Apa Itu Roaming Data : Pengertian, Cara Mengaktivkan & Tips

Apa Itu Roaming Data

Apa Itu Roaming Data – Roaming data menjadi salah satu hal yang penting bagi para pengguna smartphone yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, masih banyak yang belum paham dengan konsep ini sehingga sering terjadi kesulitan saat menggunakan layanan roaming data di luar negeri.

Roaming data dapat diartikan sebagai layanan internet yang disediakan oleh operator seluler di luar negeri untuk penggunaan sementara. Jadi, ketika Anda berada di luar negeri dan ingin tetap terhubung dengan internet, Anda dapat menggunakan layanan ini.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan ini. Pertama, pastikan operator seluler yang Anda gunakan memiliki kerja sama dengan operator seluler di negara yang Anda kunjungi.

Hal ini penting karena tidak semua operator seluler memiliki kerja sama dengan operator di seluruh dunia. Jika operator seluler Anda tidak memiliki kerja sama dengan operator seluler di negara yang Anda kunjungi, maka Anda tidak akan bisa menggunakan layanan ini, berikut ini stkipmktb.ac.id akan membahas Apa Itu Roaming Data.

Pengertian Roming Data

Pengertian Roming Data

Roaming data adalah layanan yang memungkinkan pelanggan menggunakannya untuk terhubung ke internet di luar negeri dengan menggunakan jaringan operator seluler lokal. Dalam kata lain, dengan menggunakan layanan tersebut, pelanggan dapat menggunakan data seluler mereka saat sedang berada di negara lain.

Layanan ini sangat membantu bagi mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Pelanggan dapat tetap terhubung dengan keluarga, teman, atau klien yang berada di Indonesia dan juga dapat mengakses internet menggunakan data selulernya tanpa harus mengalami kesulitan dalam mencari jaringan Wi-Fi yang terkadang sangat sulit untuk ditemukan di beberapa negara.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, pelanggan harus memastikan bahwa fitur roaming sudah diaktifkan pada ponsel mereka sebelum pergi ke luar negeri. Selain itu, pelanggan harus memastikan bahwa mereka memiliki paket data yang tersedia atau saldo yang mencukupi untuk dapat menggunakan layanan ini.

Bagaimana Roaming Data Bekerja

Ketika Anda berpergian ke luar negeri, dan Anda ingin menggunakan internet, telepon, atau SMS, ponsel Anda harus terhubung dengan jaringan lokal di negara tersebut. Jaringan lokal ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jaringan inti dan jaringan perusahaan operator lokal di negara tersebut.

Jaringan inti adalah jaringan yang menghubungkan operator dari negara Anda dengan operator di negara tujuan Anda. Dalam jaringan inti, data Anda ditransfer ke operator lokal di negara tujuan Anda, kemudian operator lokal akan mengirimkan data ke ponsel Anda.

Sedangkan jaringan perusahaan operator lokal di negara yang Anda kunjungi, adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan ponsel Anda dengan operator lokal di negara tersebut. Jaringan ini sangat penting karena akan memastikan Anda dapat menggunakan layanan internet, telepon dan SMS selama Anda berada di negara tersebut.

Maka, ketika Anda mengaktifkan roaming di ponsel Anda, ponsel Anda akan mencari jaringan lokal yang tersedia. Setelah menemukan jaringan lokal yang tersedia, ponsel Anda akan terhubung dengan operator lokal yang biasanya memberi Anda layanan Internet.

Selanjutnya, operator lokal di negara tersebut akan menentukan harga yang harus Anda bayar untuk menggunakan layanan roamingnya. Dan biasanya, biaya ini akan jauh lebih tinggi daripada biaya yang harus Anda bayar jika Anda menggunakan jaringan internet di dalam negeri.

Keuntungan Menggunakan Roaming Data

Keuntungan Menggunakan Roaming Data

Jika Anda sering bepergian ke luar negeri, keuntungan menggunakan layanan ini bisa sangat besar. Roaming data memungkinkan Anda untuk terus menggunakan internet di ponsel Anda bahkan ketika Anda berada di luar negeri. Berikut beberapa keuntungan utama dari menggunakan layanan ini.

1. Mudah Digunakan

Roaming data sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu mengubah pengaturan ponsel Anda atau memasang aplikasi baru. Cukup aktifkan layanan ini di pengaturan ponsel Anda dan Anda siap menggunakan internet di luar negeri. Anda juga bisa melihat tarif layanan ini sebelum Anda menggunakan layanan, sehingga Anda tahu persis berapa biaya yang harus Anda bayar.

