaca. Pilihlah topik yang menarik untuk Anda dan yang memberikan kontribusi positif pada masyarakat atau industri. Sesuaikan juga topik dengan kemampuan dan minat Anda.

2. Membuat Rencana Penulisan

Sebelum mulai menulis, penting untuk membuat rencana penulisan terlebih dahulu. Buatlah daftar bagian-bagian penting yang akan dibahas didalamnya. Cobalah untuk membuat outline yang jelas sehingga meringankan pekerjaan Anda pada saat membuat bagian isi. Dalam rencana penulisan, tentukan juga batas waktu kapan harus selesai ditulis.

3. Membuat Proposal Skripsi

Proposal skripsi adalah dokumen pendahuluan yang harus diajukan kepada dosen pembimbing sebelum mulai menulis skripsi. Proposal berisi ide dasar dari topik yang dipilih, penjelasan tentang masalah, tujuan, metodologi, dan pembatasan. Bahkan proposal harus ditulis dengan baik dan benar karena dosen pembimbing akan menilainya sesuai dengan standar akademik yang ketat. Jangan lupa untuk memperbarui proposal Anda setelah menerima umpan balik dari dosen pembimbing.

4. Melakukan Penelitian

Setelah proposal disetujui, sekarang saatnya untuk melakukan penelitian. Kumpulkan bahan-bahan yang relevan dengan topik Anda. Lihat juga referensi yang relevan untuk memberikan dasar teoritis yang kuat pada skripsi Anda. Buat catatan terperinci dan rapi saat melakukan penelitian agar dapat dengan mudah merujuk ke sumber yang digunakan.

5. Menulis Skripsi

Setelah melakukan penelitian, sekarang mulailah menulis. Gunakan outline yang sudah dibuat sebagai panduan dan ikuti format skripsi yang sesuai dengan standar akademik. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sesuai dan bisa dipahami oleh pembaca. Perhatikan juga kelengkapan dalam menggunakan referensi untuk meminimalkan kesalahan kutipan.

6. Merevisi Skripsi

Langkah terakhir dalam penulisan adalah merevisi skripsi. Setelah menulis, baca kembali dan perbaiki kesalahan gramatikal dan kelengkapan penggunaan referensi. Mintalah teman atau dosen pembimbing untuk membaca dan memberikan umpan balik.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, skripsi memang memiliki tantangan dan kesulitan, namun berkat proses penyusunan yang teliti serta didukung oleh wawasan yang baik, mahasiswa dapat menyelesaikannya dengan baik. Skripsi adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas diri serta mempersiapkan mahasiswa untuk karir yang lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengambil proses penyusunan skripsi dengan serius dan memiliki motivasi yang tinggi untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

Bagikan:

DekorumaShopee