2. Menghemat Waktu dan Uang

Dengan layanan ini, Anda dapat menghemat waktu dan uang. Daripada harus mencari hotspot Wi-Fi dan membayar biaya untuk mengaksesnya, Anda bisa langsung terhubung ke internet di ponsel Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya roaming yang tinggi karena beberapa operator telepon seluler menawarkan tarif yang terjangkau.

Kami telah menyiapkan tabel yang menunjukkan biaya layanan ini dari operator telepon seluler terbesar di Indonesia. Ini akan membantu Anda memilih operator yang menawarkan tarif layanan ini terbaik berdasarkan tujuan perjalanan Anda.

3. Terhubung dengan Dunia

Dengan layanan ini, Anda bisa terhubung dengan dunia ketika Anda bepergian ke luar negeri. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Google Maps untuk mencari arah atau memesan taksi. Anda juga bisa membaca berita terbaru, menggunakan aplikasi perbankan, atau bahkan mengakses media sosial yang bisa membantu Anda tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman Anda di seluruh dunia.

Kerugian Menggunakan Roaming Data

Jika kita bepergian ke luar negeri, penting untuk memiliki akses internet yang dapat digunakan di negara tujuan kita. Salah satu solusi adalah menggunakan layanan ini. Namun, meskipun itu dapat sangat nyaman, ada beberapa kerugian yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan ini. Berikut adalah beberapa kerugian menggunakan layanan ini:

1. Mahalnya Biaya

Satu-satunya alasan mengapa kita tidak mengambil SIM lokal saat bepergian ke luar negeri adalah karena biaya layanan data kita lebih murah. Tetapi dalam kenyataannya, biaya roaming data bisa sangat mahal. Biaya ini dapat meningkat berlipat-lipat jika kita berada di tempat-tempat seperti Jepang atau Singapura, di mana biaya data seluler sangat mahal.

Ketika kita memutuskan untuk menggunakan roaming data, sangat penting untuk memeriksa biaya yang akan dikenakan. Cara terbaik adalah dengan menghubungi operator seluler kita dan menanyakan tentang biaya roaming data di negara yang akan kita kunjungi. Ada juga operator seluler yang menawarkan paket roaming data, jadi pastikan kita memeriksa paket seperti itu agar kita tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

2. Keterbatasan Kapasitas Data

Ketika kita berada di negara asing, kapasitas data kita mungkin terbatas. Ini berarti bahwa ketika kapasitas data kita habis, kecepatan internet kita akan berkurang drastis atau bahkan dihentikan. Kita juga dapat dikenakan biaya tambahan jika kita memutuskan untuk memperbarui kuota data kita. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kapasitas data yang kita miliki agar kita tidak terjebak dalam pembatasan kecepatan internet atau meninggalkan tagihan yang mahal.

3. Keamanan

Ketika kita mengaktifkan roaming data, biasanya jaringan seluler yang akan kita gunakan adalah jaringan yang disediakan oleh operator seluler di negara yang kita kunjungi. Namun, jaringan ini mungkin tidak seaman jaringan seluler kita di negara asal kita. Jika kita memasukkan kata sandi atau informasi pribadi, maka hal itu dapat mengancam keamanan data kita.

Penting untuk memperhatikan keamanan data kita ketika menggunakan roaming data. Jangan pernah memasukkan informasi pribadi atau kata sandi pada jaringan yang belum pasti keamanannya. Selalu periksa apakah jaringan yang kita gunakan aman atau tidak. Kita juga dapat menghindari menggunakan jaringan seluler dan lebih baik menggunakan Wi-Fi gratis yang tersedia di banyak tempat seperti Bandara atau hotel.

4. Konsumsi Baterai yang Tinggi

Banyak aplikasi dan layanan yang kita gunakan setiap hari mungkin akan terus berjalan di belakang layar selama menggunakan roaming data. Ini dapat mempercepat konsumsi baterai kita di ponsel pintar kita. Ketika kapasitas baterai kita habis, kita tidak dapat menggunakan telepon kita sampai kita mendapatkan pengisi daya. Dalam beberapa situasi darurat, ini bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan kita mematikan atau menonaktifkan aplikasi atau layanan yang tidak perlu sehingga konsumsi baterai kita lebih sedikit.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Untuk mengaktifkan roaming data di ponsel Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Menu Pengaturan: Buka menu pengaturan di ponsel Anda. Biasanya, ikon pengaturan terlihat seperti ikon gigi atau roda gigi.
  2. Pilih Jaringan Seluler: Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan pilih opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM & Jaringan Seluler.”
  3. Aktifkan Mode Roaming: Di dalam menu jaringan seluler, cari opsi “Roaming” atau “Mode Roaming.” Geser tombol ke posisi “Aktif” atau “On” untuk mengaktifkan roaming data. Pada beberapa ponsel, Anda juga dapat menemukan pilihan “Data Roaming” yang perlu diaktifkan.
  4. Konfirmasi Aktivasi: Setelah mengaktifkan layanan ini, ponsel Anda akan mencari jaringan seluler di wilayah sekitar. Pastikan Anda menerima notifikasi atau konfirmasi bahwa layanan ini telah diaktifkan.
  5. Periksa Pengaturan Lain (Opsional): Beberapa ponsel mungkin memiliki opsi tambahan terkait layanan ini, seperti “Pilihan Jaringan” di mana Anda dapat memilih jaringan operator secara manual. Jika Anda berada di luar negeri, pilih operator yang memiliki kesepakatan roaming dengan operator asal Anda untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik.
  6. Aktivasi Paket Roaming (Jika Diperlukan): Sebelum bepergian, pastikan Anda telah mengaktifkan paket layanan ini dari operator Anda, jika tersedia. Ini akan membantu Anda menghindari biaya layanan ini yang tinggi dan memberikan kuota data yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. Restart Ponsel (Opsional): Setelah mengaktifkan roaming data, Anda dapat merestart ponsel Anda agar perubahan dapat diterapkan sepenuhnya.

Tips Menghemat Biaya Roaming Data

Layanan roaming data memungkinkan pengguna ponsel dapat tetap terhubung dengan internet, meskipun mereka berada di luar jangkauan jaringan seluler dari operator mereka. Namun, penggunaan roaming data dapat sangat mahal karena operator seluler biasanya menagih biaya tambahan saat layanan ini digunakan di luar negeri. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menghemat biaya roaming data Anda:

1. Cek Tarif Roaming Data sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke luar negeri, pastikan kamu mengecek tarif roaming data di negara yang akan dikunjungi. Tarif bisa sangat bervariasi, tergantung pada operator seluler di negara tersebut. Dengan mengetahui tarif roaming data, kamu dapat mempersiapkan anggaran yang sesuai untuk masa perjalananmu.

2. Matikan Fitur Push Email

Fitur push email dapat sangat menguras kuota data karena secara otomatis mengecek email secara berkala. Untuk menghemat kuota data, matikan fitur push email dan atur agar email diunduh secara manual. Cara ini dapat membantu menghemat biaya layanan ini pada ponselmu.

3. Gunakan WiFi Gratis

Sebisa mungkin, gunakan jaringan WiFi gratis untuk mengakses internet. Banyak kafe atau restoran yang menyediakan WiFi gratis untuk pelanggan mereka. Selain itu, jaringan WiFi di hotel atau hostel tempat kamu menginap juga biasanya gratis dan dapat digunakan untuk menghemat biaya.

4. Gunakan Aplikasi Komunikasi Gratis

Gunakan aplikasi percakapan seperti WhatsApp, Skype atau Line, untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan daripada menggunakan layanan panggilan roaming atau SMS yang bisa sangat mahal. Pastikan aplikasi komunikasi yang kamu gunakan juga dapat terhubung dengan WiFi atau hanya menggunakan sedikit kuota data.

5. Batasi Penggunaan Streaming Musik atau Video

Penggunaan streaming musik atau video dapat sangat memakan jatah kuota data. Batasi penggunaan layanan streaming ini selama di luar negeri. Namun, jika memang harus menggunakan streaming, pastikan kamu memilih kualitas audio atau video yang rendah agar sedikit memakan kuota data.

6. Beli Paket Roaming Data

Untuk menghemat biaya roaming data, belilah paket roaming data dari operator selular sebelum berangkat ke luar negeri. Paket ini biasanya lebih murah daripada menggunakan roaming data secara langsung tanpa paket. Pastikan kamu memilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu agar kamu tidak kehabisan kuota.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, layanan roaming data dapat membantu pengguna untuk tetap terhubung dengan mudah dan menghemat waktu serta uang, asalkan diatur dan digunakan dengan bijak. Dengan memahami dan mengikuti panduan yang ada, pengguna dapat menikmati layanan roaming data tanpa khawatir tentang biaya yang tidak terduga.

Bagikan: